CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Sebut Curah Hujan Picu Banjir Kalsel, Walhi: Mending Tidak Usah ke Sini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6006646a5cf6c44e0e362622/jokowi-sebut-curah-hujan-picu-banjir-kalsel-walhi-mending-tidak-usah-ke-sini

Jokowi Sebut Curah Hujan Picu Banjir Kalsel, Walhi: Mending Tidak Usah ke Sini



Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Selatan Kisworo Dwi Cahyono meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menyalahkan curah hujan sebagai penyebab banjir Kalsel.

"Kalau hanya menyalahkan hujan mending enggak usah ke sini," kata Kisworo kepada Tempo, Senin, 18 Januari 2021.

Kisworo menilai kedatangan Jokowi ke lokasi banjir Kalsel semestinya menjadi momen untuk berani memanggil pemilik perusahaan tambang, sawit, hutan tanaman industri (HTI), dan hak pengusahaan hutan (HPH). "Dan kita dialog terbuka di hadapan rakyat dan organisasi masyarakat sipil," ujarnya.

Dalam kunjungan ke Kalsel hari ini, Jokowi menyatakan bahwa bencana alam berupa banjir di Kalsel adalah yang terbesar selama 50 tahun terakhir. Curah hujan yang tinggi selama hampir 10 hari berturut-turut, kata Jokowi, menyebabkan daya tampung Sungai Barito yang biasanya menampung 230 juta meter kubik tidak lagi mampu menampung debit air yang mencapai sebesar 2,1 miliar kubik air.

Dalam kunjungannya, Jokowi meninjau langsung tiga hal utama ihwal bencana banjir Kalsel yakni kerusakan infrastruktur yang ditimbulkan, proses evakuasi masyarakat terdampak, dan memastikan distribusi bantuan logistik berjalan lancar.

kolam



jadi bukan karena hilangnya/dibabatnya hutan untuk perkebunan kelapa sawit atau pertambangan majikan, tidak ada hubungannya sama sekali dengan hilangnya hutan yg berfungsi menyerap air hujan


Bonus klipingan:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Chrisyngwie dan 59 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kaskus.infoforum
Tambang batubara n lahan sawit pak penyebab utamanya... Ane yg bukan orang kalsel aja tahu pak masak bapak gak tahu....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Chrisyngwie dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh laziale.id
profile picture
cocokmology
kaskus addict
ane sih kurang paham ya, apa brarti supaya ga banjir, jgn bangun apa2 dan buat apa2 didaerahnya?

saya malah lebih ke pemkot atau gubernurnya dalam menata kota, apakah sudah di buatkan pencegahan..
tp dari sini belajar deh kesalahannya
profile picture
drembol
aktivis kaskus
@cocokmology ini banjirnya jatuhnya udah bukan permasalahan menata kota gan, ini jatuhnya alam yang rusak karena daerah" yang tenggalam itu sendiri bukan perkotaan yang kayak dijawa padet di kalimantan sendiri itu longgar" jarak antar rumah kecuali ibukota doang ama sekitarnya
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@drembol ada yg post di postingan atas, mengatakan kalau sungai dan curah hujannya bedanya jauh tuh gan, kalau ga banjir justru aneh kan,

debit air yg mampu di tampung sungai 230juta m3, sedangkan curah hujannya 2,1milyar m3..

yah sekarang saatnya dibuat perbaikan, biar kedepannya enggak terjadi lagi atau mengurangi resiko terjadi
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
Ane jd inget kalimat 'kl jd presiden lbh mudah tanggulangin banjir" bgitu krg lebih..krn yg ngomong konon pernah jd kepala daerah
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@angelo.ogbonna problemnya kepala daerah dan presidennya ga cucok, seingat ane pempus lg bikin beberapa waduk kan untuk menanggulangi..

pak basuki ajak jumpa gubernur buat cocokin kerjaan aja kaga datang
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@cocokmology

Nah btul bgt..smua wilayah akan spt itu krn smua daerah ada daerah yg pnya pusat dan provinsi.. mknya presiden bs lbh mudah tanggulangi banjir..persis spt yg seseorang pnah katakan
profile picture
nomothink
aktivis kaskus
Mgkin beliau ga berani ngomong klo penyebabnya karena sawit dan tambang. Bisa2 dipecat dari jabatan
profile picture
joshmy
kaskuser
@drembol @cocokmology Pasir-pasir yg dihasilkan tambang ngebuat sungai jadi dangkal di tambah penyerapan yg udah berkurang karena alih fungsi lahan yg banyak jadi sawit, simplenya gitu
profile picture
Raditeeya
kaskus addict
@nomothink langsung dibalikin ke kolam lagi klo brani komen gtuemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile picture
saya nonton yutub chanee kalaweit, liat banyak hutan yg dibuka buat sawit dan juga banyak tambang" ilegal di tengah hutan, ya pantas lah lama" pasti banjir...
profile picture
FinPay
kaskuser
tenang aja kata pak jkw mudah
profile picture
angelo.ogbonna
kaskus maniac
@s.o.s.s.o

Btul sy jg sering ntn channel chanee
profile picture
naladhipa
kaskus addict
Agak bingung kalau menyatakan lahan sawit bikin banjir, bukannya sawit ini yang gila gilaan nyedot air tanah sampe kering?

Kalau pertambangan sih sudah pasti terjadi perusakan alam, harus nya ada reklamasi bekas tambang jadi hutan kembali, cuma butuh waktu cukup lama
profile picture
danjau
kaskuser
@naladhipa dr tadi ane baca koment org cm ente yg bener ngomong tentang sawit gan....sawit tanaman yg gila2an kl nyerap air....ini banjir kok org2 pada nyalahin sawit kl dampaknya kekeringan wajar nyalahin sawit...kl banjir krn dampak dr tambang ane setuju....
profile picture
naladhipa
kaskus addict
@danjau
Yah gitu om ku, mesti ada penelitian lebih lanjut dan mitigasi nya gimana ngatasin banjir ini.
profile picture
drembol
aktivis kaskus
@naladhipa iya gan kalo sawit sih kurang kayaknya, tp tambang batu baranya yang parah, apalagi tambang batu bara perorangan itu keruk sesuka hati, daerah yang banjir juga dimana daerahnya paling banyak tambang perorangan
profile picture
dulu di kampus ane sempet terbersit ide tanam sawit di tengah kota buat nyerap banjir... krn sawit rakus air.
tapi belum teruji berapa waktu yg dibutuhkan untuk nyerap air sekian kubik.
profile picture
bujer cebong tolol lagi sebar hoaks cebokin majikan emoticon-Ngakak

Tanaman kelapa sawit berakar dangkal sehingga tidak punya kemampuan menyimpan air sebaik pohon lain. Saat hujan datang air tidak tertahan tetapi lolos bergerak ke lapisan tanah di bawah zona perakaran yang jika lahan merupakan lahan datar dengan muka air tanah yang dangkal maka lebih mudah menyebabkan genangan dan banjir, yang jika air tersebut di drainase begitu saja maka air yang hilang juga lebih banyak, air yang tersimpan lebih sedikit.

emoticon-Blue Guy Bata (L)

https://faperta.ipb.ac.id/buletin/2017/08/14/kelapa-sawit-benarkah-rakus-air/
profile picture
naladhipa
kaskus addict
@aryapermatod
Ah elah, beda pembahasan, sejak kapan itu dibahas perihal menyimpan air. Coba baca lagi yang di kutip sesuai gak dengan kondisi dilapangan.
profile picture
marikita2
kaskus maniac


Bapak presidennya hlo,masak pura pura tidak tahu?? Hehehe
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 20 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di