CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komnas HAM Sebut 6 Pengawal FPI Nikmati Bentrok di Tol Cikampek
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6003e6b2b8408879a9163232/komnas-ham-sebut-6-pengawal-fpi-nikmati-bentrok-di-tol-cikampek

Komnas HAM Sebut 6 Pengawal FPI Nikmati Bentrok di Tol Cikampek



KETUA Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik membeberkan data soal enam pengawal Rizieq Shihab yang bentrok dengan polisi di Tol Jakarta-Cikampek menikmati kejadian tersebut. Ini diketahui dari rekaman percakapan eks anggota Front Pembela Islam (FPI) itu.

"Sebelum ada tembakan, ada suara yang kelihatan menikmati pergulatan itu, ketawa-ketawa dari voice note. Mereka tertawa-tawa bahwa mereka sudah bisa mengakali (polisi),"
kata Ahmad Taufan Damanik dalam diskusi crosscheck from home medcom.id, Minggu (17/1).

Taufan mengatakan polisi yang melakukan pengintaian terhadap rombongan Rizieq sejatinya telah tertinggal jauh. Namun, dua mobil milik pengawal Rizieq sengaja menunggu polisi untuk melakukan provokasi.

"Ini yang di belakang tercecer (dua mobil pengawal Rizieq) kemudian saling senggol-senggolan (dengan mobil polisi). Voice note mengatakan bahasa-bahasa bahwa mereka (eks FPI) memang mau melakukan bertahan dan melawan," ungkap Taufan.

Taufan menuturkan sempat terjadi kontak tembak antara polisi dengan eks anggota FPI. Dari rekaman percakapan eks anggota FPI, diketahui ada anggota yang menangis karena terkena tembakan.

"Setelah ada tembakan, ada yang menangis karena terkena tembakan. Kemudian ada yang mengatakan serang balik," ujar dia.

Dua eks anggota FPI meninggal akibat kontak tembak tersebut. Komnas HAM menilai insiden tembak menembak tersebut tidak bisa dikatakan sebagai pelanggaran HAM.

**"Karena tembak menembak terjadi, polisi tentu punya diskresi untuk melakukan tindakan seperti itu karena ada pihak lain yang melakukan provokasi dan tembakan," ungkap Taufan.

Rekonstruksi mengungkap baku tembak antara laskar FPI dan polisi bermula dari gesekan di depan Hotel Novotel, Jalan Interchange, Karawang, Jawa Barat. Kendaraan polisi sempat dipepet mobil Toyota Avanza milik anggota FPI hingga ke pinggir jalan.

Toyota Avanza itu langsung kabur setelah memepet mobil petugas. Kemudian, mobil Chevrolet Spin berisi enam anggota FPI dari arah belakang berhenti di depan kendaraan polisi.

Empat anggota FPI keluar dari mobil. Mereka menenteng senjata tajam lalu memukul mobil polisi. Polisi lalu keluar dari mobil dan melepaskan tembakan peringatan.

Tembakan ini membuat empat anggota FPI kembali ke dalam mobil. Dua orang yang berada di dalam mobil Chevrolet Spin melepaskan tiga tembakan ke arah mobil polisi saat melaju ke Jembatan Badami menuju Gerbang Tol Karawang Barat arah Cikampek.

Baku tembak dan kejar-kejaran sempat terjadi di Jembatan Badami. Mobil Chevrolet Spin anggota FPI kemudian masuk Tol Jakarta-Cikampek menuju Rest Area KM 50.

Mobil milik anggota FPI itu diadang saat keluar Rest Area KM 50. Sebanyak empat polisi mengempung mobil Chevrolet Spin tersebut. Empat anggota FPI ditangkap.

Saat polisi memeriksa mobil, dua anggota FPI sudah tewas. Kedua anggota FPI itu diduga terluka saat insiden baku tembak di Jembatan Badami, Karawang, Jawa Barat.

Sebanyak empat anggota FPI yang ditangkap tidak diborgol saat dibawa mobil polisi. Tiga anggota FPI duduk di kursi paling belakang dan satu anggota duduk di sebelah polisi di bagian tengah mobil.

Saat mobil polisi melaju tak jauh dari Rest Area, tepatnya KM 51 Tol Jakarta-Cikampek, keempat anggota FPI itu mencoba merebut senjata api milik polisi. Aksi itu direspons dengan tembakan.(OL-5)**

https://m.mediaindonesia.com/megapol...i-tol-cikampek

emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 41 lainnya memberi reputasi
jadi polisi sempat manggil bantuan kan, karena pernyataannya 4 mobil polisi mengepung 1 mobil chevrolet spin.

dan tetap 4 pelaku tersisa gak diborgol.

dan anehnya mobil polisi ada 4, tapi 4 pelaku tersisa tetap dimasukkan ke satu mobil tanpa diborgol dengan polisi di mobil cuma ada 3.

tetap ada yang aneh rasanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 23 lainnya memberi reputasi
profile picture
Betutubali
kaskus maniac


Aneh menurut enter, yg lain ga ada yg anggap aneh. Normal aja, polisi melawan gerombolan kriminal mengatas namakan agama.

