CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jarang yang Tau, Ini Fakta Menarik dari Airbag Mobil
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff45f058d9b1736bc660864/jarang-yang-tau-ini-fakta-menarik-dari-airbag-mobil

Jarang yang Tau, Ini Fakta Menarik dari Airbag Mobil


Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan yang wajib ada di mobil zaman sekarang. Fitur ini mampu mengurangi dampak buruk bagi pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan atau benturan pada mobil. Airbag merupakan kantung udara yang akan mengembang secara otomatis ketika mobil mengalami benturan. 


Nah, selain fungsinya yang cukup vital, ternyata ada fakta menarik lain yang ditemukan dari fitur mobil yang satu ini. Berikut fakta – faktanya:

Disingkat menjadi SRS

Rata-rata fitur airbag yang disematkan pada mobil bertuliskan singkatan, yakni SRS. Tulisan SRS airbag biasa ditemukan di dasbor mobil dan pada setir pengemudi. SRS sendiri merupakan singkatan dari Supplementary Restraint System yang berarti fitur ini hanya sistem pendukung. Dengan kata lain fitur ini bukanlan fitur utama untuk menyelamatkan penumpang ketika terjadi kecelakaan. Masih ada sabuk pengaman yang perannya gak kalah penting.

Ada proses kimia di dalamnya

Cara kerja airbag sendiri sangat cepat dari proses benturan hingga mengembang dan meminimalkan cedera pengemudi dan penumpang. Ternyata dibalik proses mengembangnya ini ada unsur kimia yang mungkin banyak orang yang belum tau. Berawal dari ignitier yang membakar senyawa Natrium Azida (NaN3) hingga kemudian bereaksi dengan Kalium Nitrat (KNO3). Hingga akhirnya menjadi nitrogen panas yang berfungsi mengembangkan kantung udara.

ECU

Pada mobil modern, proses kimia yang dijelaskan diatas juga memiliki hubungan dengan komponen ECU (Engine Control Unit) yang mengirimkan perintah. ECU pada airbag baru akan memerintahkan proses kerja jika ada gaya dalam jumlah besar pada titik sensor. Bila ECU tidak menerima gaya dalam jumlah besar pada titik sensor yang tersebar di bodi mobil, maka airbag bisa tidak mengembang.

Titik sensor

Titik sensor Airbag mobil pada umumnya terletak dekat lampu utama mobil di sisi kiri dan kanan. Kalau jumlah airbag yang dipasang ada 4 atau lebih, titik sensor pada umumnya ada pada pilar mobil. Sehingga jika terjadi tabrakan samping, airbag tetap bisa ngembang. Sensor ini akan bekerja saat jarak pembacaan sensor minimal 15 derajat garis lurus ke depan. Jika lebih besar dari 15 derajat, maka kemungkinan airbag tidak mengembang.

Kecepatan mobil

Selain sensor yang menerima gaya dalam jumlah besar untuk memastikan airbag mengembang, kecepatan mobil juga berpengaruh. Mengingat perlu gaya tekanan yang besar, maka sensor airbag pada mobil umumnya bekerja bila kecepatan minimal 50 km/jam. Sehingga bila mobil menabrak dengan kecepatan rendah atau di bawah 50 km/jam, ada kemungkinan airbag tidak mengembang.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
japarina dan 26 lainnya memberi reputasi
Seumur umur blm pernah ngerasain airbag
profile-picture
bicraminata memberi reputasi
profile picture
mandorbangunan
kaskus maniac
Tabrakin aja mobilnya ke tembok ntr jg ngersain airbag itupun klo ente punya mobil emoticon-Hammer2
profile picture
ronalddch
kaskus addict
Jangan sampe gan, ane ga tau rasanya dan ga pengen tau.
profile picture
cimeng2000
kaskus maniac


Wahhh iya gan seumur hidup aje juga belum pernah ngerasain airbag tuh kaya gimana sih. Tetapi ya bersyukur deh selama ini aman aja naik mobil
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di