CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Anime & Manga Haven /
7 Tokusatsu Paling Populer di Indonesia, Orang Awam pun Pasti Tahu
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6006911ea727682c88693562/7-tokusatsu-paling-populer-di-indonesia-orang-awam-pun-pasti-tahu

7 Tokusatsu Paling Populer di Indonesia, Orang Awam pun Pasti Tahu

Selamat datang kembali di thread ane

Tokusatsu dalam bahasa Jepang berarti special effect. Artinya tokusatsu adalah genre dalam serial televisi atau film yang menggambarkan fantasi, sci-fi, horror, dan genre lainnya yang menggunakan special effect.

Akan tetapi dalam perkembangannya tokusatsu selalu identik dengan genre superhero untuk anak-anak dan menyajikan seri kepahlawanan dengan memakai kostum. Padahal itu kurang tepat, karena Godzilla sendiri merupakan tokusatsu dan bukan seri atau film tentang orang yang memakai kostum lalu menyelamatkan dunia.

Dalam sejarahnya, tokusatsu sempat mencapai masa kejayaan terutama pada periode Showa dan era Heisei awal. Namun, sekarang ini pamor tokusatsu tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan anime.

Jelas, tokusatu kalah telak jika dibandingkan dengan anime yang sudah sangat populer dan mendunia. Tetapi tokusatsu masih punya para penggemar setia dan segmen pasar yang berbeda.

Dari era 60an hingga sekarang, tokusatsu masih terus diproduksi oleh studio-studio terkemuka seperti Toei dan Tsuburaya Production. Nah, di bawah ini akan dibahas secara singkat, serial tokusatsu apa saja yang paling populer di Indonesia.

Dalam artian populer sampai-sampai banyak orang awam pun mengetahuinya. Langsung saja gan berikut ini adalah pembahasannya.



1. Kamen Rider Black


Sudah jelas jika Kamen Rider Black adalah yang paling terkenal di Indonesia. Lebih dikenal dengan sebutan Ksatria Baja Hitam, serial tokusatsu era showa ini namanya sudah melekat di hati anak-anak 90an.

Kamen Rider Black dan Black RX seri Kamen Rider terakhir di era Showa dan mendapatkan rating yang sangat tinggi di Indonesia. Dulu ditayangkan di RCTI sekitar tahun 1995 dan mendapatkan popularitas yang luas.

2. Mighty Morphin Power Rangers

Meski ini bukanlah hasil produksi Jepang tetap saja merupakan bagian dari tokusatsu. Serial buatan Saban ini adalah hasil adaptasi pertama dari serial Super Sentai tepatnya mengadaptasi Zyuranger.

Power Rangers sebenarnya bukan hanya sangat populer di Indonesia tapi juga di seluruh dunia dan sudah dia kali difilmkan oleh Hollywood. Banyak angkatan 90an yang masa anak-anaknya terselamatkan oleh Power Rangers.

Mighty Morphin Power Rangers adalah seri Power Rangers pertama sekaligus yang paling terkenal.

3. Ultraman Cosmos


Dari sekian banyak series Ultraman, Cosmos adalah yang paling sering diputar di Indonesia. Setidaknya SCTV dan Global TV pernah menayangkan Ultraman Cosmos. Popularitas Ultraman Cosmos cukup tinggi di Indonesia terutama bagi yang masa kecilnya tumbuh di era 2000an.

Padahal, di Jepang sendiri Cosmos kurang begitu disukai karena temanya yang terlalu kekanakan (padahal memang untuk anak-anak). Ultraman Cosmos bertema pasifisme karena itu Cosmos kerap berdamai dengan monsternya.

4. Uchuu Keiji Gavan


Space Sherif Gavan adalah seri metal hero pertama dan populer di era 80an. Seri tokusatsu inilah yang dikenal oleh para fans veteran tokusatsu di Indonesia dan dikenal dengan sebutan Gaban.

Uniknya, Gaban belum pernah tayang di tv Indonesia melainkan hanya beredar melalui kaset video VHS dan Betamax. Popularitasnya saat itu memunculkan istilah “segede Gaban”

Saking terkenalnya, Gaban pernah diparodikan dalam film Warkop, Depan Bisa Belakang Bisa. Di mana Dono berubah jadi Gaban dan bertarung dengan Satomata dari Jepang.

5. Kamen Rider Kuuga


Selain Black, Kuuga juga merupakan salah satu tokusatsu terpopuler di Indonesia. Dulu pernah ditayangkan di RCTI sekitar awal 2000an.

Kuuga sendiri adalah seri Kamen Rider pertama di era Heisei setelah vakum cukup lama. Sampai saat ini Kuuga masih dianggap yang terbaik.

Kuuga juga merupakan seri yang membawa perubahan tapi masih mempertahankan beberapa unsur dari Rider Showa.

6. Ultraman Tiga


Serial tokusatu terpopuler di Indonesia berikutnya adalah Ultraman Tiga yang merupakan Ultraman pertama di era Heisei. Dulu pernah tayang di Indosiar setiap Minggu pagi.

Seri Ultraman ini populer karena jalan yang cukup menarik. Tiga juga adalah seri Ultraman pertama setelah vakum sangat lama setelah Tsuburaya terakhir kali merilis Ultraman 80.

7. Godzilla


Oke, saya harus memasukan ini meski Godzilla sendiri bentuknya bukanlah serial melainkan film. Justru inilah tokusatsu Jepang yang paling dikenal di seluruh dunia. Bukan hanya di Jepang dan Indonesia saja.

Godzilla pertama kali muncul pada film rilisan tahun 1954 dan film tersebut kini jadi film klasik yang cukup berpengaruh di dunia.

Godzilla juga setidaknya sudah tiga kali dibuatkan film versi Hollywood dan juga pernah dijadikan serial animasi.

Itu dia gan pembahasannya. Di Indonesia serial tokusatsu bagi orang awam, apapun judulnya pasti disebut "Power renjes" emoticon-Ngakak

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
richardus96 dan 45 lainnya memberi reputasi
KBH & KBH RX tu ga bisa lupa bgt dah.

Cuma 1 yg gw sesali: gw g nonton episode klimaks, rx vs jend. Jack

Mpe sekerang, temen dari kuliah gw, gw cengin mulu gara2 g nonton KBH, malah telenovela.
profile-picture
profile-picture
tikamfansclub dan kakekane.cell memberi reputasi
Diubah oleh nontonyukahhh
profile picture
heiji000
kaskus holic
Ane nonton KBH sama telenovela juga kok gan... emoticon-Malu
profile picture
Benarkan velisio
profile picture
Lha di youtube kan ada, ngapain menyesal segala
profile picture
Maria Mercedes emoticon-Ngakak:
profile picture
@Echizen.Ryoma

Atmosfer nya udah beda gan.. dulu abis nonton episode itu, besok paginya kan cerita di sekolah sama temen².. skrg mana bisa begitu lagi emoticon-Frown
profile picture
@choonhyanglover yah kl skrg cerita2 ke tmn2 kantor bisa2 dianggap gila
profile picture
nailts2
kaskus addict
Armando/fernando dll

Btw yg tau kbh/telenovela dll pasti dah om2/tante2 semua skrg emoticon-Leh Uga
profile picture
bandy.oi
kaskus addict
betty lafea
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 9 dari 9 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di