CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polda Metro: Tidak ada Pelanggaran Prokes Kasus Raffi Ahmad
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6005be9c7e3a721e8f1b76f0/polda-metro-tidak-ada-pelanggaran-prokes-kasus-raffi-ahmad

Polda Metro: Tidak ada Pelanggaran Prokes Kasus Raffi Ahmad



Polda Metro Jaya menyebut tidak ada pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi Ahmad dan menjadi viral di media sosial.

"Unsur persangkaan di Pasal 93 (UU No.6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan) itu tidak ada, karena cuma 18 orang di situ," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, kepada wartawan, di Jakarta, Senin (18/1).

Yusri juga menyebut acara tersebut juga sudah menerapkan protokol kesehatan karena setiap tamu undangan yang hadir sudah menjalani tes usap antigen.

"Sudah kita periksa semuanya, ada tes usap antigen, isinya cuma 18 orang. Itu orang-orang terdekatnya saja dalam acara tersebut," kata Yusri.

Dari sejumlah akun media sosial, termasuk akun Instagram Raffi @raffinagita1717, tampak Raffi Ahmad bersama teman-temannya berfoto maupun bernyanyi tanpa mengenakan masker. Foto-foto yang diambil saat pesta ulang tahun teman Raffi itu lalu menjadi viral.

Padahal Raffi Ahmad menjadi salah satu orang yang mendapat kesempatan untuk divaksin COVID-19 perdana di Istana Merdeka pada Rabu (13/1), bersama dengan Presiden Jokowi dan tokoh-tokoh lainnya.

Terkait hal itu, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut pihaknya sudah menegur Raffi Ahmad karena tidak menjaga penerapan protokol kesehatan setelah menjalani vaksinasi COVID-19.

"Sudah dinasihati, diingatkan kembali oleh tim komunikasi COVID-19 agar menaati prokes," kata Kasetpres Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis.

Pada kesempatan terpisah, selebritas Raffi Ahmad akhirnya memberikan klarifikasi atas foto-foto dirinya tengah menghadiri acara yang menjadi viral di media sosial karena melanggar aturan protokol kesehatan.

Melalui unggahan terbaru di akun Instagram resminya, Raffi Ahmad meminta maaf kepada masyarakat Indonesia dan juga Presiden Joko Widodo atas kegaduhan yang terjadi.

Dia juga mengakui kesalahannya yang telah melanggar protokol kesehatan dengan berkerumun dan tidak memakai masker.

"Terkait kejadian tadi malam saya ingin sedikit klarifikasi. Tapi sebelumnya saya ingin minta maaf yang sebesar-besarnya, saya minta maaf kepada bapak Presiden Jokowi, kepada seluruh staf yang ada di sekretariat presiden dan juga minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas peristiwa tadi malam," kata Raffi Ahmad dalam video unggahannya.

Raffi Ahmad mengatakan bahwa acara yang dihadirinya itu diadakan di kediaman ayah dari salah satu temannya.

Dia juga menjelaskan bahwa sebelum masuk ke rumah sudah menjalankan protokol kesehatan.

"Di situ kondisinya juga memang sebelum masuk ke rumahnya mengikuti protokoler. Tapi pas di dalam, kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker, ada yang foto, tapi apa pun itu saya juga minta maaf karena kejadian ini jadi heboh," ujar Raffi Ahmad. (Ant/OL-12)

https://m.mediaindonesia.com/megapol...us-raffi-ahmad

Pesta orang kaya beda sama pesta nikah ormas terlarang yg tdk pakai protokol kesehatanemoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.datsir dan 39 lainnya memberi reputasi


Apakah dia dan raffi ahmad dan keluarga galael keduduknnya tidak sama di mata hukum indonesia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kuminitsu dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
cocokmology
kaskus addict
keknya tergantung tiap daerah, ada daerah yg nerapin bisa bikin acara maks brapa orang
profile picture
@cocokmology UU karantina berlakubsecara nasional, rijik kena tangkep karena melanggar UU karantina kesehatan, yg lain gw ditangkap gw rasa sama pasalnya karantina
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@mantauterus69 kalau sesuai yg dibawa prof mahfud md di podcast botak, katanya rijik enggak kena kerumunan di bandara karena diskresi beliau..
tp rijik kenanya dimalam harinya bikin acara, katanya udah disuruh bubar malah dikirimin surat juga kata pak mahfud, dan acaranya ga bubar ditambah lg rijik kena pasal 160 soal provokasi atau apa lupa.

