CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Fakta-fakta Kematian 29 Lansia di Norwegia Usai Suntik Vaksin Pfizer
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6004da9410d295647b2410ca/fakta-fakta-kematian-29-lansia-di-norwegia-usai-suntik-vaksin-pfizer

Fakta-fakta Kematian 29 Lansia di Norwegia Usai Suntik Vaksin Pfizer

Jakarta - Sebanyak 29 lansia di Norwegia meninggal setelah mendapat suntikan vaksin COVID-19 buatan Pfizer dan BioNTech. Kabar ini memunculkan keraguan pada sebagian kalangan soal keamanan vaksin COVID-19 bagi lansia.
Beberapa negara menempatkan lansia sebagai prioritas vaksinasi, sedangkan Indonesia baru akan memvaksinasi kelompok tersebut setelah tenaga kesehatan dan petugas layanan publik. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memperkirakan, lansia baru akan mendapat vaksin COVID-19 sekitar Maret-April 2021.

Vaksin Comirnaty yang dikembangkan Pfizer-BiNTech sebenarnya sudah melalui uji klinis yang melibatkan kelompok lansia, dan hasilnya relatif aman. Sedangkan beberapa vaksin lain, seperti CoronaVac buatan Sinovac yang saat ini tersedia di Indonesia, sedang dalam tahap uji klinis pada lansia.

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito mengatakan tengah menunggu hasil uji klinis pada lansia untuk bisa memberikan izin penggunaan. Jika hasilnya meyakinkan, maka izin akan segera diberikan.

"Tentunya kita menunggu, mudah-mudahan hasil dari uji klinis fase 1 dan 2 pun juga bisa kita ekstrapolasi, sehingga bisa memberikan keyakinan untuk memberikan izin penggunaannya untuk lansia. Apalagi produknya sudah ada di sini kan di Bio Farma," kata Penny dalam diskusi dengan Ikatan Alumni ITB, Sabtu (16/1/2021).

Jadi apa yang sebenarnya terjadi pada 29 lansia di Norwegia? Investigasi soal temuan tersebut tengah berlangsung, namun beberapa fakta yang perlu diketahui saat ini terangkum sebagai berikut.

1. Terjadi pada lansia 'frail'

Dari 29 kasus kematian yang dilaporkan, investigasi telah dilakukan pada 13 kasus. Sejauh ini disimpulkan beberapa adverse reaction (demam, muntah, dan diare) dari vaksin mRNA, platform yang digunakan vaksin buatan Pfizer, mungkin memicu dampak fatal pada beberapa pasien lansia dengan kondisi lemah dan rentan.

Dikutip dari legemiddelverket.no, Norwegian Medicines Agency (NOMA) menyebut uji klinis skala besar yang dilakukan Pfizer/BioNTech tidak melibatkan pasien dengan kondisi tidak stabil dan dengan penyakit akut. Norwegia saat ini memvaksinasi lansia dan orang-orang di panti jompo, termasuk yang memiliki penyakit serius.

"Karenanya bisa diperkirakan bahwa kematian di sekitar waktu vaksinasi mungkin terjadi. Di Norwegia, dalam sepekan terjadi rata-rata 400 kematian di panti jompo dan fasilitas pelayanan jangka panjang," tulis NOMA dalam artikel yang dipublikasikan Jumat (15/2/2021).


2. Kewaspadaan ekstra pada lansia dengan penyakit penyerta

Direktur medis NOMA, Steinar Madsen, kepada BMJ mengatakan adverse reactions pada vaksin mRNA tidak berbahaya pada pasien lebih muda dan bugar. Pihaknya menyebut, dampak fatal adalah kondisi yang langka dan terjadi pada pasien yang 'very frail' dengan penyakit sangat serius.

"Kami sekarang meminta dokter melanjutkan vaksinasi tetapi dengan evaluasi ekstra pada orang yang sangat sakit dengan kondisi penyerta yang mungkin kabuh karenanya," katanya.

Evaluasi ekstra mencakup pembahasan rasio 'risk and benefit' dengan pasien maupun keluarganya, untuk memutuskan perlu tidaknya pasien mendapat vaksin.

Beberapa penerima vaksin COVID-19 pertama di dunia adalah lansia. Presiden terpilih AS Joe Biden dan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan termasuk di antaranya. Simak selengkapnya di halaman berikut.

3. Vaksinasi pada lansia

Di banyak negara, lansia termasuk prioritas vaksinasi karena dianggap sebagai kelompok paling rentan terhadap komplikasi COVID-19. Di Inggris, lansia berusia 90 tahun, Margaret Keenan, menjadi pasien pertama yang mendapat vaksin COVID-19. Ia mendapatkan vaksin buatan Pfizer-BioNTech.

Di Amerika Serikat, presiden terpilih Joe Biden juga telah mendapat dosis pertama vaksin COVID-19. Ia juga menggunakan vaksin buatan Pfizer-BioNTech, yang uji klinisnya memang sudah melibatkan lansia

Vaksin dengan platform inactivated virus seperti CoronaVac buatan Sinovac juga sudah dipakai untuk lansia, antara lain di China dan Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang usianya sudah 66 tahun adalah salah satu penerima vaksin CoronaVac.

