CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Sayang Banget! Karena Hal Ini, Mobil Ini Belum Layak Untuk Mengaspal di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60070257f4d695688476dcc2/sayang-banget-karena-hal-ini-mobil-ini-belum-layak-untuk-mengaspal-di-indonesia

Sayang Banget! Karena Hal Ini, Mobil Ini Belum Layak Untuk Mengaspal di Indonesia

Mobil Listrik, Mobil Masa Depan, Mobil Ramah Lingkungan, Mobil Tanpa Kebisingan





Dunia otomotif bergerak maju menuju perubahan yang semakin canggih dan ramah lingkungan. Penggunaan bahan bakar minyak pada berbagai kendaraan saat ini membuat cadangan minyak bumi semakin menipis  menuju kelangkaan. Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui ini menjadi salah satu komponen tenaga penggerak kendaraan untuk melaju dijalanan, semakin banyaknya pengguna kendaraan maka semakin banyak pula konsumsi bahan bakar yang dihabiskan. Efek samping dari penggunaan bahan bakar minyak pun cenderung tak baik, salah satunya adalah mencemari udara (red: polusi udara). 

Beruntungnya, kini manusia mulai sadar akan bahwa semakin hari bumi semakin rusak dan kita harus beralih dari ketergantungan energi minyak. Sebuah perusahaan asal amerika serikat Tesla Inc menghadirkan terobosan baru dalam dunia otomotif, sebuah inovasi yang menjadikan bumi sedikit berumur panjang tanpa polutan dan tentunya ramah lingkungan. Ya, Mobil Listrik! Tesla Inc adalah perusahaan spesialis dalam memproduksi mobil elektrik/mobil listrik/ mobil bertega listrik. Mobil masa depan yang siap menggantikan mobil konvensional bertenaga minyak.

Setelah melewati perjalanan panjang sejak awal berdirinya, perusahaan besutan Elon Musk ini siap memproduksi masal mobil listrik untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia. Rencananya Tesla akan membuka banyak dealer di seluruh dunia untuk mendukung penjualan mobil listriknya.

Tak hanya Tesla, perusahaan raksasa Apple pun dirumorkan akan memproduksi mobil listrik Apple Car. Selain itu produsen asal china pun tak mau kalah ingin ikut andil dalam mewujudkan bumi ramah lingkungan dengan mulai memproduksi mobil listrik.

Siapkah indonesia menerima perubahan ini?


Banjir di kota-kota besar



Melihat kondisi indonesia saat ini yang belum terbebas dari bencana banjir yang hampir tiap tahun menjadi langganan di kota-kota besar di indonesia, tentu menjadi pertimbangan bagi para pemilik uang untuk memutuskan membeli mobil listrik atau tidak.

Mengingat mobil listrik ini mobil yang cukup memiliki harga yang  tinggi akan sangat disayangkan jika nantinya akan terendam banjir ketika musim penghujan tiba L. Ya mungkin ada beberapa wilayah yang bebas banjir namun tetap saja sayang sekali mobilnya hanya menjadi pajangan disaat musim penghujan tiba.
Sebaiknya, sebelum mobil listrik masuk pasaran indonesia pemerintah lebih effort lagi dalam menangani banjir yang selalu dan selalu berulang setiap tahun.



Pengisian daya yang menimbulkan antrian



Tak seperti pengisian bahan bakar minyak yang hanya membutuhkan waktu sebentar, mobil listrik membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mengisi daya baterainya. Tegangan listrik yang diperlukan kisaran 120, 240, atau 480 volt. Namun untuk saat ini indonesia belum memiliki stasiun pengisian listrik untuk mengisi daya baterai mobil yang telah habis. Dan karena pengisian daya ini membutuhkan waktu sedikit lama maka tentu saja jika semua orang kehabisan daya di waktu bersamaan akan terjadi antrian cukup panjang pada stasiun pengisian listrik. Meski begitu, pengisian daya bisa dilakukan sendiri dirumah dengan menggunakan charger khusus.


Pasokan listrik yang tidak cukup besar



Pasokan listrik nasional negara ini terbesar berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), beberapa wilayah terpencil ada yang memanfaatkan angin sebagai penghasil listrik. Ketika mobil listrik menjadi sebuah solusi masa depan transportasi ramah lingkungan, akan menjadi tantangan tersendiri bagi indonesia yang notabennya pasokan listrik terbesar hanya dari PLTA. Berbeda halnya dengan negara-negara maju yang sudah beralih ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuclear (PLTN) yang mampu menghasilkan daya listrik sangat besar sehingga siap beralih dari mobil konvensional menuju mobil listrik ramah lingkungan.

Rencana pembangunan PLTN di indonesia sendiri masih menuai pro dan kontra, beberapa alasan dari pihak kontra adalah bahaya dari efek radiasi nuklir yang mengancam kesehatan manusia. Chernobyl adalah bukti nyata bencana terbesar buatan manusia yang menelan banyak korban jiwa akibat dari radiasi yang dihasillkan. Tak hanya itu, ledakan PLTN chernobyl juga menjadi salah satu penyebab runtuhnya uni soviet.

Regulasi yang akan menuai pro kontra




Mengaspalnya mobil listrik di indonesia akan membutuhkan regulasi khusus untuk mengaturnya yang akan berbeda dengan mobil konvensional. Dan biasanya sebuah regulasi yang dikeluarkan pemerintah selalu saja menuai pro kontra dari beberapa pihak. Sebagai contoh saja ketika transportasi online mulai diterapkan terjadi aksi protes dari kalangan pemilik transportasi konvensional yang kehilangan penumpang karena beralih  menuju transportasi online. Gesekan konvensional vs online pun terjadi di lapangan. Meski sempat terjadi penolakan, kini pada akhirnya semua pihak menerima perubahan zaman.

Itu dia alasan mengapa mobil listrik belum siap untuk indonesia terima secara masal. Pentingnya pembenahan terlebih dahulu infrastruktur untuk menyambut mobil masa depan ini mengaspal di indonesia. 


"  Sekian dan wasalam agan-agan yang tampan dan sista-sista yang cantik rupawan sampai bertemu di masa depan "  




Salam Derianesia penulis tak bertuan 

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Tulisan : Original Pribadi
Referensi : This




profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeff123556 dan 2 lainnya memberi reputasi
Horeeee ane yang pertama beli mobil listri xixi
profile picture
TS deriandroid18
kaskus addict
eehhh? beneran udah beli??
profile picture
ajang.dee
kaskus addict
@deriandroid18 udah! Tapi pas dipake kesamber petir
profile picture
TS deriandroid18
kaskus addict
bagus dong. jadi ga perlu ngecas emoticon-Leh Uga
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di