CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Sebut Curah Hujan Picu Banjir Kalsel, Walhi: Mending Tidak Usah ke Sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6006646a5cf6c44e0e362622/jokowi-sebut-curah-hujan-picu-banjir-kalsel-walhi-mending-tidak-usah-ke-sini

Jokowi Sebut Curah Hujan Picu Banjir Kalsel, Walhi: Mending Tidak Usah ke Sini



Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Selatan Kisworo Dwi Cahyono meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menyalahkan curah hujan sebagai penyebab banjir Kalsel.

"Kalau hanya menyalahkan hujan mending enggak usah ke sini," kata Kisworo kepada Tempo, Senin, 18 Januari 2021.

Kisworo menilai kedatangan Jokowi ke lokasi banjir Kalsel semestinya menjadi momen untuk berani memanggil pemilik perusahaan tambang, sawit, hutan tanaman industri (HTI), dan hak pengusahaan hutan (HPH). "Dan kita dialog terbuka di hadapan rakyat dan organisasi masyarakat sipil," ujarnya.

Dalam kunjungan ke Kalsel hari ini, Jokowi menyatakan bahwa bencana alam berupa banjir di Kalsel adalah yang terbesar selama 50 tahun terakhir. Curah hujan yang tinggi selama hampir 10 hari berturut-turut, kata Jokowi, menyebabkan daya tampung Sungai Barito yang biasanya menampung 230 juta meter kubik tidak lagi mampu menampung debit air yang mencapai sebesar 2,1 miliar kubik air.

Dalam kunjungannya, Jokowi meninjau langsung tiga hal utama ihwal bencana banjir Kalsel yakni kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan, proses evakuasi masyarakat terdampak, dan memastikan distribusi bantuan logistik berjalan lancar.

kolam



jadi bukan karena hilangnya/dibabatnya hutan untuk perkebunan kelapa sawit atau pertambangan majikan, tidak ada hubungannya sama sekali dengan hilangnya hutan yg berfungsi menyerap air hujan


Bonus klipingan:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Chrisyngwie dan 59 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
hujannya 10 hari bertutrut turut, kolor ga kering2 tuh hahah
walhi kyknya seniwen bgt ama pak de, kalo ujan ampe segitu lama ya wajar hujan dulu disalahin, masak pak de baru datang tau2 ngambil kesimpulan tambang/sawit yang salah,
ini walhi bukannya kasi data yg yg akurat malah pak de diusir ga usah kesini, walhi apa fadli zon sih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 7 lainnya memberi reputasi
profile picture
aquatrium
kaskus geek
Udah tugas wahli buat konter kebijakan yang ga dukung lingkungan bre. Mau pemda dan pempus. Mau presidennya siapa aja bakalan dikonter juga.

Bedanya sama anggota dpr yang itu ya tergantung yang kepilih dikubu dia apa kagak.


emoticon-Ngakak
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@aquatrium mestinya walhi nunjukin problemnya dan bukti2nya... atau bila perlu mereka yg bawa kepengadilan, kalau cuma cuap2 keknya biar ane aja emoticon-Ngakak
profile picture
lunar1980
kaskus maniac
serius 10 hari ujan terus ? buset lama bener
profile picture
aquatrium
kaskus geek
@cocokmology dulu pernah ada hakim yang bilang pohon bisa ditanam kembali bre.


emoticon-Ngakak
profile picture
tagnol88
kaskus holic
@aquatrium @cocokmology bener tuh, kontra ya kontra ama sawit/tambangnya kok malah yg di gas presidennya, padahal momennya tepat biar masukannya walhi didenger pak de, ini malah presidennya diusir, kayak sengaja cari lawan.
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@aquatrium tinggal pintar2 membalas aja, ya udah tanam lagi, tp biaya kerusakan pemulihan sampai ke posisi semua ditanggung pengusaha, nah loh

keknya pengusaha lebih memilih bayar denda tuh
profile picture
aquatrium
kaskus geek
@tagnol88 @cocokmology ya dari jaman batu grinpis wahli dkk kan emang gitu bang. Pasti ngegas pemerintah sebagai yang ngasi ijin.
profile picture
masfuad2015
kaskus maniac
@aquatrium Iya pohon sawit yg ditanem emoticon-Leh Uga
profile picture
boyzok
kaskus geek
Iya masa walhi ngomong penyebabny curah hujan gan, malah walhiny digoblk2in ntr wkkk, tapi walhi juga salah belum2 udah ngusir presiden, kalo bisa sih kwrjsama , emqng susah sih model kek komnas, walhi yg penting komenny beda
profile picture
Yang jelas walhi itu jauh lebih pinter ketimbang ente bre emoticon-Ngakak
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@bajubuatjalan walhi ga lebih pinter dari ane, tp yg jelas lebih perduli daripada ane emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 11 dari 11 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di