4 Indonesia belum prioritaskan lansia

Berbeda dengan banyak negara lainnya yang memprioritaskan lansia, Indonesia memilih petugas layanan publik untuk mendapat vaksin terlebih dahulu setelah tenaga kesehatan. Opsi ini dipilih karena vaksin yang tersedia saat ini adalah CoronaVac buatan Sinovac, yang uji klinisnya pada lansia masih berjalan. Vaksinasi untuk lansia akan diberikan ketika sudah ada pilihan vaksin lain yang sudah terbukti aman bagi lansia.

"Kita akan mulai dengan petugas publik dan lansia itu sekitar Maret-April. Kalau selesai diharapkan akhir April atau awal Mei kita bisa melakuan untuk seluruh masyarakat," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (12/1/2021).


(up/up)

https://health.detik.com/berita-deti...aksin-pfizer/1



mendingan di suntik vaksin pfizer dari pada di suntik vaksin chinak abal2 rongsokan dengan keampuhan gak jelas dan dinegaranya sendiri pun blm dikasih izin edar emoticon-Leh Uga












https://news.okezone.com/read/2021/0...tizen-di-china



pfizer ogah dituntut kalo ada apa2 sama penerima vaksin, terus emang sinovac mau dituntut atau tanggung jawab?? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
unsoo dan 19 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sniper2777
Sudah siap freezer ultra cold untuk storage vaccine pfizer..?

Kalau di Jakarta doank sih saya yakin.

Kalau di kota kecil macam Cilacap, Tasikmalaya..?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
rawonkuahcampur dan 3 lainnya memberi reputasi
profile picture
sandal.unyu
aktivis kaskus
TS nya ga mikir sampe sini
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@sandal.unyu

Sebetulnya Sinovac udah mikir, ga semua negara itu punya facility ultra cold freezer, makanya dibuat yang simple, bisa disimpan di kulkas biasa.

Tapi ya impact nya efikasi jadi rendah. Ada trade off di sini.
profile picture
smogai
aktivis kaskus
@jaguarxj220 @sandal.unyu ga masalah jkt donank
Toh tuh vaksin mahal.yg pake jg org ber duit



Yg pny duit mah jgn kan jkt.ke SG aja jg pasti d belain
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@sandal.unyu @smogai

Sebetulnya harga pokok dari vaksin pfizer ga gitu mahal kok, hanya 12 Euro per dosis (kira2 200ribuan per dosis).

Yang bikin mahal, biaya logistik, dan penyimpanannya.

Makanya yang saya tekankan di sini adalah masalah logistiknya yang luar biasa sulit bagi Indonesia.

Kalau punya duit dan ngotot pakai Pfizer, memang sebaiknya ke SG. Storage nya lebih terjamin
profile picture
smogai
aktivis kaskus
@jaguarxj220 @sandal.unyu mreka pasti bakal bela2in jg
Toh sinovac ga bisa untuk umur 60+ dan penyakit jantung
Sedangkan yg kaya2 mah rata2 pny koroner
profile picture
peyotpetot
kaskus freak
Pfizer sudah membuat kemasan penyimpanan vaksin yang bisa dipake selama beberapa minggu di luar freezer.



jadi bukan masalah kalo freezer cuma ada di Jakarta, untuk pengiriman ke daerah tinggal dimasukkan ke dalam kotak kemasan pendingin
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@peyotpetot

Terima kasih atas additional informasinya.

Memang mobile storage seperti itu ada. Tetapi tidak bisa beberapa minggu di luar freezer. disarankan hanya 5 hari, kalau diisi Dry Ice terus2an, bisa 30 hari.

Dry ice juga tidak tersedia di perdesaan bukan ?

dan ada satu catatan lagi. setelah temperatur naik di atas -60 celcius, vaksin tidak bisa di-freeze ulang. Harus disuntikkan/di-inject ke manusia, atau vaksinnya rusak.
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@peyotpetot

ini official requirement dari website pfizer:

they have three options for storage:
- Ultra-low-temperature freezers, which are commercially available and can extend shelf life for up to six months.
- The Pfizer thermal shippers, in which doses will arrive, that can be used as temporary storage units by refilling with dry ice every five days for up to 30 days of storage.
- Refrigeration units that are commonly available in hospitals. The vaccine can be stored for five days at refrigerated 2-8°C conditions.

Once thawed and stored under 2-8°C conditions, the vials cannot be re-frozen or stored under frozen conditions.
profile picture
peyotpetot
kaskus freak
@jaguarxj220 Kayaknya sih, mengirim vaksin ke pedesaan Indonesia ga butuh sampe lima hari.

Beda kalo ngirimnya ke tengah hutan atau ke pucuk gunung emoticon-Entahlah
tapi kalo orang tinggalnya di sana, ga bakalan butuh vaksin covid .. ga ada yang menulari emoticon-Hammer2
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@peyotpetot

butuh gan, ga semua daerah di Indonesia punya airport.

kalau lingkup Jawa-Bali, 5 hari mungkin bisa. Tapi perlu kedisiplinan warga. Begitu vaksin datang, semua harus ready disuntik.

