CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tujuan Vaksin Itu Apa Sih? Biar Kebal Bukan, Berarti Habis Vaksin Bebas Buka Masker?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6000e185a2d1950fcf2d39e1/tujuan-vaksin-itu-apa-sih-biar-kebal-bukan-berarti-habis-vaksin-bebas-buka-masker

Tujuan Vaksin Itu Apa Sih? Biar Kebal Bukan, Berarti Habis Vaksin Bebas Buka Masker?





Vaksin covid 19 menjadi perhatian masyarakat saat ini, apalagi kalau masyarakat umum tidak mau divaksin akan ada iming-iming denda dari pemerintah.

Bahkan berita yang lagi hangat ada artis ternama setelah vaksin katanya ikut party dan abai terhadap prokes, apalagi disana juga ada pejabat negara. Walau masuknya ranah politik karena kita tahu party orang kaya itu sebelum masuk ke rumah sebagai tamu undangan ada swab antigen, dan prokes yang ketat.

Berbeda sistemnya kalau yang hajatan orang setengah kaya, tidak ada proses swab antigen dan sering menimbulkan kerumunan hingga bukan hanya prokes bahkan hak jalan umum pun diabaikan.



Tapi gorengan politik memang asik, apalagi saat ini dua kubu sedang perang dingin. Tinggal menunggu civil war secara fisik, kalau adu bacot disosmed kedua kubu bisa dibilang saling serang.

Kita tinggalkan cerita mereka yang sedang berseteru, ga usah ikut-ikutan cukup nonton dan serupuut kopi kecuali ente dibayar jadi buzzer silahkan, atau ente punya kepentingan dapat cuan monggo. Kalau tak ada kepentingan lebih baik diam saja sob.



Balik lagi ke dalam thread, yang membahas tentang sudah vaksin boleh dong buka masker?

Oke, lanjut gan jadi sebenarnya apa tujuan vaksin ini buat tubuh kita kebal dengan penyakit atau hanya mencegah penyakit?

Ada jargon yang menarik yaitu "tak kenal maka tak kebal" vaksin sendiri adalah virus yang dilemahkan disuntikkan ke dalam tubuh orang yang sehat agar terciptanya imun tubuh secara alami.



Sebenarnya Indonesia sendiri untuk masalah vaksin sudah familiar, terutama buat kalian yang ikut program imunisasi. Ada beberapa jenis vaksin disaat yang disuntikkan ketika kita masih kecil seperti vaksin cacar, BCG, TT, DPT, Polio, Measles, Hepatitis B, DPT/HB, DPT-HB-Hib, IPV, atau juga Campak Rubella.

Gimana sudah paham bukan masalah vaksin ini, lantas ada pertanyaan liar apakah dengan divaksin bisa bebas tanpa masker? Kan tubuh sudah kebal, dalam tanda kutip tubuh sudah terbiasa dengan virus covid itu tadi.

Menarik untuk dibahas, setelah divaksin covid lantas bisa bebas masker dong?



Menurut penelitian vaksinasi pertama butuh waktu untuk membentuk antibodi, perkiraan 2 minggu anti bodi mulai terbentuk kemudian disuntikkan kembali vaksinasi yang kedua agar antibodi mencapai 94%.

Menurut Direktur Pusat Pendidikan Vaksin dan anggota dewan penasehat vaksin Food and Drug Administration (FDA) Paul Offit, tidak ada vaksin yang mencapai kekebalan hingga 100%.

Jadi dari 20 orang yang divaksin masih ada kemungkinan 1 orang yang dapat terinfeksi, Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI),Β Sri Rezeki Hadinegoro mengatakan orang yang sudah disuntik vaksin tetap bisa tertular covid.



Hanya saja gejala covidnya tidak menjadi lebih berat hingga statusnya kritis. Antibodi akan terbentuk setelah satu bulan dengan dua kali suntikan vaksin, maka otomatis prokes 3M ini tidak boleh lepas.

Bahkan dengan banyaknya orang yang anti vaksin, dan belum di vaksin peredaran virus ini masih mengkhawatirkan karena untuk terciptanya herd immunity minimal 70% populasi bumi sudah kebal terhadap virus.