pak mahfud ngomong, yg disuruh bubar dan bubar itu ga ditangkap.. (kalau dari podcast botak kira2 gitu bahasanya)

di daerah ane itu kayak ada limitnya sih kalau bikin acara dan harus ada prokesnya.. jadi ditempat ane udah banyak yg bikin acara kimpoian
profile picture
@cocokmology iyaa rijik ditangkep acara drmh tapi dasar penangkapan itu UU karantina.. nikahan ada izin dr masing2 kepala daerah tapi ga ada izin untuk pesta kayak diacara rappi amad
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@mantauterus69 coba minta UU nya gan, soalnya ane nemunya PMK untuk PSBB, apa benar ini?kalau benar sih harusnya kasus rapi dan ahok kelar ya karena pasal 13 ga mencatut ruang private emoticon-Hammer
profile picture
@cocokmology kalo ga salah UU nomor 6 karantina kesehatan..
profile picture
Ujang1911
kaskus addict
@cocokmology @mantauterus69
Baca lagi yg bener bos... Onta petamburan masuk penjara didakwa paka 160 dan 216 KUHP..
Pake UU no6 218 ya pasti ga akan kena si bibip, sama hal nya dengan gelael yg dibilang ga ada pelanggaran UU no 6 2018
profile picture
kl liat dr yg ditangkepin kan yg ngadain acara ya, tp hrs cari alesan nih knp ini bukan termasuk pelanggaran. apa hanya krn udah di tes antigen ?
profile picture
@Ujang1911 @cocokmology pasal 216 itu melawan petugas polisi, tugas polisi manggil rijik karena melanggar UU karantina.. rijik ga datang lalu dihalangi petugas.. muncullah 216 dan 160..
Kontra boleh boss tapi harus bs liat 2sudut pandang.. dasar dilakukan pemanggilan yg kemudian dihalang2i adalah melanggar UU karantina..
profile picture
@mardux13 karena sudah diendorse pemerintah
profile picture
little.sirius
kaskus holic
Beda kelas kayanya
profile picture
Ujang1911
kaskus addict
@cocokmology @mantauterus69
Jangan menggiring kemana2 lah.. maksud gw jelas... Onta dijerat pake 216 dan 160... Kenapa gelael ga dijerat pake pasal yg sama? Oke lah 216 ga kena dia.. tapi 160? Onta pesta, ngundang org.. ngundang orang dianggap melakukan penghasutan... Nah gelael pesta juga.. ngundang juga kan? Ga ngundang? Emang jaelangkung, datang ga diundang pulamg ga diantar.. jangan naif lah om...
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@mantauterus69 @Ujang1911 bukannya karena diacara itu ada kata2 yg katanya berisi hasutan atau provokasi dari HRS?

kasus gelael kan ga ada penghasutan
profile picture
@Ujang1911 @cocokmology
Hahaha ente boss yg giring opini.. pelaporan awal karena karantina.. kontra boleh boss tapi liat dulu..
profile picture
Ujang1911
kaskus addict
@mantauterus69 @cocokmology
Mengundang orang ke pestanya itu yg ditafsirkan polisi sebagai melakukan penghasutan.. bukan ceramah2nya... Harusnya gelael bisa juga dijerat pakai pasal itu...
profile picture
cocokmology
kaskus addict
@mantauterus69 @Ujang1911 kalau begitu ditunggu saja tanggapan dari polisinya
profile picture
Ujang1911
kaskus addict
@cocokmology @mantauterus69
Menggiring opini bagaimana om bos??
https://m.merdeka.com/peristiwa/polisi-tegaskan-habib-rizieq-ditahan-karena-pasal-penghasutan-bukan-kasus-kerumunan.html

Onta petamburan ga bisa dijerat UU no 6 2018.. akhir pakai 160KUHP.. mengundang/mengajak ke pesta ditafsir sebagai melakukan penghasutan sama polisi...
Logika ente kenapa hilang om boss?
profile picture
@Ujang1911 @cocokmology

https://www.liputan6.com/news/read/4...asus-kerumunan

Kerumunan mengacu pada UU karantina kemudian dikembang ke pasal 216 dan 160..

Jadi dasar awal nya kerumunan yaitu UU karantina..

profile picture
Ujang1911
kaskus addict
@cocokmology @mantauterus69
Ente ngasi sumber tapi ga di baca om bos...

Penyidik menilai Rizieq Shihab melanggar Pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP. Sedangkan, kelima lainnya melanggar Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Keputusan itu berdasarkan hasil dari gelar pekara yang dilakukan pada 7 Desember 2020.

Tolong dibedakan ya om boss... Pisang tegang keras betul ga didakwa pakai uu 6 2018. Tapi 160 dan 216 kuhp...
Yg didakwa pakai uu 6 2018 itu kacung2nya
profile picture
kuminitsu
kaskus geek
Tidak sama ,seperti halnya pemakaman habib kmrn
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 27 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di