CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Miris! 23 Pasien Covid-19 Ditolak RS, Meninggal di Taksi Daring
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6002da337e3a7228fc42b2fb/miris-23-pasien-covid-19-ditolak-rs-meninggal-di-taksi-daring

Miris! 23 Pasien Covid-19 Ditolak RS, Meninggal di Taksi Daring




Koalisi Warga untuk Lapor Covid-19 mencatat sebanyak 23 laporan kasus pasien konfirmasi positif Covid-19 ditolak di sejumlah rumah sakit lantaran telah terisi penuh.

Akibatnya, tidak sedikit pasien yang meninggal padahal belum mendapat perawatan intensif di ruang isolasi dan ICU.

Pencatatan itu dilakukan selama Desember 2020 hingga awal Januari 2021 secara nasional. Hanya saja, laporan yang masuk didominasi oleh warga di sekitar Jabodetabek.

“Lapor Covid-19 mendapatkan total 23 laporan kasus pasien yang ditolak rumah sakit karena penuh, pasien yang meninggal di perjalanan, serta meninggal di rumah karena ditolak rumah sakit,” kata Dokter emergency sekaligus relawan Lapor Covid-19 Tri Maharani melalui keterangan tertulis pada Sabtu (16/1/2021).

Tri menuturkan, salah seorang keluarga di Depok melaporkan anggota keluarganya meninggal di taksi daring setelah ditolak di 10 rumah sakit rujukan Covid-19 pada 3 Januari 2021 lalu.

“Laporan datang dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” kata dia.

Kondisi rumah sakit rujukan Covid-19 di Ibu Kota semakin mengkhawatirkan di tengah fenomena peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Krisis Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Sulung membenarkan bahwa sebagian RS rujukan Covid-19 di Jakarta sudah penuh.

Dia menuturkan bahwa tingkat keterisian tempat tidur isolasi pada Jumat (15/1/2021) kemarin telah jauh melampaui ambang batas yaitu mencapai 87 persen.

Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur di ruang perawatan intensif atau ICU di RS rujukan Covid-19 di wilayah Ibu Kota juga sudah mencapai 82 persen.

Berdasarkan data Dinkes DKI, dari total 1.026 tempat tidur di ICU, yang terisi sudah mencapai 846 atau 82 persen dari kapasitas. Adapun, untuk tempat tidur isolasi dari total 7.780, yang terisi mencapai 6.773 atau mencapai 87 persen.

"Sebagian [RS] memang telah penuh, dari data itu bisa juga diartikan dari 100 rumah sakit yang ada berarti 88 rumah sakit sudah penuh," kata Sulung saat dihubungi, Sabtu (16/1/2021).

https://kabar24.bisnis.com/read/2021...i-taksi-daring


Ngeri betul coy emoticon-Takut


profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
Itu pasien sakit covid atau lainnya?. Kalau pasien kovit berarti sebelumnya udah tau kalau uji swabnya positif. Kalau pun karantina mandiri di rumah apa tidak dipantau pihak puskesmas atau Dinkes?

Terus bagaimana dengan nasib taksi online nya, apa mobilnya udah disterilkan setelah bawa pasien kovit. Apa dia tahu yg dibawanya pasien kovit?
Takutnya sih setelah dia bawa pasien kovit, giliran dia atau keluarga nya yang dirawat gara2 kovit.

Ngemeng2 itu Jakarta apa nggak kepingin bikin rumah sakit darurat, padahal duitnya banyak lho. Pakai stadion kek atau ruang2 pameran kan bisa disulap jadi rumah sakit darurat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
steven.thereds dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
lucid
kaskus maniac
rumah sakit darurat buat tanganin gejala ringan gampang buatnya macam wisma atlet, tapi kalo icu.. ribet, alat bisa beli kalo ada duit, tenaga? butuh waktu lama buat cetak KIC atau minimal SpAn.. lom tenaga perawat icu yg terlatih ya...


kalo tenaga perawat biasa asal taruh disitu... ihhh kacaw dah emoticon-Big Grin
profile picture
kacangbutol
kaskus addict
udah kering bosku ,
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@lucid ye kan yg rs darurat cuma yg ringan- sedang. Pasien covid ringan-sedang di RS rujukan bisa dipindahkan ke RS darurat termasuk dokter dan perawat yg biasanya nanganin pasien ringan-sedan. Agar rumah sakit rujukan bisa fokus yg berat aja.
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@kacangbutol hah kering? Duitnya buat apaan?
Nyatanya ngecet genteng rumah warga aja ada duitnya kok.
profile picture
lucid
kaskus maniac
@larapeequer kalo di jkt kan emang selama ini ya begitu, yg berat ke rs rujukan... cuma ya tetep aja penuh, makanya ada kasus mati di ojol


apa mau semua ruangan rumah sakit rujukan dijadiin icu? ya terserah sih kalo mampu dana dan ada tenaga nya emoticon-Smilie
profile picture
ripper23tw
aktivis kaskus
@kacangbutol @larapeequer