Dan gerombolan itu mati karena menyerang polisi
profile picture
aganaganaga
kaskus maniac
@Betutubali

orang mati itu yang harus diusut kenapa.

yang jelas 4 orang yang mati itu gak ada saksi apa2 lagi yang menguatkan

cuma keterangan sepihak polisi.

profile picture
lucid
kaskus maniac
@aganaganaga fpi kan gak ada saksi juga, jadi percaya yg mana? aparat atau keparat? emoticon-Smilie
profile picture
empat polisi gan bukan 4 mobil polisi. coba dibaca ulang
profile picture
Betutubali
kaskus maniac
@aganaganaga kan sudah dijelaskan, sudah terang benderang. Sudah sampai open kimono di kasih penerangan juga masih ga ngerti??

Terus mau diusut seperti apa? Punya bukti ga? Bukti real, bukan bacot ga jelas.

Kl ada tinggal di beber aja ke publik kl ga ditanggapi sama penegak hukum
profile picture
pongko
kaskus addict
@Betutubali @aganaganaga mereka itu disuruh untuk berani mati supaya bisa syahid, dan dari tindakan mereka memang cari mati .. serempet dengan sengaja mobil polisi, kemudian gebrak mobil polisi dengan senjata tajam, lalu menembak mobil polisi 3 kali dan menunggu mobil polisi untuk melakukan perlawanan. skenarionya memang sengaja menyerahkan diri untuk kemudian melawan di mobil karena menang jumlah.
profile picture
hung guan
kaskus addict
Aneh apanya intinya u ga melawan polisi gamungkin aneh2. Mau tau ga knp tuh begundal brani melawan soalnya bawa beceng udh merasa koboi jalanan
profile picture
tottorotooot
kaskus maniac
Bias ente mah, cari info yg cuman menguatkan pendapat ente, info yg berseberangan sama pendapat ente gede2 didepan mata, ente malah buta, entah karena ente ada maksud, punya agendan tersembunyi, atau ketidakmampuan dalam mencari dan mengolah info secara konfrehensif, baca 4 polisi sampe jadi 4 mobil, untung aja ga jadi 4 tukang cendol wkwkwk
profile picture
moksapati
aktivis kaskus
Pernah ikut operasi penggrebekan gan? Ada bedanya antara pengintaian & penangkapan/penggrebekan. Klo intai, polisi biasanya gak.bawa borgol beda sama penangkapan. Soal senjata udah protap polisi dilapangan, yg tugas intai atau tangkap. Jelas?

Kasus diatas polisi misinya cuma intai, jd wajar gak bawa borgol.
profile picture
bersinarcoin
kaskus holic
iya2 memang aneh..dasar polisi!

daripada kita adu BACOT di sosmed sama para cebong buzzer ini, mending cobain rekonstruksi ulang dgn bapak polisi aja bro..biar dapat sensasi adrenalinnya membela sang raja singa cucu nabi

kan temen2 anggota laskar banyak bray, daripada sibuk nganggur, mending sibuk rekonstruksi ulang kita...mari kita cari kebenaran yg haqiqi..

karena khilafah adalah harga mati!!!
profile picture
daddydaddydoo
kaskus addict
Ente pura pura ogeb nih.
4 polisi bukan 4 mobil.
emoticon-Malu
profile picture
linglung.13
kaskus holic
aku mung iso guyu karo pola pikirmu om...emoticon-Traveller
profile picture
Udh bener, bunuh.polisi punya kewenangan bawa senjata, punya kewenangan menembak.apalagi sedang bertugas.ini orang2 idiot sok2an jadi bang jago.salahnya polisi, knp cm ada 18 luka tembak?!?knp gak diberondong aj??
Itu baru 6 orang, dg 2 senpi dan 4 sajam.masih ada 7 juta umat, dan kita gak tau ada brp senpi ilegal lg????????
profile picture
lucid
kaskus maniac
@moksapati nah.. yg ini paling masuk akal emoticon-thumbsup:
profile picture
blacknblueboys
aktivis kaskus
Itu sebenernya polisinya lg baik gan, tinggal duduk manis dimobil, ga diborogol biar nyaman selama diperjalanan ke kantor polisi. Lah malah nyerang polisi, kan nyari penyakit itu namanya
profile picture
EnzoMan
kaskus maniac
Yang aneh itu ente bung... Ga ada yang aneh malah aneh-aneh
profile picture
lenktaywonk
kaskus addict
yg penting mampus 6 ekor
profile picture
nubipalingnubi
kaskus addict
@blacknblueboys
mungkin maen batu kertas gunting
entah apa yg terjadi dalem mobil
profile picture
Uda ngilang nyang komengnya..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 24 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di