CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600cc499af7e9311956e23ad/terrnyata-semua-sekolah-di-padang-dipaksa-berjilbab-aa-bagaimana-sumbar-akan-maju

Terrnyata Semua Sekolah di Padang Dipaksa Berjilbab, AA: Bagaimana Sumbar Akan Maju?



Warganet kembali heboh terkait kasus kewajiban kenakan jilbab bagi siswi non-Muslim. Ditemukan fakta baru dari kepala dinas pendidikan Sumatera Barat bahwa ada 46 siswi SMKN 2 Padang pernah dipaksa memakai jilbab.

Berita itu juga mendapat sorotan Dosen Universitas Indonesia, Ade Armando. Melalui akun Twitternya, Sabtu (23/1/21), ia menanggapi pendek. Ia mempertanyakan bagaimana Sumbar akan maju bila sekolanya seperti itu.

"Bagaimana Sumatra Barat akan maju kalau sekolahnya semacam ini?" tanya Ade.

Sementara sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adib Al Fikri menyesali terjadinya peristiwa dugaan pemaksaan memakai jilbab terhadap siswi non-muslim di SMK Negeri 2 Padang.

Menurut Adib, aturan siswi memakai jilbab di sekolah itu sebenarnya adalah aturan lama. Aturan itu sudah ada sejak kewenangan SMA/SMK belum dilimpahkan ke Pemerintah Provinsi.

"Sangat kita sayangkan kejadian ini. Aturan ini sudah lama sebelum pelimpahan wewenang, sejak zaman Wali Kota Padang Fauzi Bahar tahun 2005 lalu. Selama ini masih jalan dan baru diprotes hari ini," kata Adib seperti dinukil Kompas.com, Jumat (21/1/2021).

Menurut Adib, kebijakan lama itu hampir terjadi di semua sekolah di Kota Padang.

Pada 2005, saat Fauzi Bahar menjabat Wali Kota Padang, aturan wajib memakai jilbab itu memang diberlakukan.


"Hampir semua sekolah di Kota Padang seperti itu. Itu kebijakan lama," kata Adib.

Aturan akan dievaluasi Adib berjanji kebijakan ini akan dievaluasi.

Nantinya, siswi non-muslim tidak diwajibkan memakai kerudung atau jilbab.

"Pasti kita evaluasi. Nanti yang non-muslim bisa menyesuaikan saja," kata Adib.  

Menurut Adib, pihaknya sudah menurunkan tim ke SMK Negeri 2 Padang untuk melakukan investigasi dan kajian.

"Tadi tim sudah turun. Di sekolah itu ada 46 orang non-muslim dan semuanya memakai jilbab, kecuali siswi yang protes ini," kata Adib.

Adib mengaku masih menunggu hasil investigasi dan kajian tim yang diturunkan ke SMK Negeri 2 Padang.

"Kita tunggu hasil investigasi. Setelah itu kita buat kebijakan baru," kata Adib.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video adu argumen antara orangtua murid dengan Wakil Kepala SMKN 2 Padang, Sumatera Barat, viral di media sosial.

Video berdurasi 15 menit, 24 detik, yang dibagikan akun Facebook EH itu memperlihatkan adu argumen soal kewajiban siswi termasuk yang non-muslim untuk memakai jilbab di sekolah.

Dalam video itu, terdengar suara pria yang menjelaskan bahwa dirinya dan anaknya adalah non-muslim. Pria yang merupakan orangtua murid itu mempertanyakan alasan sekolah negeri membuat aturan tersebut.

"Bagaimana rasanya kalau anak Bapak dipaksa ikut aturan yayasan. Kalau yayasan tidak apa, ini kan negeri," kata pria tersebut.

Sementara itu, pihak sekolah menyebutkan bahwa penggunakan jilbab bagi siswi merupakan aturan sekolah.

