CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bandingkan Orang Jawa dan Sunda Ketika Bekerja, Pemuda Ini Panen Kecaman
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600d6de0365c4f605f24853a/bandingkan-orang-jawa-dan-sunda-ketika-bekerja-pemuda-ini-panen-kecaman

Bandingkan Orang Jawa dan Sunda Ketika Bekerja, Pemuda Ini Panen Kecaman



Ia dituding menghina orang Sunda saat membandingkannya dengan orang Jawa.
SuaraJabar.id - Seorang pemuda pengguna TikTok menuai sorotan keras dari warganet usai unggahannya dinilai menghina suku tertentu.


Pengguna TikTok @cahba***** ini mengunggah sebuah konten video dengan membandingkan tenaga kerja dari Jawa dan Sunda.

Lewat videonya, ia menyebutkan poin-poin perusahaan yang dinilai lebih mengandalkan orang Jawa.

"Kenapa perusahaan mengandalkan tenaga orang Jawa dibanding Sunda," tulis pemudia itu dalam video TikTok yang diunggah ulang oleh akun Instagram @manaberita.


Ia lantas menuliskan bahwa orang Jawa lebih menunjukkan skill ketimbang gaji.

"Jawa gaji no dua yang penting kita nunjukin skill kita dulu, gaji mah nyesuaiin," tulisnya.

Ia juga menyebut bahwa orang Jawa pekerja keras, tekun, dan ulet.

Tapi yang membuat kegeraman warganet adalah ketika pemuda tersebut membawa-bawa orang Sunda untuk dibandingkan.

"Orang Jawa no carmuk [cari muka-red] walupun ada, enggak kaya Sunda," imbuhnya.

Kontan, unggahan itu menuai perdebatan dan reaksi keras dari warganet. Tak sedikit yang menilai bahwa unggahan itu berbau SARA dan menghina suku tertentu.

Ia dituding menghina orang Sunda saat membandingkannya dengan orang Jawa.
"Ini yang merusak dan membuat Indonesia tak bisa bersatu lagi," tulis @richa*****.

"Hayo komennya jangan rasis ya teman-teman. Jangan kepancing," pesan @widyy***.

https://jabar.suara.com/read/2021/01...=terpopuler_10

Dalam bekerja jangan pedulikan kata orang fokus pada diri sendiri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zexalbeast dan 47 lainnya memberi reputasi
Tapi khusus pekerja message ++ lebih jos org sunda loh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkifadhilah09 dan 94 lainnya memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
Bisa cim juga gan
profile picture
banditos69
Auto Banned
Salah masuk kamar iniemoticon-Nohope
profile picture
DPRD
kaskus addict
Miss xl

Face : 9
Boob : 8.5
HJ : gak pake gak suka
FK : gak pake
BJ : 9 semwring2 ngilu gak kena gigi
FJ : 10 di bolak balik kayak martabak juga mau

DC : 6 merah tips 2 merah + rokok

Itu aja hu
profile picture
boyotelo
kaskus addict
Edit...


emoticon-Malu
profile picture
kopirasa
aktivis kaskus
Benerrrrr
profile picture
monasku
kaskus addict
Hu markir gerobaknya dimana neh yang aman
profile picture
Aa' tehh mau diemut..? Tambain atuh a'..
emoticon-Leh Uga
profile picture
ga ada lawannya syuuddaaahhh....
profile picture
anakdalang
kaskus holic
Komen nya ngehe semua gak ada mulustrasi nya
profile picture
jims.bon007
kaskus addict
@DPRD sudah pasti RO ya subes
profile picture
codot.1
kaskus maniac
Ini setuju gue, ga bisa dibantah
profile picture
antonov07
kaskus addict
Padahal typo ya, nulisnya pekerja message++ ... itu kerjaannya nulis pesan atau gimana? 🤪
profile picture
Gersang bener nih komeng
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile picture
DPRD
kaskus addict
@jims.bon007 RO hu tapi muter dulu, bisikin nocan yang lain hu
profile picture
Wadoh komenan ini lebih menarik dibanding isi threadnya emoticon-Ngakak
profile picture
@DPRD
Njir ini malah makin meleceng kesiniemoticon-Ngakak mantap riviewnya enteemoticon-Ngakak
profile picture
indradika
kaskus addict
@seringboering anjay bahasanya itu loh bikin gemes emoticon-Ngakak
profile picture
shenoko
kaskuser
Klu ini no debat dah hahaha
Memuat data ...
Menampilkan 81 - 100 dari 101 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di