CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Deep Blue! Komputer Yang Mengalahkan Juara Dunia Catur "Garry Kasparov" Pada 1997!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffd5ff6b840882dae2eb391/deep-blue-komputer-yang-mengalahkan-juara-dunia-catur-quotgarry-kasparovquot-pada-1997

Deep Blue! Komputer Yang Mengalahkan Juara Dunia Catur "Garry Kasparov" Pada 1997!

Welcome To batzforum Thread!!!

emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

Halo Agan dan Sista sekalian, bagaimana kabar kalian semua? Sehat bukan? Harus dongemoticon-Blue Guy Peace


Siapa sih yang tidak tahu tentang catur? Permainan unik ini tentu sudah sangat mendunia, sehingga pastinya semua orang sudah tahu tentang catur. Catur biasanya dimainkan oleh 2 orang yang saling berhadapan dengan beradu strategi. Namun, di era modern ini, catur bahkan sudah bisa dimainkan melalui perangkat elektronik loh. Jadi tak perlu repot-repot untuk mencari lawan tanding, tinggal download aplikasi catur saja kita sudah bisa bermain melawan orang yang berbeda.

Gelar untuk juara dunia catur adalah Grandmaster, dimana untuk saat ini, gelar juara dunia catur dipegang oleh GM Magnus Carlsen, seorang pria Norwegia yang lahir pada 30 November 1990. Tentu sudah banyak nama-nama selain Magnus yang pernah memegang gelar juara dunia catur, seperti Vladimir Kramnik, Viswanathan Anand dan masih banyak lagi. Selain kedua nama diatas, ada juga 1 juara dunia catur yang menarik perhatian ane untuk dibabas yaitu Garry Kasparov, Juara dunia catur tahun 1985-2000.

Garry Kasparov

Garry Kasparov merupakan seorang pria asal Rusia yang lahir pada 13 April 1963. Alasan kenapa ane tertarik untuk membahas Garry Kasparov adalah karena kekalahannya melawan Deep Blue, sebuah mesin komputer yang bisa bermain catur (mungkin inilah cikal bakar catur online/com yang ada saat ini). Kekalahan melawan pemain catur sesama manusia memang memalukan, tapi kalah melawan komputer lebih memalukan bukan? Apalagi yang dikalahkan komputer merupakan juara dunia catur saat itu.

Mulanya pada tahun 1996, Kasparov melakukan pertandingan catur melawan Deep Blue di Philadelphia. Pada laga pertama Kasparov melawan Deep Blue, Kasparov mampu menang dengan skor/nilai 4-2. Dengan hasil seperti itu, IBM (Pembuat komputer Deep Blue) melakukan upgrade terhadap komputernya, sehingga pada tahun 1997 terjadi pertandingan ulang antara Kasparov dengan Deep Blue yang sudah di upgrade.


Pertandingan tersebut terjadi pada 11 Mei 1997 di New York, Amerika Serikat. Pertandingan ulang catur Juara Dunia Catur pada saat itu melawan Deep Blue (Komputer canggih yang mampu mengkalkulasi 200 juta langkah catur dalam 1 detik) berlangsung dengan sengit. Namun, pada akhirnya Garry Kasparov harus mengakui kemenangan Deep Blue dengan skor/nilai 2,5-3,5.

Kekalahan Garry Kasparov melawan Komputer ini tentu tercatat dalam sejarah, dan akan diingat oleh Kasparov sendiri dan para pecinta catur dunia sebagai kekalahan yang memalukan bagi seorang Grandmaster Catur. Hm, ternyata komputer hebat juga ya bisa mengalahkan Juara Dunia Catur. Padahal kecerdasan komputer Deep Blue sendiri diciptakan oleh manusia. Tapi bisa-bisanya Deep Blue mengalahkan manusia.

Deep Blue VS Garry Kasparov

Bagaimana tanggapan Agan dan Sista tentang hal ini? Menurut kalian, apakah suatu hari nanti sistem komputer atau semacamnya akan mengalahkan manusia dalam melakukan berbagai hal? Atau apakah hal tersebut perlahan-lahan sudah terjadi?

Sumber referensi : Tulisan Pribadi, dari sini dan dari sini
Sumber gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyonyo2 dan 26 lainnya memberi reputasi
Dulu aq pernah kuliah ada namanya sub mata kuliah machine learning atau pembelajaran mesin yg merupakan bagian dari kecerdasan buatan(AI). Imo, Ya basic AI nya dikembangkan oleh manusia, setelah itu mesin melakukan pembelajaran sendiri, problem solving sendiri 🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
badbironk dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS batzforum 
KASKUS Plus
Lama lama mesin membantai manusia
profile picture
Tonozz
kaskus addict
@batzforum skynet is coming
profile picture
thepacemaker
kaskus addict
Terminator will be riil
profile picture


tetap AI juga dibuat oleh manusia, manusia tetap lebih pintar
namun mesin mempunyai daya ingat (memory) dan kecepatan yang sulit dikalahkan manusia
anggaplah ada orang bodoh namun apa yang diajarkan diserap, dan dia bisa ingat apa yang diajarkan serta dapat melakukannya dengan kilat tanpa perasaan.

jangan salah sepintar apapun, seringkali keputusan manusia seingkali ada hubungannya dengan perasaan.

aturan catur dan cara untuk menang dimiliki oleh Garry maupun Deep Blue, namun Garry mempunyai kelemahan:
daya ingat dan berapa banyak kemungkinan yang diperhitungkan, sedangkan Deep Blue menyimpan banyak kalkulasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dan mana yang paling menguntungkan

setiap langkah musuh Gary akan berpikir, sedangkan setelah garrry membalas serangan komputer dengan kecepatannya, akan seketika membalas dan ini menjadi tambahan tekanan bagi Garry.

sepintar apapun, tekanan yang diterima mempengarruhi perasaan dan pikiran...
profile picture
thepacemaker
kaskus addict
Latihan catur mandiri lawan lah A.I
Dengan porsi latihan yg intens,
Dijamin kari separo
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 5 dari 5 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di