CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
Lucunya Momo si Musang Pandan, Beberapa Tips Merawat dan Membuatnya Jinak!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600a677a82d4954ffa64db3a/lucunya-momo-si-musang-pandan-beberapa-tips-merawat-dan-membuatnya-jinak

Lucunya Momo si Musang Pandan, Beberapa Tips Merawat dan Membuatnya Jinak!


Hai hai apa kabar Agan dan Sista, semoga selalu diberi kesehatan dan kesabaran yang luar biasa dalam menghadapi kemelut kehidupan si masa pandemi seperti sekarangemoticon-Angel

Banyak orang mencari hobi baru untuk sekedar membuang jenuh dan pelepas lelah. Salah satunya memelihara hewan peliharaan. Kebetulan anak-anak ane suka juga dengan hewan peliharaan, buat teman main dan hiburan anak-anak. Ane punya beberapa kelinci, seekor kucing yang ane beri nama Rambo, dan seekor musang pandan yang ane beri nama Momo.

Jika dulu musang sering diburu karena dianggap sebagai hama, sekarang musang pandan banyak dijadikan ladang bisnis dengan cara dikembang biakkan. Peminat hewan mamalia yang satu ini cukup banyak, loh, GanSist, salah satunya ane.

Momo ini ane beli saat berusia 2 bulan di sebuah online shop. Ketika pertama kali dateng, ane seneng banget dong, gemes juga liat penampakannya. Masih unyu-unyu, imut, gemesin gitu. Sekarang umur Momo sudah 6 bulan lebih, nggak berasa udah gede aja.

Untuk makanannya ane kasih telur rebus dengan campuran nasi di pagi hari, siang hari susu atau SUN makanan bayi, dan malam hari buah-buahan atau kepala ayam rebus. Di malam hari ini Momo ane lepas dari kandang, wes karepe dekne mau lari-larian, mau manjat-manjat lemari, kadang ikutan nonton sinetron nemenin emakemoticon-Malu
Quote:

Momo aktif di malam hari, GanSist, jadi kalo siang hari tidur aja kerjaannya. Oiya, Momo jika ingin buang hajat sudah pinter masuk ke toilet, loh. Sudah lulus toilet training! Memang harus dibiasakan dari awal. Makanya kandang Momo bebas dari pup dan pipisnya, meskipun begitu kandang Momo harus sering-sering dibersihkan demi kenyamanan dan kesehatan Momo.

Setiap pagi setelah sarapan, saatnya Momo mandi. Setiap hari ane mandikan dengan sabun mandi cair khusus bayi, GanSist, supaya bersih dan wangi. Karena Momo suka ane lepas di dalam rumah buat teman main anak-anak. Momo ini musang pandan betina, jadi pipisnya yang berbau layaknya pandan. Kalo musang jantan, badannya yang mengeluarkan aroma pandan.
Quote:

Sedikit tips dari ane, jika ingin memelihara musang pandan, alangkah lebih baik memeliharanya dari umur 2 bulan. Usia ini sudah pas menurut ane, kalo masih bayi terlalu beresiko dan rentan. Saat bayi, musang pandan hanya diberi susu dan makanan bayi seperti SUN atau makanan yang diblender halus. Usia 2 bulan, musang pandan sudah bisa mengkonsumsi semua makanan. Layaknya bayi, musang pandan makannya ane suapin, GanSist.
Quote:

Untuk air minumnya sendiri, Momo hanya mau minum susu atau SUN cair. Sama sekali nggak mau minum air putih. Mau dipaksa juga percuma, daripada sakit kekurangan cairan, ane selalu sedia susu bubuk untuk keperluan Momo.

Sering-seringlah mengajak ngobrol musang pandan, GanSist, sambil sesekali dibelai dan dielus-elus. Ceritakanlah segala keluh kesah dan semua uneg-uneg yang terpendam. Tenang, GanSist, musang pandan nggak bakal nge-ghibah-in GanSist di belakang, dijamin aman semua rahasiaemoticon-Leh Uga

Cara tersebut diatas sebenarnya berguna banget untuk mengikat persahabatan aka pertemanan antara GanSist dan musang pandan, dengan sering mendengar suara dan terkena sentuhan tangan GanSist, musang pandan akan jinak, nyaman, dan merasa aman di dekat GanSist. Jadi si musang tau penjaganya selama ini. Takutnya ntar dikatain musang durhaka jika selalu menyerang sang empunya, dikarenakan memang secara alamiah musang termasuk hewan yang agresif.

Memelihara musang pandan nggak terlalu ribet, cukup bersihkan selalu kandang, jangan lupa beri tempat minum dan makan jika malam hari diletakkan di dalam kandang, soalnya kalo malam memang suka melek dan mencari makan.

Jika ada waktu ajaklah sesekali musang pandan keluar rumah, kenalkan ia dengan alam. Secara naluriah ia akan mencari sebatang pohon dan memanjatnya. Musang juga bisa stres jika selalu dikurung, meskipun sandang dan pangannya tercukupi.

Demikianlah sedikit pengalaman ane bersama Momo si musang pandan. Semoga bermanfaat buat Agan dan Sista yang punya niatan mengadopsi seekor musang pandanemoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
superf1cial dan 36 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iissuwandi
Beb, ki podo karo musang hutan gak? Eh, kucing hutan maksudku
profile-picture
profile-picture
andrerain5 dan iissuwandi memberi reputasi
Diubah oleh rirandara
profile picture
TS iissuwandi 
KASKUS Plus
Bedo, iki musang pandan

Musang ki banyak jenisnya juga beib, cuma yang sering buat peliharaan iki musang pandan
profile picture
rirandara 
KASKUS Plus
Oalah bari tahu aku.
Soale selama ini tahunya musang yg mirip kucing gitu. Hidup di hutan. Tapi lebih gede bodynya. Katanya sih makannya juga ayam idup
profile picture
TS iissuwandi 
KASKUS Plus
@rirandara apa iya kali ya, ini juga kalo di habitatnya makan ayam idup

Atau jangan2 emang kucing hutan namanya🤣🤣🤣

Aku kenalnya musang beib, atau musang dan kucing hutan ternyata kembaaran
profile picture
rirandara 
KASKUS Plus
@iissuwandi
Mbulet ae rek🤣

Di tempatku itu ada yg namanya careuh. Bentukannya kek kucing tapi gede. Nah, kata orang2 kalo dalam bahasa Indonesia dia tuh musang. Aku bilange careuh itu kucing hutan. 😅. Au ah gelap.
Pkok tuh kucing hutan makannya ayam idup. Dan sadisnya, ada oknum yang memakan tuh daging careuh.😰. Dulu tapi, nth kalo sekarang
profile picture
TS iissuwandi 
KASKUS Plus
@rirandara hooh aku ae sek mumet banget mbulete🤣🐿🐿🐿🐿


Haiiiikkk tenanan po mangan hewan mau😨
profile picture
KyraAltair
kaskus maniac
musang sama kucing tu sama aja kaya bahas babi sama monyet, enggak ada hubungannya, kecuali kalau ditarik binomialnya sampai ke atas ya hubungannya di Mammalia, walau nama inggrisnya civet cat
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di