Dalam video tersebut, terlihat salah seorang guru menjelaskan terkait aturan pakaian siswi di SMKN 2. Guru itu mengatakan bahwa seluruh siswi di sekolah tersebut wajib memakai seragam, jilbab dan celana panjang abu-abu.

"Pakaian dan seragam, berkerudung untuk anak perempuan dan celana panjang abu-abu," kata sang guru dalam video itu.

Menurutnya, jika ada seorang siswi di SMKN 2 Padang tak mengikuti aturan terkait seragam tersebut maka pihak sekolah akan membahasnya dengan orang tua siswa yang bersangkutan.

"Jika tidak mengikuti aturan di sekolah, kami semua sepakat. Itu makanya kami bicarakan," ungkap guru tersebut.

Menanggapi pernyataan sang guru, orangtua murid yang diketahui bernama EH itu mengaku keberatan dengan aturan seragam tersebut.

“Ini agama saya. Kalau memakai jilbab, seakan-akan membohongi identitas agama saya Pak,” kata EH.

Elianu pun mengaku dengan adanya aturan seragam itu seolah-olah siswi yang non muslim di SMKN 2 Padang dipaksa masuk agama Islam.

"Seakan-akan anak saya dipaksa untuk masuk ke dalam agama Islam," ujarnya.

https://www.netralnews.com/46-siswi-...rjilbab-8ig5nz

Njirr, diskriminasi agama 16 tahun. Propinsi kadroen emang sinting betul, walkot nya bisa dipidanakan ga tuh bikin kebijakan yang diskriminatif SARA, melanggar UUD 1945 pasal 28 ttg kebebasan memeluk agama.

Sebaikny jokowi kurangi jumlah dana APBN ke daerah mayoritas kadrun yang 70 persen tidak pilih jokowi pilpres kemarin. Bahaya kadrun2 ini makan uang rakyat tapi benci pemerintah dan suka SARA. Hukum mereka biar tau rasa dan bertobat!

emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nasbunglaknat dan 53 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anus.baswedan
Ane salah satu yang kritis untuk soal jilbab yang diwajibkan bagi semua siswi se Padang, termasuk bagi yang beragama selain Islam.

Cuman ya, agak lucu aja kalo Ade Armando yang berlatar belakang peneliti dari jaket kuning, bisa menyimpulkan pengaruh antara kewajiban berjilbab dan kemajuan suatu kota.
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan simsol... memberi reputasi
Memuat data ...
profile picture
Yodirinaldi
aktivis kaskus
@fuzzyparadoxx Hahaha ane merasa terbully? Kok kepedean bang jago? Waduh, fallacy ga tuh?
profile picture
@Yodirinaldi
Wanjir, bang goblok mulai pake jargon ilmiah biar gk kalah keren dari gw yg dari lahir udah keren inik emoticon-Cool

Kadrun & khilafuck gak ada yg maju? Tinggal lihat data. Kalo data gw salah tinggal kasih tau aja yg bener kek gimana.
Padang dominan kadrun? Sama, tinggal liat aja datanya.

Lu punya masalah apa sih sama kata "kalo", kok sampek meracau ngawur gitu. Pengen keliatan keren aja sampek sebegitunya emoticon-Leh Uga
profile picture
Yodirinaldi
aktivis kaskus
@fuzzyparadoxx Ya beberkan. Kan "tinggal liat data" yak? Nah ane ga nemu nih. Kan ane yang goblok ini harus disuap sama yang keren dari lahir dan jenius sedari jabang bayi kaya ente.

emoticon-Nyepi
profile picture
@Yodirinaldi
Oh, udah begok dalam berargumen, ente nyari informasi aja begok juga?
Sebutin dulu negara kadrun khilafuck apa aja, terus liat maju gk negaranya. Terus penyebab majunya apa, apakah sdmnya bagus iq 1000 macem gw atau cuma modal sda doang emoticon-Leh Uga
profile picture
Yodirinaldi
aktivis kaskus
@fuzzyparadoxx Lho, katanya "tinggal liat data" yak, bang jago? Mana nih, kan ga mungkin yang goblok yang nyari data, apalagi sampe repot repot nyebutin Negara yang dikategorikan Kadrun oleh ente. Kan ane ga tau tu Negara Kadrun itu negara model apa. Nah makanya, sudah tau ane begok dalam berargumen, harusnya ente inisiatif dong sebagai yang jenius sedari jabang bayi dengan IQ 1000.

