CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Dengan Dana 100 Juta Dolar AS, "NASA" Resmi Akan Menjelajahi Matahari
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fedc668facb9529957b6bd4/dengan-dana-100-juta-dolar-as-quotnasaquot-resmi-akan-menjelajahi-matahari

Dengan Dana 100 Juta Dolar AS, "NASA" Resmi Akan Menjelajahi Matahari

Foto: thespuzz.com

Badan antariksa Amerika Serikat " NASA " telah menyetujui dua misi ekspedisi heliofisika untuk menjelajahi matahari dan sistem yang mendorong sistem cuaca antariksa di dekat Bumi, yang tujuannya untuk dapat memberikan data yang diperlukan untuk mempelajari dan memahami prinsip terjadinya angin, semburan matahari, atau cuaca antariksa.

Badan antariksa Amerika tersebut telah secara resmi mengumumkan partisipasinya dalam program Extreme Ultraviolet High-Throughput Spectroscopic Telescope Epsilon Mission (EUVST) dan Electrojet Zeeman Imaging Explorer (EZIE), untuk memahami Matahari dan Bumi sebagai sistem yang saling berhubungan.

Memahami ilmu fisika yang menggerakkan angin, matahari dan cahaya matahari, termasuk jilatan api matahari dan lontaran massa koronal, suatu hari nanti dapat membantu para ilmuwan memprediksi peristiwa ini, yang dapat memengaruhi teknologi manusia dalam menjelajah ruang angkasa.

Foto: nasa.gov

JAXA memimpin misi Epsilon bersama dengan mitra internasional lainnya, EUVST dijadwalkan akan diluncurkan pada tahun 2026, dan itu adalah teleskop surya yang akan mempelajari bagaimana atmosfer matahari menggerakkan angin matahari untuk mendeteksi proses letusan matahari. Fenomena ini menyebar dari matahari dan mempengaruhi lingkungan radiasi ruang angkasa di seluruh tata surya.

Kontribusi perangkat NASA untuk misi mendeteksi sinar ultraviolet dan mendukung elektronik termasuk spektrometer, teleskop pilot, perangkat lunak dan sistem pencitraan tata surya untuk memberikan konteks spektrometri dan anggaran untuk kontribusi NASA adalah $ 55 juta AS atau sekitar 750 miliar rupiah.

Pada saat yang sama program "EZIE" akan menggunakan tiga satelit kecil untuk mempelajari arus listrik di atmosfer bumi yang menghubungkan aurora dengan magnetosfer bumi, yang merespons aktivitas matahari dan faktor lainnya. EZIE tidak akan diluncurkan sebelum Juni 2024. Anggaran total misi EZIE adalah $ 53,3 juta AS setara 741 miliar rupiah.

Foto: nasa.gov

Nicky Fox seorang direktur Departemen Fisika Matahari di Markas NASA di Washington, DC, mengatakan: "Kami sangat senang bekerja dengan mitra internasional kami untuk menjawab beberapa pertanyaan dasar kami tentang matahari dan kemampuan teleskop EUVST akan melanjutkan misi kami saat ini untuk memberi kami tampilan baru pada teleskop kami."

Perlu dicatat bahwa badan antariksa Amerika hanya mengirimkan EUVST untuk misi ini sehingga mereka dapat mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memahami fisika di balik berbagai fenomena matahari.


Referensi: NASA Approves Two New Missions to Explore the Sun in 2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cor7 dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052
Mendarat gitu dimatahari? pake bahan apaan yak?
Aneh bin ajaib emang kalo emang bisa mah kutub2 ga di lindungin yak?

Kok pemanasan global yak?
Katanya Ozon bolong yak?


Atau 1969 terulang lagi?
Diubah oleh klateam
profile picture
HEARTFREAK
Aktivis Reg. Singapore
keliatan bgt ente gak baca threadnya dan langsung komen emoticon-Cape d...
profile picture
Z4ng3t5u
kaskus maniac
ga baca ya bre?
profile picture
HEARTFREAK
Aktivis Reg. Singapore
@Z4ng3t5u kayanya penganut FE, soalnya bawa2 kutub emoticon-Ngakak
profile picture
thepacemaker
kaskus addict
1969 ada apa ya?
profile picture
masfuad2015
kaskus maniac
baca to mbud
profile picture
thepacemaker
kaskus addict
@masfuad2015 udah kon, makasih
profile picture
yurikaede
kaskus addict
Koplak nih orang ngomong apaan sih emoticon-Cape d...
profile picture
waho89
kaskuser
Wekwekwekwekwek
profile picture
masfuad2015
kaskus maniac
@thepacemaker bukan ente....
profile picture
klateam
kaskus addict
Yang salah dari pertanyaan ane?
Orang goblok bukannya dikasi tau baek2 dengan baik?

wkwkwkwkw
profile picture
Gailham
kaskus maniac
@klateam poin agan disini adalah menulis bahwa bakal ada pendaratan di matahari, padahal isi trit bukan demikian. Makanya diejek, soalnya apa yang ditanyakan jauh dari materi yang dibahas.
profile picture
Z4ng3t5u
kaskus maniac
@klateam makanya kalau mau tanya itu baca dulu, penjelasannya kan udah ada di bacaan.
profile picture
amispelem
kaskus addict
malas membaca dibuli penghuni
profile picture
klateam
kaskus addict
@Gailham Yes gan ane uda baca, okela ane salah...maap ane ga mengutarakan fakta ane bertanya, langsung di justifikasi wkwkwkw


profile picture
kingmonkichi
kaskus addict
Ngakak brayyy2.
Kenapa repot2 bertanya, kalo isi tritnya aja ga dibaca dulu?

Sekedar cari sensasi kah?
emoticon-Cool
profile picture
GembelzBikerz
kaskus maniac
Hmmm...69 ?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 17 dari 17 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di