CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600cc499af7e9311956e23ad/terrnyata-semua-sekolah-di-padang-dipaksa-berjilbab-aa-bagaimana-sumbar-akan-maju

Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?



Warganet kembali heboh terkait kasus kewajiban kenakan jilbab bagi siswi non-Muslim. Ditemukan fakta baru dari kepala dinas pendidikan Sumatera Barat bahwa ada 46 siswi SMKN 2 Padang pernah dipaksa memakai jilbab.

Berita itu juga mendapat sorotan Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando. Melalui akun Twitternya, Sabtu (23/1/21), ia menanggapi pendek. Ia mempertanyakan bagaimana Sumbar akan maju bila sekolanya seperti itu.

"Bagaimana Sumatra Barat akan maju kalau sekolahnya semacam ini?" tanya Ade.

Sementara sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Al Fikri menyesali terjadinya peristiwa dugaan pemaksaan memakai jilbab terhadap siswi non-muslim di SMK Negeri 2 Padang.

Menurut Adib, aturan siswi memakai jilbab di sekolah itu sebenarnya adalah aturan lama. Aturan itu sudah ada sejak kewenangan SMA/SMK belum dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi.

"Sangat kita sayangkan kejadian ini. Aturan ini sudah lama sebelum pelimpahan wewenang, sejak zaman Wali Kota Padang Fauzi Bahar tahun 2005 lalu. Selama ini masih jalan dan baru diprotes hari ini," kata Adib seperti dinukil Kompas.com, Jumat (21/1/2021).

Menurut Adib, kebijakan lama itu hampir terjadi di semua sekolah di Kota Padang.

Pada 2005, saat Fauzi Bahar menjabat Wali Kota Padang, aturan wajib memakai jilbab itu memang diberlakukan.


"Hampir semua sekolah di Kota Padang seperti itu. Itu kebijakan lama," kata Adib.

Aturan akan dievaluasi Adib berjanji kebijakan ini akan dievaluasi.

Nantinya, siswi non-muslim tidak diwajibkan memakai kerudung atau jilbab.

"Pasti kita evaluasi. Nanti yang non-muslim bisa menyesuaikan saja," kata Adib.  

Menurut Adib, pihaknya sudah menurunkan tim ke SMK Negeri 2 Padang untuk melakukan investigasi dan kajian.

"Tadi tim sudah turun. Di sekolah itu ada 46 orang non-muslim dan semuanya memakai jilbab, kecuali siswi yang protes ini," kata Adib.

Adib mengaku masih menunggu hasil investigasi dan kajian tim yang diturunkan ke SMK Negeri 2 Padang.

"Kita tunggu hasil investigasi. Setelah itu kita buat kebijakan baru," kata Adib.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video adu argumen antara orangtua murid dengan Wakil Kepala SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, viral di media sosial.

Video berdurasi 15 menit, 24 detik, yang dibagikan akun Facebook EH itu memperlihatkan adu argumen soal kewajiban siswi termasuk yang non-muslim untuk memakai jilbab di sekolah.

Dalam video itu, terdengar suara pria yang menjelaskan bahwa dirinya dan anaknya adalah non-muslim. Pria yang merupakan orangtua murid itu mempertanyakan alasan sekolah negeri membuat aturan tersebut.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan negeri," kata pria tersebut.

Sementara itu, pihak sekolah menyebutkan bahwa penggunakan jilbab bagi siswi merupakan aturan sekolah.

Dalam video tersebut, terlihat salah seorang guru menjelaskan terkait aturan pakaian siswi di SMKN 2. Guru itu mengatakan bahwa seluruh siswi di sekolah tersebut wajib memakai seragam, jilbab dan celana panjang abu-abu.

"Pakaian dan seragam, berkerudung untuk anak perempuan dan celana panjang abu-abu," kata sang guru dalam video itu.

Menurutnya, jika ada seorang siswi di SMKN 2 Padang tak mengikuti aturan terkait seragam tersebut maka pihak sekolah akan membahasnya dengan orang tua siswa yang bersangkutan.

"Jika tidak mengikuti aturan di sekolah, kami semua sepakat. Itu makanya kami bicarakan," ungkap guru tersebut.

Menanggapi pernyataan sang guru, orangtua murid yang diketahui bernama EH itu mengaku keberatan dengan aturan seragam tersebut.

“Ini agama saya. Kalau memakai jilbab, seakan-akan membohongi identitas agama saya Pak,” kata EH.

Elianu pun mengaku dengan adanya aturan seragam itu seolah-olah siswi yang non muslim di SMKN 2 Padang dipaksa masuk agama Islam.