emoticon-Nyepi
profile picture
Yodirinaldi
aktivis kaskus
@fuzzyparadoxx Ayo bang jago, cari sampe ketemu yak data yang ente bilang "tinggal dicari". Ane mute dulu, besok ane cek lagi kalo emang udah ketemu. Kalo belum, yawis, ane akhiri ya bang jago. Kasian kan ente ga ketemu datanya.

Thank you ya bang jago, sudah menghibur dan merasa membully ane.

emoticon-Nyepi
profile picture
@Yodirinaldi
Liat aja pakistan, nggak maju2 tuh.
profile picture
Yodirinaldi
aktivis kaskus
@fuzzyparadoxx Teeetoot, Hasty Generalization Fallacy. emoticon-Malu (S)

Tapi ane bales karena ane menghargai ente yang udah bersusah payah nyari, walau cuman satu doang dan ga ada data ilmiahnya seperti GDP dan HDI. emoticon-Ngakak (S)

Ayo bang jago, cari lagi! Ane mute lagi ya. Oh iya, ga cuman itu loh. Data kalo Kota Padang itu isinya Kadrun juga harus ente cari ya, bang jago. emoticon-Malu (S)
profile picture
@Yodirinaldi
Buapak kau hasty generalization. Lu ngomong gitu ngerti gak sih apa itu hasty generalization?
Jangan2 lu gak tau lagi?
Jigong doang tp gk ngerti, sok2an biar keren doang emoticon-Nohope

Nih, negara islam/kadrun. Gw sebut dua aja ya.
1. Pakistan :

2. Afghanistan :


Dua2nya gak maju. Silahkan lo cari negara islamis yg maju.
profile picture
Yodirinaldi
aktivis kaskus
@fuzzyparadoxx Waduh, ente generalisir kalo semua Negara Kadrun itu sudah pasti terbelakang hanya dengan menyodorkan nama negaranya saja? Hahaha. Lalu, ane ga boleh nih pake istilah Hasty Generalization? Wah, sudah jenius, monopoli kata pula. emoticon-Malu (S)

Dah skip ah bahas istilah.

Sekarang lanjut bahas substansi dan data. Oh wait, Negara Islamis? Tadi katanya Negara Kadrun, sekarang Negara Islamis. Jadi yang bener yang mana? Kok bang jago malah jadi inkonsisten? Apa benar tuh statement ente kalo Negara Kadrun = Negara Islamis? Lalu, apasih definisi Kadrun? Negara Kadrun? Oh iya, ane kan ga boleh pake kata intelek macam 'inkonsisten', tu kata cuman ente yang boleh pake. Ane ganti dengan berubah-rubah atau labil aja kali ya, bang?

Bukan begitu, bang jago?

Oh iya. Ente bilang, semua Negara Kadrun itu terbelakang. Yaudah, definisiin dulu apa itu 'Negara Kadrun' secara komprehensif, list lagi negera yang termasuk Kadrun dari definisi ente, lalu sorot GDP dan HDI nya.

Terus, ente belum setor data yang katanya "tinggal dicari" soal Kota Padang, yang diklaim oleh ente isinya kebanyakan Kadrun. Harus data konkret ya. Kan ente yang bilang "tinggal dicari".

Harusnya gampang lah ya yang IQnya 1000 buat nyari data gituan.

