CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Salah Jokowi? Saat Rejim SBY Hutan Digunduli, Luas Hutan Kalimantan 62,8% Terpangkas!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6008167082d4954dd1382fdd/salah-jokowi-saat-rejim-sby-hutan-digunduli-luas-hutan-kalimantan-628-terpangkas

Salah Jokowi? Saat Rejim SBY Hutan Digunduli, Luas Hutan Kalimantan 62,8% Terpangkas!

Quote:




Dalam kurun waktu 1990 hingga 2019 terjadi penurunan luas hutan alam sebesar 62,8 persen

TriajiRabu, 20 Januari 2021 - 17:25 WIB

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut bahwa telah terjadi penurunan jumlah luas hutan khususnya di daerah aliran sungai (DAS) di Kalimantan Selatan (Kalsel). Dari data terjadi penurunan sebanyak 62,8 persen dalam kurun waktu 29 tahun. 

"Dalam kurun waktu 1990 hingga 2019 terjadi penurunan luas hutan alam sebesar 62,8 persen," ujar Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK Karliansyah dalam acara "Informasi Banjir Kalimantan Selatan" yang digelar secara daring, Selasa (19/1).

Menurut Karliansyah, penurunan terbesar terjadi pada1990 hingga 2000. "Saat itu penurunan mencapai 55,5 persen," imbuh dia.



Namun, KLHK menilai penurunan jumlah hutan itu bukan faktor utama banjir, melainkan hujan menjadi faktor utama penyebab banjir di provinsi itu.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Perencanaan dan Evaluasi Pengendalian Daerah Aliran Sungai KLHK Saparis Soedarjanto. Dikutip JPNN.com, dari hasil analisis pihaknya, banjir di beberapa wilayah di Kalimantan Selatan disebabkan oleh berbagai faktor. 

Salah satu contohnya, kata dia banjir di Kabupaten Banjar dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah terjadi karena faktor lokasi, bentuk daratan, curah hujan, dan aktivitas sekitar.

Kedua wilayah tersebut berada pada pertemuan dua anak sungai sehingga akumulasi air yang berkumpul di sana besar. Kedua anak sungai bertemu di lereng kaki dan tekuk lereng.



Kondisi ini diperparah dengan curah hujan yang sangat besar dan berdurasi lama. Kemudian, lereng pada hulu DAS menerima volume air besar dengan waktu konsentrasi cepat.

Dengan kombinasi pertanian lahan kering campur di bagian hulu dan tambang dengan lereng yang curam, serta kegiatan pertambangan di lereng tengah akhirnya menyebabkan sedimentasi di alur sungai yang berujung banjir.

"Kami sudah lakukan upaya rehabilitasi juga. Kalau dilihat kawasan hutan yang kritis ini kan tidak terlalu kritis sebetulnya. Sehingga bisa simpulkan, hujan adalah faktor utama yang menyebabkan banjir. Tinggi sekali curah hujannya, sampai berhari-hari," tandas dia. 

https://m.bizlaw.id/read/35807/Tidak...sen-Terpangkas

Makanya Omnibus law diciptakan jokowi agar semua kepala daerah tidak bisa sewenang-wenang keluarkan izin perpanjangan ke perusahaan, izin sering disalahgunakan jelang pilkada demi dana dari bohir tambang. Omnibus law memastikan aburizal bakrie, jusuf kalla bahkan prabowo tidak bisa seenaknya lobi2 gubernur lagi

Sudah..percayakan saja ke Jokowi urusan keseimbangan hutan dan ekonomi negara, seperti injak gas dan rem dalam penanganan corona. Jokowi telah membuktikan sangat jarang terjadi kebakaran hutan yang bikin negara tetangga komplain seperti dulu.

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 17 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ikardus
50% hutan kalimantan milik malaysie

apa ga malu, indonesia di kalimantan berkali lipat luas malaysie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
azn1234
kaskus maniac
Jadi??? Yg bakar hutan ya perudahaan2 malaysie?emoticon-Bingung


Malaysie apa ga cukup dgn petronas yg profitnya 10x lipat dari ratusan bumn2 Indo?emoticon-Bingung
profile picture
neptunium
kaskus maniac
@azn1234 di awal malaysie terbentuk ada pembukaan lahan tapi stop sampai di situ, hutanya masih bertahan sampai sekarang, indonesia? lihat ada deforestation map, parah
profile picture
adfaisal
kaskus addict
salahkan yang paling ngotot jual CPO Kelapa Sawit ke Eropa...

ini alasan eropa boikot kelapa sawit..

tapi yahhh tau sendiri lah..
profile picture
mewtwo68d
kaskus addict
Hebatnya ada yg gak malu ngaku indo adalah paru2 bagi dunia....
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di