"Seakan-akan anak saya dipaksa untuk masuk ke dalam agama Islam," ujarnya.

https://www.netralnews.com/46-siswi-...rjilbab-8ig5nz

Njirr, diskriminasi agama 16 tahun. Propinsi kadroen emang sinting betul, walkot nya bisa dipidanakan ga tuh bikin kebijakan yang diskriminatif SARA, melanggar UUD 1945 pasal 28 ttg kebebasan memeluk agama.

Sebaikny jokowi kurangi jumlah dana APBN ke daerah mayoritas kadrun yang 70 persen tidak pilih jokowi pilpres kemarin. Bahaya kadrun2 ini makan uang rakyat tapi benci pemerintah dan suka SARA. Hukum mereka biar tau rasa dan bertobat!

emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasbunglaknat dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anus.baswedan
Ane salah satu yang kritis untuk soal jilbab yang diwajibkan bagi semua siswi se Padang, termasuk bagi yang beragama selain Islam.

Cuman ya, agak lucu aja kalo Ade Armando yang berlatar belakang peneliti dari jaket kuning, bisa menyimpulkan pengaruh antara kewajiban berjilbab dan kemajuan suatu kota.
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan simsol... memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
@kampretkontoi
Mana ada anak jadi beban. Tolol bener. Jago ngehujat doank tapi otak kosong, truly the worst type of men emoticon-Om Telolet Om!
profile picture
@fuzzyparadoxx
sok2an english y anjing?

grammar lu kaco pula

*"truly the worst types of men"

ngatain orang jago hujat. bool lu tuh kosongin sblm digenjot tol biar lu bisa ngaca. argumen lu aja kek peIer gitu. ada tidaknya kadrun ama kilafuck lu jadiin penentu indikator kemajuan kota?

kurang anjing apa coba? anak haram jaddah memang manusia kek elu itu

dah jing. itu lu dimintain data soal kota padang. lu malah ngebacot kek kontoI hanya persoalan istilah. bisa kasi apa kaga lu jing? kata lu tinggal dicari kan? jangan congor doang gede biar muat kontoI homok. tapi data kaga lu kasi

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile picture
@fuzzyparadoxx kalo kau bilang tak ada anak yang jadi beban, tentu ada. itulah kau ya jing. kenapa aku bisa tau? karena aku bapakmu yang sering genjot kau di malam hari ketika kau masih bocah berkontoI kulup

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile picture
@kampretkontoi Knp jg harus gw yg ngasih datanya, lu ga liat apa, yg ngomong "seolah2 padang dominan kadrun" itu siapa? cuma "seolah2" doang? itu apa ya istilahnya, prasangka, asumsi? Whateverlah. Terus apakah gw pernah ngomong gitu sebenernya?

Yg bilang ada atau tidak adanya kadrun jadi indikator kemajuan suatu kota siapa ya? Elu ya?

Grammar salah? Yg bener gimana? Itu aja lu rubah, "type" tanpa s jadi lu rubah "types" pake s.
Debat istilah itu penting, soalnya dia sendiri gak tau apa yg dia omongin. Paham ya sampe sini emoticon-Smilie
Perbanyak mikir & baca buku bro, bukan malah perbanyak bacotan kosong.
profile picture
@kampretkontoi
Wih hebat bisa berkata2 kotor, bravo2 emoticon-Recommended Seller
Hidup puluhan tahun cuma bisa berkata2 kotor aja, keren sih ini GILAK, sekali lagi bravo emoticon-Recommended Seller
profile picture



itu apadong anjing kalo bukan elu yang ngetik? itu lawan debat lu memperhalus pake kalimat "seolah2" agar bisa menyeimbangi otak lu yang kek peIer. memang lu itu anak haram jaddah. sebaiknya orang tua lu cepetan mati saja agar tidak terbebani oleh anak kontoI kaya lu

dan juga. istilah yang dipake lawan debat lu itu udah bener. apa lu aja yang kelewat tolol sampe ga tau apa itu hasty generalization? mending lu gugling dulu sebelum jadi bahan tertawaan manusia bp10. gue cukup jelasin singkat: elu nyeret fuckistan sebagai cerminan negara kadrun itu namanya hasty generalization. memang anjing lu ya kontoI?