Namun ada cuitan nakal seperti ini oleh netizen, untuk apa divaksin kalau masih pakai masker? Percuma saja dong vaksin?

Bahkan ada cuitan yang mengatakan berarti orang penerima vaksin yang imun tubuhnya kuat adalah OTG, bisa saja virus yang dilemahkan itu menular kepada orang yang belum vaksin? Secara tak langsung memberikan vaksin secara alami ke orang lain? Jadi untuk apa pakai masker kan tujuannya Herd Immunity dengan vaksin, atau virus yang dilemahkan?



Kalau masih menggunakan prokes setelah vaksin berarti sama saja bohong, tidak ada herd immunity yang tercipta?

Pertanyaan dari cuitan netizen ini memang tak bisa saya jawab, karena sudah tak search di google pun TS tak mampu memberikan komentar lebih jauh. Maka menarik cuitan tadi bila ada yang bisa menjawabnya disini, semoga saja kita bisa share seluk beluk tentang vaksin ini.

Karena masih ada orang yang tak percaya dengan vaksin, biasa disebut anti vaksin. Monggo yang bisa share ilmunya bisa coment dibawah, see u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star






profile-picture
profile-picture
profile-picture
edv039 dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Mirip imunisasi cacar atau flu kok, gak dijamin bakal kebal penyakit itu kalo udah divaksin, cuma tubuh sudah ada kekebalan/pertahanan sendiri, gitu aja kok dibikin ribet ??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ihiw2000 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mewtwo68d
profile picture
proto1
kaskus addict
Cacar, kalo dah pernah imunisasi masih bisa terjangkit. Tp katanya kalo dah pernah terjangkit sekali, kedepannya gak bakalan ketularan lagi. Tp cacar katanya dulu sangat berbahaya ya, sebelum ada vaksinnya.
profile picture
R8486.Jr
kaskus addict
@proto1 untuk cacar bisa ane bantah πŸ˜† kebetulan dulu ane termasuk orang yg percaya kalau sudah kena cacar, gk bakal bisa kena cacar lagi... Setelah puluhan tahun kemudian pendapat ane berubah, karena ada teman ane yg dulu bareng sama ane vaksin cacar, dan waktu kecil pernah kena cacar, pas gede malah kena lagi... Malah pas gede kenanya 2x πŸ˜† cuma 2x terakhir yg teman ane rasa seperti biasa aja

seperti yg ane baca dari berbagai sumber kesehatan, divaksin bukan berarti kita kebal, tapi vaksinasi adalah salah satu cara agar tubuh kita lebih siap melewan virus yg masuk ketubuh kita. Karena tubuh kita lebih siap, maka efek dari virus yg masuk ke tubuh tidak terlalu berbahaya lagi... Jdi kesimpulan ane vaksin itu penting. Mau efektivitas vaksin nya 60% kek, 50% kek, 10% kek... Intinya penting πŸ˜†
profile picture
proto1
kaskus addict
Ane sih setuju gan. Flu aja masih kena terus meski dah di vaksin. Cuman efeknya kalo gak di vaksin. Kan katanya dulu cacar air sangat berbahaya sebelum vaksinnya ditemukan. Ane sih cuman referensi di film2 aja kalo dulu cacar air mengerikan. Tp kalo pengalaman ane yg dah kena sih cuman gatal2 n bisul yg posisinya sembarangan.
profile picture
R8486.Jr
kaskus addict
@proto1 iya benar, dulu kakek ane pernah cerita cacar itu sangat mematikan. dulu awal2 ada vaksin cacar bukan disuntik, tapi kulit di robek pake pisau, terus cairan vaksin nya dimasukin ke kulit yg dirobek tersebut. Jadi bersyukur lah kita jaman now vaksin cma disuntik doang
profile picture
proto1
kaskus addict
@R8486.Jr orang tua jaman dulu kalo divaksin ada bekasnya. Di kuris ato apa namanya kalo kata ortuku dl. Lebih sakit.
profile picture
ihiw2000
kaskus addict
Iyaaa kalo kata ane juga yang di vaksin tetep harus selalu waspada karena reaksi tubuh kita terhadap vaksin pun berbeda beda
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Lokadata β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di