CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Waduh, Malaysia & Singapura Bisa Batal Beli Sinovac
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60028d3d88b3cb05207ae1d2/waduh-malaysia-amp-singapura-bisa-batal-beli-sinovac

Waduh, Malaysia & Singapura Bisa Batal Beli Sinovac

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia saat ini telah mulai melakukan vaksinasi Covid-19 untuk tahap pertama. Adapun vaksin yang digunakan adalah CoronaVac buatan perusahaan asal China, Sinovac.

Berbeda dari Indonesia, dua negara tetangga mengkaji ulang pembelian vaksin dari Sinovac. Keduanya adalah Malaysia dan Singapura.

Pertimbangan kemungkinan pembatalan pembelian vaksin ini dikatakan oleh Menteri Sains, Teknologi dan Inovasi Khairy Jamaluddin dalam konferensi pers, dikutip dari The Star, Sabtu (16/1/2021).

Ia mengatakan kemungkinan tidak akan melanjutkan pengadaan vaksin Covid-19 Sinovac jika mereka tidak puas dengan keamanan dan kemanjurannya. Meski begitu Jamaluddin menegaskan setiap pengadaan vaksin harus mendapat persetujuan dari Badan Pengatur Farmasi Nasional (NPRA).

"Jika kami tidak puas dengan keamanan dan kemanjuran, kami tidak akan melakukan pengadaan. Data klinis Sinovac baru dirilis. Kami akan meninjau datanya dan memutuskan," katanya dalam serangkaian tweet.

Selain itu, Jamaluddin menanggapi laporan berita bahwa uji klinis Brasil menemukan vaksin Sinovac Covid-19 efektif 50,4%. Karenanya, ia berujar harus ada strategi dalam pembelian vaksin.

"Inilah mengapa strategi kami menjadi portofolio vaksin. Untuk memastikan kami memiliki pasokan yang cukup dan untuk mengurangi masalah regulasi dan manufaktur," paparnya lagi.

"Beli dari lebih dari satu sumber. Ditambah fakta, tidak ada pabrikan yang dapat memasok semua kebutuhan kami. Sama untuk kebanyakan negara."

Menyusul Malaysia, Singapura pun menyatakan akan mengevaluasi beberapa hal untuk membeli vaksin Covid-19 besutan perusahaan China Sinovac untuk program vaksinasi nasional. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Singapura Gan Kim Yong seperti dikutip The Straits Times.

Pernyataan ini disampaikan setelah Brasil merilis hasil efikasi vaksin China itu yang hanya menunjukkan angka 50,4%, masih di bawah ambang batas untuk persetujuan regulasi di negara kota itu. Gam menyatakan data-data tersebut tidak akan digunakannya.
Ia menambahkan bahwa Otoritas Ilmu Kesehatan Singapura (HSA) akan mengadakan penelitian lebih lanjut dari beberapa data awal yang diberikan Sinovac.

"Kami akan teliti datanya saat datang, dari pada bergantung pada angka yang dilaporkan, lebih baik mengandalkan data resmi yang kami terima dari Sinovac sendiri," ujarnya.

HSA akan menilai datanya saat masuk, dan komite ahli Covid-19 negara juga akan mengevaluasi apakah cocok untuk vaksinasi di Singapura.

"Kami akan membagikan lebih detail jika sudah tersedia," kata Gan.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...beli-sinovac/1







Udah dari kecil diajarin pilih minyak angin jangan coba2, udah gede koq mau2nya disuntik vaksin coba2 ploduk chinak emoticon-Leh Uga






profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 9 lainnya memberi reputasi
Quote:


baik sih baik mas.. Tapi misalkan ada hal yg gk trduga.. Misalkan seseorg sesudah di vaksin,, tiba² PENGLIHATAN BRKURANG,, LUMPUH,, atau BIBIR SAMPAI MEROT... kira² pemerintah tanggung jawab,, atau ndak?? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
Betjanda
kaskus geek
tenang ada bpjs emoticon-Leh Uga
profile picture
54m5u4d183
Made In Kaskus
Kalau ada efek samping seperti itu ngeri juga ya, konyol juga yang buat vaksin.

Makanya, pemerintah sebelum memberikan vaksin kepada rakyat nantinya, ada yang namanya uji klinis tahap terakhir, kemudian ada izin kedaruratan dari BPOM, dan ada jaminan rasa tanggung jawab dari pihak perusahaan kalau nantinya sampai terjadi efek samping yang katakanlah seperti itu.

Jaminan itu dalam bentuk perjanjian antara pihak pemerintah dan produsen vaksin, seperti kayak di kasusnya vaksin Pfizer, yang mana pihak Pfizer pernah bilang bahwa tidak akan bertanggung jawab jika nanti ada efek samping yang terjadi pasca penggunaan vaksin pfizer. Maka kemarin kalau ngak salah dengar pemerintah kejar itu pihak produsen pfizer, ngak mau tanda tangan kontrak pengadaan vaksin kalau ngak mau ada rasa tanggung jawab dari pihak mereka. Gitu.
profile picture
adfaisal
kaskus addict
Pfizer ini pecundang bgt yah.. bener" bacul..

ibarat kondom, lu pake di kondom 95% aman, anti bunting,

efek samping burung lu impotent + ruam khontol juragan bukan tanggung jawab dari produsen kondom
profile picture
vegashin_ryu
kaskus maniac
@adfaisal
Ampuh dengan efek samping gede, atau kurang ampuh dengan efek samping minin.

Aneh tapi koq Vaksin Pfizer g terlalu boming masalah 23 meninggal ama yg lumpuh di Israel. Coba kalo Sinovac yg ada meninggal 1 aja, bisa 7 hari 7 malam headline tuh
profile picture
TS sniper2777
kaskus maniac
@adfaisal


emang sinovac mau tanggung jawab ? emoticon-Leh Uga
profile picture
tottorotooot
kaskus maniac
Masalahnya bukan tanggung jawab atau engga, tapi situasi genting sekarang ini udah lose lose situation, ga ada win lose apalagi win win.

Faktor keamanan dipake standar internasional dalam bidang farmasi yg diakui di dunia, ini yg bikin lolos tahap uji 1 dan 2.

Resiko sih ada aja, bahkan vaksin yg udah puluhan taun dipake juga ada aja resiko laennya, bisa dicari lah berita2 gini.

Tapi apa pemerintah kudu nunggu negara laen divaksin semua, dah gitu nunggu hasilnya setelah setaun, udah gitu disetop lagi kalau ada reaksi yg kurang bagus, kalau kayak gitu tentunya vaksin apapun ga akan dipake, karena faktor resiko yg bisa dibilang ringan dibanding apa yg dicoba dihindari, masih terjadi.

Ngeyelnya masyarakat ngaruhnya gede ama ni virus, ditambah ga mau divaksin, makin susah.

Di tempat ane, yg kena virus sehari kurleb 50-60ribuan, dengan korban meninggal tiap hari diatas 1000an orang.Ini karena orang2 ngeyel, dah jelas dah ga ada waktu buat mikir lagi, ibarat kena serangan zombi, mau bertahan di rumah tapi zombi makin banyak, atau keluar cari mobil terus kabur dengan resiko dicegat zombi.
profile picture
54m5u4d183
Made In Kaskus
Kalau vaksin sinovac dengan efikasi 65 sekian persen itu efek samping kecil, kata dokter Tirta di IG nya, ada videonya kan itu pas dia bilang durasi 1 jam itu, nah vaksin yang efikasi 90 persen kemungkinan buat lansia katanya.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di