ngaku hobi buli kaya rambo. taunya pas kubuli dan kumaki? kau malah jadi rinto jing. lawan debat kau itu sukur tidak kasar dengan kau. kalo ama aku? tentu akan aku kontoI2i goblokers macam kau. jadi sebaiknya? kau jangan jadi preman di bp10 ya jing. emoticon-Smilie emoticon-fuck

sekarang? kau mewek apa gimana jing? jangan mewek dong. mending kau isap kontoI ku saja jing. kan jago banget kau isap kontoI yak. saking jagonya? kau ampe goblok melontarkan argumen. belagak koar fallacy. kau sendiri aja fallacy njing

ndak cuman itu. kau belagak english pulak. iya kalo bener grammar kau. lah ini malah kau keliatan kek kontoI. nanya pula salahnya dimana. sudah kutunjukan salahnya dimana kau masih bertanya. memang anak kontoI kau itu

mending kau mati aja gih. mati adalah jalan dan solusi terbaik untuk kau yang tak ada guna bagi orang di sekitar kau dan nolep bagi kehidupan kau sendiri. tapi alangkah baiknya emak bapak kau yang mati agar mereka tak terbebani oleh kelakuan kau dan kau bisa bertobat jadi orang goblok



oya. kau pecinta jepang pula ya jing? wota ya kau jing? apa kau ottakontoI? wah pantes. katanya pencinta jepang sering crossdressing jadi cewe. sini aku genjot dulu bool kau yang bauk taik itu

oya. buat lu @yodirinaldi
lu baru di bp10 apa gimana? kalimat dan argumen lu kaya orang intelek. moga riilnya lu beneran intelek. jangan kaya si kontoI satu itu. ngaku intelek. ternyata cuman kontoI kulup

dan ga heran gue. pantes lu digoblok2i sama manusia kontoI satu itu. ga cocok lu di bp10. mending lu ke lonje atau ke forum saintek atau ke sejarah&xenologi aja. ga tega gue liat lu tong emoticon-Ngacir
profile picture
@kampretkontoi
Nyerna kalimat aja gak bisa. Orang cuman preman, ya bisanya gitu doang. Miris.
Padang mabok agama =/= padang dominan kadrun.
Trus yg kedua. Itu misalnya bener bahwa gw ngomong padang dominan kadrun, tinggal bawa data aja, jadi bukan logical fallacy.
Pakistan negara islam emang, sesuai definisi gw, negara kadrun ya negara islam. Apa yg salah? Kalo gw salah tinggal dijelasin, gak usah sok gagah kek preman.
Otak kau sekuat otot preman kagak?

Lu udah nunjukkin salahnya grammar gw dimana? Mana sih, gk keliatan gw.

Indon kalo dipenuhi orang kek lu bedua bisa rusak lama2.
Bagusnya apa sih jadi preman? Cuma gini doang ya, gagah2an sok iyez macem bocil?
Kalo lo preman, lo perang sono ke palestine atau gak perang lawan isis kalo berani, kalo lo menang solo fight gw akuin lo preman jago.
profile picture
Padahal udah gw kasih pur beberapa postingan masih aja dibahas mana data padang dominan kadrun, lucu bener kalo diliat2 emoticon-Leh Uga
profile picture
@kampretkontoi
Genjat genjot, genjat genjot, masuk bui baru tau rasa lo njing.
Emang napa kalo gw wibu?
Daripada lo, preman sok gagah, gk jelas banget.
profile picture
@fuzzyparadoxx kau tidak goblok2i aku karna tak bisa mencerna kalimat kau? ayo sini jing goblok2i aku. sekaligus biar emak kau aku genjot pas kau goblok2i aku. hahaha. emoticon-Smilie emoticon-fuck

hahaha aku ga bisa cerna kalimat kau itu hanya polesan lu saja. berarti kau yang goblok dalam memaparkan apa yang kau pikirkan ke dalam bentuk kalimat. guess what? ternyata kau tidak hanya goblok dalam memaparkan. tapi juga goblok dalam ngeles. kau liat saja apa yang kau ketik dan aku kotaki merah:



"ente nyari informasi aja begok juga?"
kau yang bilang padang itu kadrun. kau pula yang nyuruh orang ngecrot di muka kau. anjing ga tuh? kau yang berstatemen begitu ya kau lah yang harusnya cari datanya jing

gini aku kasi tau. yang aku tak suka dari kau itu kalimat kau yang berlagak preman: "hoby gue ngebully orang goblok". kalau kau tak kaya gitu tentu tak aku usik dan kukontoI2i. itu lawan debat berargumen sama lu pake gaya santai. ngetik masih sopan. kalo itu orang memang keliru ya kau kasi penjelasan yang santai. ini bukan santai malah kau goblok2i. kalo orang tak mengerti dengan penjelasan kau? tentu artinya kau yang goblok

gini. aku make it simple aja. kau ga usah berdalih sana sini lagi kaya kontoI gay yang boolnya lagi digenjot sama pasangannya. bilang aja kau benci islam. keliatan dari argumen kau yang kebanyakan menyudutkan islam. sudah tau aku kebanyakan di bp10 ini pembenci islam termasuk kau. aku tak heran karena akupun dulu benci islam. sekarang tak ada guna benci agama karena mengurangi waktu produktif ku. lebih baik aku kontoI2i manusia-manusia hina kaya kau

