CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Fakta-fakta Kematian 29 Lansia di Norwegia Usai Suntik Vaksin Pfizer
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6004da9410d295647b2410ca/fakta-fakta-kematian-29-lansia-di-norwegia-usai-suntik-vaksin-pfizer

Fakta-fakta Kematian 29 Lansia di Norwegia Usai Suntik Vaksin Pfizer

Jakarta - Sebanyak 29 lansia di Norwegia meninggal setelah mendapat suntikan vaksin COVID-19 buatan Pfizer dan BioNTech. Kabar ini memunculkan keraguan pada sebagian kalangan soal keamanan vaksin COVID-19 bagi lansia.
Beberapa negara menempatkan lansia sebagai prioritas vaksinasi, sedangkan Indonesia baru akan memvaksinasi kelompok tersebut setelah tenaga kesehatan dan petugas layanan publik. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperkirakan, lansia baru akan mendapat vaksin COVID-19 sekitar Maret-April 2021.

Vaksin Comirnaty yang dikembangkan Pfizer-BiNTech sebenarnya sudah melalui uji klinis yang melibatkan kelompok lansia, dan hasilnya relatif aman. Sedangkan beberapa vaksin lain, seperti CoronaVac buatan Sinovac yang saat ini tersedia di Indonesia, sedang dalam tahap uji klinis pada lansia.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito mengatakan tengah menunggu hasil uji klinis pada lansia untuk bisa memberikan izin penggunaan. Jika hasilnya meyakinkan, maka izin akan segera diberikan.

"Tentunya kita menunggu, mudah-mudahan hasil dari uji klinis fase 1 dan 2 pun juga bisa kita ekstrapolasi, sehingga bisa memberikan keyakinan untuk memberikan izin penggunaannya untuk lansia. Apalagi produknya sudah ada di sini kan di Bio Farma," kata Penny dalam diskusi dengan Ikatan Alumni ITB, Sabtu (16/1/2021).

Jadi apa yang sebenarnya terjadi pada 29 lansia di Norwegia? Investigasi soal temuan tersebut tengah berlangsung, namun beberapa fakta yang perlu diketahui saat ini terangkum sebagai berikut.

1. Terjadi pada lansia 'frail'

Dari 29 kasus kematian yang dilaporkan, investigasi telah dilakukan pada 13 kasus. Sejauh ini disimpulkan beberapa adverse reaction (demam, muntah, dan diare) dari vaksin mRNA, platform yang digunakan vaksin buatan Pfizer, mungkin memicu dampak fatal pada beberapa pasien lansia dengan kondisi lemah dan rentan.

Dikutip dari legemiddelverket.no, Norwegian Medicines Agency (NOMA) menyebut uji klinis skala besar yang dilakukan Pfizer/BioNTech tidak melibatkan pasien dengan kondisi tidak stabil dan dengan penyakit akut. Norwegia saat ini memvaksinasi lansia dan orang-orang di panti jompo, termasuk yang memiliki penyakit serius.

"Karenanya bisa diperkirakan bahwa kematian di sekitar waktu vaksinasi mungkin terjadi. Di Norwegia, dalam sepekan terjadi rata-rata 400 kematian di panti jompo dan fasilitas pelayanan jangka panjang," tulis NOMA dalam artikel yang dipublikasikan Jumat (15/2/2021).


2. Kewaspadaan ekstra pada lansia dengan penyakit penyerta

Direktur medis NOMA, Steinar Madsen, kepada BMJ mengatakan adverse reactions pada vaksin mRNA tidak berbahaya pada pasien lebih muda dan bugar. Pihaknya menyebut, dampak fatal adalah kondisi yang langka dan terjadi pada pasien yang 'very frail' dengan penyakit sangat serius.

"Kami sekarang meminta dokter melanjutkan vaksinasi tetapi dengan evaluasi ekstra pada orang yang sangat sakit dengan kondisi penyerta yang mungkin kabuh karenanya," katanya.

Evaluasi ekstra mencakup pembahasan rasio 'risk and benefit' dengan pasien maupun keluarganya, untuk memutuskan perlu tidaknya pasien mendapat vaksin.

Beberapa penerima vaksin COVID-19 pertama di dunia adalah lansia. Presiden terpilih AS Joe Biden dan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan termasuk di antaranya. Simak selengkapnya di halaman berikut.

3. Vaksinasi pada lansia

Di banyak negara, lansia termasuk prioritas vaksinasi karena dianggap sebagai kelompok paling rentan terhadap komplikasi COVID-19. Di Inggris, lansia berusia 90 tahun, Margaret Keenan, menjadi pasien pertama yang mendapat vaksin COVID-19. Ia mendapatkan vaksin buatan Pfizer-BioNTech.

Di Amerika Serikat, presiden terpilih Joe Biden juga telah mendapat dosis pertama vaksin COVID-19. Ia juga menggunakan vaksin buatan Pfizer-BioNTech, yang uji klinisnya memang sudah melibatkan lansia

Vaksin dengan platform inactivated virus seperti CoronaVac buatan Sinovac juga sudah dipakai untuk lansia, antara lain di China dan Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang usianya sudah 66 tahun adalah salah satu penerima vaksin CoronaVac.

4 Indonesia belum prioritaskan lansia

Berbeda dengan banyak negara lainnya yang memprioritaskan lansia, Indonesia memilih petugas layanan publik untuk mendapat vaksin terlebih dahulu setelah tenaga kesehatan. Opsi ini dipilih karena vaksin yang tersedia saat ini adalah CoronaVac buatan Sinovac, yang uji klinisnya pada lansia masih berjalan. Vaksinasi untuk lansia akan diberikan ketika sudah ada pilihan vaksin lain yang sudah terbukti aman bagi lansia.