Hmm gara2 formula eek kah?

profile picture
lucid
kaskus maniac
@kacangbutol @larapeequer @ripper23tw formula eek udah jadi kentut, gak berbekasemoticon-Smilie
profile picture
mewtwo68d
kaskus addict
@lucid
Tp udah cair kan dananya??
Dana keluar, barang gk ada, kok diam2 aja semua?
profile picture
lucid
kaskus maniac
@mewtwo68d komitmen fee nya udah dibayar kalo gak salah

psi bukannya ribut ya kemaren minta tuh dana dialihkan ke post yg lebih bermanfaat aja emoticon-Smilie
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@lucid kan provinsi terkaya, mosok nggak punya duit. Apa2 dah dibantu pemerintah pusat kok kayak RS wisma atlet yg kapasitas nya luar binasa, bandingin ma daerah 2 yg pontang panting manage RS biar nggak penuh, bikin tempat karantina bahkan ada yg bikin RS darurat sendiri. Harusnya duitnya masih banyak, kan nggak ngluarin apa2.
profile picture
lucid
kaskus maniac
@larapeequer duit dah habis bray... kemaren kan dki dan jabar udah minjem duit ke menkeuemoticon-Smilie
profile picture
l..l,
kaskus addict
Udah ada tuh di pulau Galang emoticon-Wakaka
Waktu awal bangun gue pernah ngomong di kaskus, apa gak salah bikinnya di pulau Galang? kenapa gak dibangun dekat pusat pandemi?
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
[mention]l..l,[/mention] itu bikinan pemerintah pusat. pulau Galang dipakai untuk area Sumatera Gan. Jakarta dah dapet wisma atlet itu kapasitas nya luar binasa. Berapa tower sendiri tuh. Pemerintah pusat dah ngasih buaaanyyyaaaak banget buat Jakarta. Lha Pemprov Jakarta nya malah belum keliatan ngasih apa2 buat rakyatnya dalam pandemi ini
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@lucid minjem duit tapi buat merealisasikan janji2 kampanye, bukan buat ngatasin kovit.
emoticon-Leh Uga
profile picture
wanbillion
kaskus holic
Buat rumah sakit harus ada dokter + perawat dll nah itu kayanya kekurangan gan jadi percuma jg di buat rumah sakit bru tapi gak ada SDM nya.
profile picture
prayformysky
kaskus maniac
Kayak nggak tahu aje gan 'prestasi' doi buang2 duit di jakarta 😶
profile picture
Andirujak
aktivis kaskus
@lucid @larapeequer rs darurat nya bikin mudah. Alkes nya itu ventilator kagak mudah dapatnya. Nakes?? Cetak nakes kagak bisa hitungan bulan, kagak ada perawat atau dokter 1 bulan lulus cum laude. Ini aja relawan dibutuhin terus, jumlahnya dikit
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@lucid @Andirujak ya udah kalo gitu pasien yg nggak bisa masuk ke rumah sakit biarin mati aja yee nggak?

RS darurat itu untuk yg ringan. Jadi ntar pasien2 yg gejalanya ringan atau dah mo sembuh tinggal nunggu tes swab negatif dipindahkan ke RS darurat beserta dokter dan perawat yang nanganin pasien gejala ringan. RS rujukan biar fokus untuk yg berat2 saja.
profile picture
Andirujak
aktivis kaskus
@lucid @larapeequer tetap saja ratio tenaga kesehatannya kagak cukup. Dari awal yg ditakutkan pemerintah semua negara juga sama, tenaga kesehatan itu limited.
Pasien biarin mati, kagak bisa gt juga, itu pasien dibiarin bisa nular ke byk org.

Gw pusing bahas ini, dr awal org2 pada bandel. Byk yg kagak peduli. Mereka pikir kagak takut. Mereka cm mikir kena kagak kena, mati ya udh nasib. Bukan masalah takut atau kagak takut. Mereka kagak mikir faskes bisa tumbang, ekonomi bisa tumbang. Kagak paham mereka dampaknya pandemi bisa ky gimana
profile picture
larapeequer
kaskus maniac
@lucid @Andirujak terus solusi mu itu apa?

Udah ngegas nggak ada solusi, ah elah...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 25 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di