CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ffc683082d49577aa2312bd/cara-membuat-sate-kere-khas-cembengan-jogja

Cara Membuat Sate Kere Khas Cembengan Jogja

Assalamualaikum

Hai, agan sista, apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya? Aamiin.

Agan sista, musim dingin gini enaknya makan apa ya? Kalau ane sih lagi pengen banget makan makanan khas Jogja yang banyak dijumpai di acara-acara tertentu. Semisal cembengan atau yang kita kenal dengan nama pasar malam. Hayo, agan sista ada yang tahu?
Quote:

Yes! Sate kere.

Ada yang belum tahu apa itu sate kere?

Gini, Gansiat, sate kere sebenarnya ada banyak macamnya. Ada sate kere yang berbahan dasar gembus. Agan tahu gembus, kan? Gembus itu terbuat dari ampas tahu. Nah, kalau yang dari Jogja dan khas Cembengan adalah sate kere yang berbahan dasar gajih (lemak sapi). Wew, lemak sapi dijadikan sate? Emang bisa? Bisa dong, Gansist.

Biasanya lemak sapi digunakan untuk campuran kuah bakso ya kan? Nah, di Jogja lemak sapi bisa dijadikan sate, loh. Kreatif banget, kan?

Sate kere ini favorit ane, Gansist. Teksturnya yang kenyal dan manis gurih, bikin lidah bergoyang. Tapi, Gansist, tidak semua orang menyukai sate ini. Di keluarga ane saja, cuma ane yang suka, lainnya nggak ada yang suka.

Nah kali ini ane mau ngebagiin resep cara membuat sate kere. Kali aja, agan sista ada yang penasaran bagaimana rasa dari sate kere ini. Sekuy, simak baik-baik ya.

Bahan-bahan
250 lemak sapi
2sdm gula jawa

Bumbu halus.
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 ruas jari
1 sdt tumbar
1 sdt gula jawa
Garam dan penyedap rasa

Langkah-langkahnya
1. Rebus lemak
Quote:

2. Tumis bumbu halua sampai wangi, tambahkan air tunggu hingga mendidih, lalu masukkan lwmak dan gula merah. Masak sampai air menyusut
3. Angkat dan potong-potong lwmak, lalu tusuk
4. Bakar di atas bara
Quote:

5. Sate siap dimakan.

Gimana, mudah, kan Gansist cara membuat sate kere ini. Bahan mudah didapat dan murah meriah, udah gitu cara membuatnya juga gak ribet.

Sekedar informasi, ya, Gansist, sate kere ini enaknya disantap saat sate masih panas atau hangat-hangat kuku. Karena jika sudah dingin lemaknya bakal nempel di lidah dan langit-langit mulut. Selain itu, setelah memakan sate kere lemak khas Jogja ini, agan sista jangan langsung meminum minuman es, karena lemaknya akan menempel di mulut. Minum yang anget-anget.

Selamat mencoba!

Tulisan : opini pribadi
Sumber gambar : google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lintangayudy
Kayane enak ya. Tapi kolestrol mengancam不不不
profile-picture
profile-picture
b4perman dan lintangayudy memberi reputasi
profile picture
TS lintangayudy
kaskus maniac
Iya, mak. Enak sung
profile picture
anna1812 
KASKUS Plus
@lintangayudy bar mangan siraeh lara ora, Mak?
profile picture
TS lintangayudy
kaskus maniac
@anna1812 ora. Biasanya sate ini bngasihbkeyumbarnya banyak. Rasa ketumbarnya kerasa banget. Selain enak juga bisa menetralisir kolesterol
profile picture
cimeng2000
kaskus maniac


Wahhh iya tuh bahaya kolesterol mengancam, jadi makan secukupnya aja jangan sampe kebanyakan hahahaha
profile picture
b4perman
kaskus maniac
mengancam banget sih yaaa
hehhee
emang kolestrol jahat semuaaa sih hahahah
profile picture
cheria021
kaskus maniac
@cimeng2000 Setuju gan.. dikit aja makannya tapi kalau enak takut susah berhenti ya gan.hihi... emang bagian lemak itu enak gan cuma yaitu takut gak baik buat kesehatan.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
穢 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di