Semangat ya, bang jago. Lanjut mute lagi.

emoticon-Malu (S)
profile picture
@Yodirinaldi

Nih, indikator2 lain negara maju/gak :






Bisa lo liat sendiri di sumber ini :
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Developed_country

Gimana bos. Udah mabok data belom? emoticon-Leh Uga
profile picture
@Yodirinaldi
Lah emang tinggal nyebut nama negaranya kan? Negara apa aja yg ideologinya, hukumnya, dll berdasarkan ajaran islam? Ya itu tinggal disebutin semua, kalo udah, dan bener semua bahwa negara islam itu gak maju semua, ya bener donk statement gw bahwa negara kadrun/negara islamis itu gk maju semua.
Generalisasi darimananya?
Itu baru gw sebut 2 aja, sisanya kalo lo mau nyari ya silahkan.
Silahkan nyari negara islamis yg maju.
Generalisasi itu apa sih? Kok lu sotoy banget keliatannya?

Dari tadi gw bilang negara kadrun itu ya negara islamis itu lah, yg apa2nya di negara itu, ideologi segala macem, asalnya dari ajaran islam.
profile picture
Kek mak2 aja, udah tau salah gak mau ngaku salah emoticon-Leh Uga
Ngeyel aja terus sampek modar
profile picture
@fuzzyparadoxx
belagak jadi tukang buli
padahal tukang isep kontoI
ngaku ai qyu seribu
tapi ngasi data ae gagap2an

makan noh tinggal dicari

peIer lah, mending kaw lanjut isap kontoI aja, daripada kerongkongan dan bool lu nganggur kan? gr2 nganggur gitu lu jadinya gelagapan ngasi data

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile picture
@kampretkontoi
Lah itu data udah ada. Buta ya ente?
profile picture
Yah udah tidur si goblok. Mimpi indah ya blok, jangan karena gw buli terus tidur lu jadi gak tenang apalagi sampek kepikiran buat bundir emoticon-Takut
emoticon-Leh Uga
profile picture
Yodirinaldi
aktivis kaskus
@fuzzyparadoxx Padahal yang ane minta adalah ente list selengkap lengkapnya, mengingat klaim ente sebagai pemilik IQ 1000, tentu harus komprehensif ketika menjabarkan data. Tapi yasudahlah, daripada ente kerepotan, ane iyakan saja kalo semua Negara Kadrun itu tidak maju. Sip? Dah senang? Udah kan? Sudah merasa membully ane belum? Udah dong tentunya.

Kan udah ane minta skip soal Hasty Generalization. Udah jelas di situ ane dilarang pake kata intelek. Yawis. Kelar kan? Senang dong pastinya karena sudah merasa membully.

Oke sekarang lanjut lagi. Data kedua yang ane minta, masih inget? Apa perlu ane reminding lagi. Ga perlu lah ya? Kan, katanya IQ 1000. emoticon-Malu (S)

Ditunggu ya, bang jago. emoticon-Malu (S)
profile picture
Yodirinaldi
aktivis kaskus
Yasudah gini saja. Ane tunggu besok ya? Walaupun masih belum pintar gini, ane juga punya real life yang harus diurus pagi harinya. Tidak melulu debat dengan ente yang ntah bagaimana real lifenya. Tapi, kalo ane liat, karena ente ini (ngakunya) jago atau demen ngebully, sepertinya 'oke' tuh real life ente. Ya gak? Hahahaha...

Take your time deh.

Bye, bang jago. emoticon-Malu (S)
profile picture
@fuzzyparadoxx ada gitu gue blg lu ga oper data?

mending mati aja lu njing. tolol begitu. kasian emak bapak lu terbebani oleh anak kontoI macam lu

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile picture
@Yodirinaldi @fuzzyparadoxx
Yg ngelarang juga siapa begok. Gw cuman nanyain, lu ngerti kaga apa itu hasty generalization?
Ditanyain gitu doang udah baper & insecure emoticon-Leh Uga
Memuat data ...
Menampilkan 41 - 60 dari 82 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di