"Kita akan mulai dengan petugas publik dan lansia itu sekitar Maret-April. Kalau selesai diharapkan akhir April atau awal Mei kita bisa melakuan untuk seluruh masyarakat," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (12/1/2021).


(up/up)

https://health.detik.com/berita-deti...aksin-pfizer/1



mendingan di suntik vaksin pfizer dari pada di suntik vaksin chinak abal2 rongsokan dengan keampuhan gak jelas dan dinegaranya sendiri pun blm dikasih izin edar emoticon-Leh Uga












https://news.okezone.com/read/2021/0...tizen-di-china



pfizer ogah dituntut kalo ada apa2 sama penerima vaksin, terus emang sinovac mau dituntut atau tanggung jawab?? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
unsoo dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sniper2777
yang nyinyir vaksin
solusi ente buat wabah ini apa?
nyinyir doang anak TK mah bisa
semua vaksin covid dibuat secara tergesa-gesa
uji klinis vaksin yang benar harus beberapa tahun
virus corona juga jenis virus yang bisa bermutasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
inittial_D dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
smogai
aktivis kaskus


Lha ga baca WHO dr dulu ?
Udah d suruh olahraga + jemuran biar immune kuat
Malah nyacad "solusi dr ente apa" emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile picture
bellx
kaskus maniac
imun kuat doang ga cukup tong
buktinya emang wabah sekarang sudah selesai?
profile picture
TS sniper2777
kaskus maniac
@bellx




Terus lo mau bilang vaksin chinak yg gak jelas keampuhannya jadi solusi emoticon-Ngakak
profile picture
bellx
kaskus maniac

vaksin dibikin secara darurat emang efeknya masih dipertanyakan
yang gw tanya solusi dari elu yang suka nyinyir apa?
kalau nyinyir doang anak TK juga bisa
profile picture
TS sniper2777
kaskus maniac
@bellx


lah gw gak anti vaksin koq,, gw cuma anti vaksin chinak abal2 emoticon-Ngakak



Utk saat ini kan jelas solusinya adalah herd immunity yg mana salah satu jalannya lewat vaksin emoticon-Big Grin


Tapi klo pake vaksin abal2 ya mana mungkin tercipta herd immunity emoticon-Ngakak
profile picture
bellx
kaskus maniac
vaksin yang ada sekarang uji klinisnya masih kurang
ya udah ente suntik pfizer aja
tar kan juga impor pfizer
profile picture
TS sniper2777
kaskus maniac
@bellx

lo suntik vaksin sinovac yak,, ntar klo gak ampuh pake vaksin sinovac suntik lg vaksin pfizer emoticon-Gila emoticon-Ngakak
profile picture
bellx
kaskus maniac
gw ga ikut jatah vaksin tong
gw dah pernah positif
dasar tolol
profile picture
TS sniper2777
kaskus maniac
@bellx


gak mati lo kena covid tong?? emoticon-Leh Uga


udah pernah positif atau pura2 positif takut di suntik vaksin lo tong? emoticon-Ngakak
profile picture
bellx
kaskus maniac
setidaknya ga kayak elu
parasit bangsa
bikin rusuh doang ga ada solusi

alhamdulillah didoain jelek
semoga memperkuat iman gw
profile picture
smogai
aktivis kaskus
@bellx emang elu udah ngapain aja ? emoticon-Ngakak
Udah olahraga ? Makan sehat ?


Paling jg cuma rebahan nonton netflix sambil bacotan d medsos + makan McD
profile picture
smogai
aktivis kaskus
@sniper2777 ga skalian triple aja vaksinnya biar mantap skalian emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Keampuhannya 123% tar emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile picture
bellx
kaskus maniac
isolasi mandiri
gw ga suka mcd mending nasi padang
profile picture
smogai
aktivis kaskus
@bellx jancok itu lebih parah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
McD minyak gorengnya cuma 5x abis itu d buang dr standard nya



Klo nasi padang elu makan tu kuah 1-2 ciduk setara neguk minyak emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Manalagi kalo martabak padang.udah telor goreng (kolesterol) + minyak + kuah gulai
Mampus lu 5 taun lagi penyumbatan koroner emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile picture
bellx
kaskus maniac
trus makan apa tong?
masa makan sayur doang? emoticon-Ngakak
profile picture
smogai
aktivis kaskus
@bellx ya masak d rumah lah emoticon-Ngakak
Tumis noh pake canola oil / light olive masih sehat emoticon-Ngakak
profile picture
bellx
kaskus maniac
ga bisa masak
terpaksa jajan
alhamdulillah gejala ringan doang jadi masih aman lah
profile picture
smogai
aktivis kaskus
@bellx ooh kalo gejala ringan mah minum vit C 1000 Mg + penguat immune aja (imboost gt)
Rata2 yg kena minum itu aman kok
Beberpaa yg gw kenal ada yg kena.minum2an penguat immune skitar 20 hari negatif (klo sembuh 4-5 hari ud sembuh)





Asal vit C 1000 Mg jgn d minum tiap hari wkt sehat (pas sakit aja)
Batu ginjal itu tar emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile picture
bellx
kaskus maniac
gw minum vitamin sesuai dosis
kebanyakan nanti sakit emoticon-Ngakak
profile picture
smogai
aktivis kaskus
@bellx klo immune mah vit C ma vit D
Itu daily food ud lebih dr cukup


Cuma 100 mg klo vit C mah
Lebih dr itu bakalan lari ke ginjal
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 22 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di