CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tamrin Jelaskan Klaim Pandji Soal NU-Muhammadiyah Elitis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600aef85b840884f8a49140d/tamrin-jelaskan-klaim-pandji-soal-nu-muhammadiyah-elitis

Tamrin Jelaskan Klaim Pandji Soal NU-Muhammadiyah Elitis



Jakarta, CNN Indonesia -- 

Sosiolog Tamrin Tomagola mengakui Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kurang mendampingi masyarakat miskin perkotaan seperti Jakarta. Celah ini kemudian diisi oleh ulama dari Front Pembela Islam (FPI).

Hal ini dikatakannya untuk mengklarifikasi ucapan komedian Pandji Pragiwaksono yang menyebut NU-Muhammadiyah elitis dengan mendasarkan itu pada pernyataan Tamrin dalam sebuah perbincangan.

"Konteks pembicaraan saya saat itu adalah membahas kondisi kehidupan kelompok miskin kota (miskot) di perkampungan kumuh miskin (kumis) Jakarta," ucap Tamrin, dalam akun Twitter pribadinya, @tamrintomagola, Jumat (22//1).


Lihat juga: GP Ansor Respon Pandji soal NU Elitis: Tak Buka Sejarah

"NU dan Muhammadiyah kurang menyambangi dan mendampingi meringankan beban kehidupan ummat kelompok miskin kota (miskot) di perkampungan kumuh miskin (kumis) Jakarta," lanjutnya.

"Kekosongan pendampingan itu kemudian diisi oleh FPI," aku Thamrin.

Dia memaparkan bahwa FPI memiliki konsep kiai kampung yang pintu rumahnya terbuka 24 jam untuk umat kelompok miskot.




"Sama seperti terbukanya 24 jam pintu rumah para Kiai NU di pedesaan Jawa dan Kalimantan," imbuhnya.

Lihat juga: Pandji soal Serangan Netizen: Kesimpulan Utuh, Info Sepotong

Meski demikian, ia mempersilakan publik untuk mempertanyakan pemakaian kata elitis bagi NU dan Muhammadiyah kepada Pandji. 

"Penggunaan kata-kata: 'rakyat' dan 'elitis' sebaiknya ditanyakan kepada Sdr. Panji sendiri," tepisnya.

Sebelumnya, Pandji Pragiwaksono melontarkan pernyataan yang menuai polemik di video yang berjudul 'FPI Dibubarin Percuma?' yang diunggah di kanal YouTube miliknya.

Ia pun mengutip pernyataan Thamrin yang mengatakan pintu ulama dari kalangan ormas FPI selalu terbuka untuk membantu masyarakat. Sementara NU dan Muhammadiyah terlalu elitis.

"Sering kejadian ada warga sakit, mau berobat gak punya duit, ke FPI, kadang kasih duit, kadang ngasih surat. Suratnya dibawa ke dokter jadi diterima. Kenapa seperti itu," kata dia.

"Kata pak Tamrin Tomanggola, pintu ulama-ulama FPI terbuka untuk warga. Jadi orang mau datang bisa. Nah yang NU dan Muhammadiyah, karena terlalu tinggi dan elitis warga gak kesitu, warga ke nama-nama besar FPI," ucapnya.

[Gambas:Twitter]

 
https://m.cnnindonesia.com/nasional/...madiyah-elitis

Yaelah si mbah kenapa jadi kadroen. Dulu disiram munaroh gegara benci fpi. Takut amat ama gerombolan berat nopel dkk.

Nu muhamadiah dijakarte yg kurang tanggap kok seperti keseluruhan nu muhamadiah secara nasional.. luw tegur dah itu laskar pandji anak buah wan jembùt ckckck..



Ya ampun si mbah tamagola betulan jadi kadroen ternyata.. 😭kemana idealismu yg dulu mbah apa gegara harta tahta wanita. Waduh udah tua bangka juga, masih ngerecokin persatuan..







Kuciwaa gua. Tidorrr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
magelys dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh anus.baswedan
Salahnya panji nyebut NU dan Muhammadiyah. Harusnya bandingin fpi sama kelas menengah ibukota aja. Atau yah... ngapain juga bahas fpi.
profile-picture
yxgk memberi reputasi
profile picture
magelys
kaskus addict
Khan Thamrin amal juga nyebut NU kok dia ga di protes sama.si alaidid
profile picture
cocokmology
kaskus addict
Ya maybe pandji salah disitu, tp dibanding marah dan ribut kemana2,bukankah baiknya berbenah dan meningkatkan jiwa sosinya.. bisa jadi emang ada daerah yg kurang di sentuh dan masyarakat disana ngerasa lebih mudah ke fpi.

Tp ya sudahlah drpd ribut2 mending pandji minta maap aja
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di