mending kau pergi saja dari indonesia jing. ottakontoI sampah. minggat kau ke jepang biar kau bisa digenjot gay tuwir jepang. apalagi kalo kau bisa berkarir sebagai pornstar homok di jepang? bisa dapet puluhan ribu yen. mayan buat beli balsem tuk bool lu yg abis digenjot emoticon-Smilie emoticon-fuck
profile picture
@fuzzyparadoxx "masuk bui baru tau rasa lo njing"

mewek apa gimana kau? kukira kau keras. ternyata berhati rinto. tak bisa dimaki layaknya laki kemayu. memang ga salah aku katakan kau itu gay
profile picture
@kampretkontoi
Kenapa orang itu gw bully?
Karena dia ngomongnya nguawur terus pede-nya selangit + ngeyel 1000 alasan.
Bully-able banget emoticon-Leh Uga

Kalo orangnya dibilangin, itu salah, terus oh oke, ya gw gak bakalan bully sepanjang ini. Gitu brok.
profile picture
@fuzzyparadoxx hahaha dari yang aku baca saja justru kau yang buli-able. argumen kau itu penuh kebencian yang malah menimbulkan fallacy. justru aku salut ama dia karena sampe bawa ipm segala hanya untuk menjelaskan ke orang goblok kaya lu. walau tak sepenuhnya aku setuju dengan dia

sampe sekarang aja kau tidak mengakui kalau kau benci islam. dasar lemah emoticon-Cape d... (S)
profile picture
@kampretkontoi lu nyadar gak, lu itu belain orang salah. dan elu dengan pedenya memaki2 tanpa alasan. kalo lo orang waras, harusnya lo malu.
profile picture
@kampretkontoi
Iya gw benci islam, gw benci islam karena ajarannya & kelakuannya, puas? Terus, mana argumen gw yg fallacy? Ente sendiri ngerti fallacy kagak? Jangan kek orang itu ditanyain hasty generalization ngerti apa gak malah diem bae. Gak usah sok keren padahal cuma bawa istilah ilmiah yg biasa macem IPM, GDP tapi logikanya amburadul gak karuan.
Gw bisa bawain lo teori kuantum atau gak fisikanya einstein kalo lo pengen yg lebih emejing.
profile picture
@fuzzyparadoxx salah dalam perspektif elo. elo saja bodoh begitu. tidak terbuka dengan perspektif orang lain. sangat disayangkan. padahal orang2 kaya lo ini kan yang sering mengaku open minded. tapi nyatanya elo menyalah2kan orang lain yang berbeda perspektifnya dengan elo

bagus lo ngaku. seluruh argumen lu soal islam gue anggap invalid karena lu berargumen dan mengatakan orang goblok itu duduk perkaranya adalah kebencian

udah gue suruh gugling soal hasty generalization. kalo emang pengertian gue ama dia yang salah ya lu cantumin pandangan lu soal hasty generalization. jangan malah kaya orang tolol ngomong "nGerTI ga lU h4sTY gENerALliZaTIon? jAnGAn soK KeREn dEnGan SeMBarAnGAn nYoMOt k4tA"

dan keliatan lo jatohnya malah tolol. nyerangnya bukan substansi. malah istilah teknis penggunaan kalimat atau kata

ga perlu ngajari quantum physics atau einstein's ke gue. ngapain materi fisika SMA lu bawa-bawa? ga usah pamer deh jing. ga ada relevansinya ama bahasan debat kek gini. malah kek orang tolol lu bawa2 gituan

poinnya? lu boleh pro kalkulus. pro fisika kuantum. atau bahkan pro fisika partikel? belum tentu measuring kalo elu pro berargumen dan mengerti apa yang orang lain jelaskan atau membuat mengerti orang lain tentang apa yang lo katakan. bisa jadi? lo itu pinternya hanya untuk diri lo sendiri. tapi goblok ketika menjelaskan dan memahami orang lain

emoticon-Angkat Beer
profile picture
@fuzzyparadoxx salah orang gue maki2 elo. ternyata cuman loser wibu tukang coli sok ngateis atau islamophobic yang gampang insekyur atau mellow tukang galau. mending perdalam lagi ilmu ngateis lu dan quantum physics lu sebelum goblok2in orang lain

atau lebih baik ya mampus aja

bye sat.

emoticon-Angkat Beer
profile picture
madjoeki
kaskus maniac
@fuzzyparadoxx tolong didamaikan🙏
profile picture
@madjoeki
Didamaikan gimana ya maksudnya gan?
profile picture
madjoeki
kaskus maniac
Tolong ...para sesepuh jangan sampai terjadi silang pendapat....silang sengketa ....sabar....
Memuat data ...
Menampilkan 61 - 80 dari 82 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di