Kalau ada yang lagi sakit batuk, kurang enak badan (bukan karena covid). Vaksinasi harus ditunda, and vaksin yang sudah tiba, kemungkinan ya harus dibuang.

Kalau ambil kasus outbreak polio 2005, ada TKI yang pulang dari Arab membawa penyakit polio dan menyebabkan wabah lokal di sana.

Jika tidak semua ter-vaksin, akan menyimpan bom waktu. Suatu hari nanti ada kemungkinan turis atau TKI pulang yang bisa membawa virus tsb, menulari warga lokal.

Dan boom, COVID muncul lagi di Indonesia, PSBB lagi.
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@peyotpetot

Btw, update informasi terbaru, Pemerintah Indonesia hanya akan menyediakan vaksin Pfizer di Airport saja.
Karena di Airport tersedia suplai listrik yang memadai dan distribusinya lebih mudah.

Jadi kalau ada yang mau Pfizer, tunggu sampai April 2021 (Biofarma sedang menyediakan ultra cold storage di Airport, trus setifikat halal sedang ongoing).

Kalau tinggal jauh dari Airport, ya terima saja adanya Sinovac, atau atas biaya sendiri, pergi ke Airport terdekat.
profile picture
peyotpetot
kaskus freak
@jaguarxj220 memang resikonya seperti itu sih .. sudah dipanggil gak datang emoticon-Cape d... (S)
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
mknya WHO juga siap2 nyedian vaksin buat poor country
bayangan ane seh, g perlu media ribet macem2 kyk pfizer
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@dwiatmaja

Kalau mau yang lebih simple daripada Pfizer, mungkin bisa nunggu vaksin Moderna. Metode pembuatannya mirip Pfizer, tapi entah kenapa ga perlu ultra cold freezer kayak Pfizer.

Atau tunggu AstraZeneca-Oxford. Tapi ini pakai Vektor virus Simpanse. Entah dapat sertifikat Halal apa kaga ya.
profile picture
dwiatmaja
kaskus geek
@jaguarxj220 astrazeneca infonya mau dibuat di india, pengalaman vaksin MR buatan india kemarin gak dapat stempel halal tp ttp di izinin MUI dulu, karena darurat
skrg udah ada sinovac yang jelas2 halal, gak bakal MUI ngasih status darurat ke vaksin2 lain, jadi harus benar2 halal

kecuali entah pfizer, moderna dll mau pabriknya di datengin MUI kyk sinovac kemarin, dan bahan2nya disampaikan ke MUI, baru bisa dapat stempel kemungkinan
profile picture
peyotpetot
kaskus freak
@jaguarxj220
sepertinya yang membedakan adalah media pengiriman mRNA yang menggunakan nanopartikel lemak
kemungkinan lemak yang digunakan oleh Moderna lebih stabil daripada lemak yang digunakan oleh Pfizer
profile picture
TS sniper2777
kaskus maniac



lo ngapain mikirin freezer? emoticon-Ngakak


udah kewajiban negara memberikan yg terbaik utk rakyatnya,, klo pemerintah jokoplongo gak bisa mikir soal freezer mending lengser aje emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@sniper2777

emang itu mau ditaruh dimana vaksinnya ?

Ditaruh di kulkas bukannya jadi vaksin, malah jadi racun.

Pemerintah memberikan yang sesuai keadaan, bukan asal kayak maunya lu.

Udah minta gratis, banyak maunya.

Ibarat udah minta seragam sekolah gratis, mintanya terbaik, minta Hugo Boss. Lu gila..?
profile picture
TS sniper2777
kaskus maniac
@jaguarxj220


Ini contoh orang yg salah kaprah bilang gratis2, gak ada yg gratis semua di beli pake uang negara, wajar rakyatnya minta yg terbaik, lagian klo vaksin yg di sediakan abal2 cuma buat cari pencitraan si plongo doang maka tujuan utk membentuk herd immunity mana mungkin tercapai emoticon-Stick Out Tongue
profile picture
jaguarxj220
kaskus holic
@sniper2777

Ini contoh orang yang salah kaprah, dianggap uang negara unlimited.
Lebih banyak yang ga bayar pajak daripada yang bayar.
Banyak mulut doank, duit pada cekak.

Emangnya menyediakan freezer dan alat pendukungnya murah ?

Infrastruktur listrik, jalur distribusi siap ?

Tiap mau bangun infrastruktur didemo terus (kami tidak makan infrastruktur)..

Kalau maksain pake pfizer, bukan herd immunity juga yang ada, malah pembunuhan massal.

Sinovac bukan yang paling bagus, tapi yang bisa dikasih itu doank. Kondisi Indonesia ga memungkinkan.

Btw, vaksin flu malah cuma sekitar 40% effectiveness nya. Tetep dijual tuh di USA..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 24 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di