CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Dimintain Uang Parkir Di Setiap Minimarket, Tolak Kecuali Mereka Kasih Bukti Ini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff52961a72768282c746c1d/dimintain-uang-parkir-di-setiap-minimarket-tolak-kecuali-mereka-kasih-bukti-ini

Dimintain Uang Parkir Di Setiap Minimarket, Tolak Kecuali Mereka Kasih Bukti Ini!



[ HT# 686, HT# 687 ]

Hadir di tengah kehidupan dan kebutuhan masyarakat, minimarket sekarang ini kian menjamur bak gula yang dirubung semut. Kalau dulu jaraknya diatur sekian kilometer kini kini tiba-tiba saling berhadapan dengan pesaing dan menghancurkan usaha sekelas rumahan.

Seperti kita tahu setiap minimarket menyediakan ruang khusus parkir pelanggannya. Space yang luas sebagai fasilitas parkir pelanggannya itu kini menjadi ajang bisnis bagi pelaku yang sebetulnya tidak berhak dan bukan bagian dari fasilitas minimarket. Tapi mengapa sampai sekarang sepertinya ada pembiaran?


Yang saya baca, jenis parkiran di minimarket dibagi menjadi dua kategori; gratis dan berbayar. Tapi bagaimana pelanggan jadi tahu kalau parkir minimarket itu menetapkan biaya parkir di lahannya tersebut?

Selama ini yang kita tahu benar hampir di setiap minimarket setiap kendaraan yang parkir akan ditarik ongkos parkir oleh 'orang asing' yang tidak kita kenal, bahkan mungkin bagi pengusaha minimarket itu sendiri tidak mengetahuinya atau seolah-olah menutup mata aksi parkir liar ini.


Sebenarnya kita bisa menolak tagihan parkir ketika ada orang meminta biaya parkir jika mereka tidak memberikan bukti karcis atau tanda parkir sebagai salah satu syarat parkir.

Perihal inilah yang banyak tidak diketahui oleh masyarakat dan ketidaktahuan inilah akhirnya banyak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menurut Rio Octaviano, ketua Indonesia Parking Association (IPA) konsumen wajib membayar parkir jika memang diberikan karcis parkir, sistem parkir yang jelas, dan fasilitas keamanan yang memadai.

Jadi, dengan adanya bukti tanda terima parkir berupa karcis, itu artinya pengelola parkir atau pengusaha minimarket ikut bertanggung jawab jika ada kehilangan atau hal merugikan konsumen.


Anehnya, masyarakat awam semakin tidak tahu karena dari pihak pengusaha atau pengelola minimarket itu sendiri sama sekali tidak memberikan informasi parkir gratis berupa papan bertuliskan Parkir Gratis atau justeru memang tidak perlu karena itu bagian dari pelayanan yang wajib disediakan.

Ada sih yang memasang tulisan gratis tapi sekarang sudah sangat langka sekali.

Lemahnya peraturan dan atau sosialisasi tentang aturan parkir di minimarket ini membuat pemilik minimarket menutup mata, berkesan tidak peduli parkir liar ini tumbuh subur di depan hidungnya.

Minimarket seolah-olah hanya mencari keuntungan saja tapi tidak mau memperhatikan keamanan parkir di tempatnya.

Bukan perkara uang recehan yang kita ributkan, tapi tempat parkir ini harusnya gratis, jika pun harus membayar tentu harus ada fasilitas lain yang di dapat pelanggan terutama faktor keamanan yang pasti terjamin dan kenyamanan lebih baik lagi dari yang versi parkir gratisan.

Kalau tidak mau repot sebetulnya pemilik minimarket bisa menggandeng warga sekitar untuk diperkerjakan, bersih dan rapih, berseragam resmi bertuliskan merek minimarketnya, dan sudah pasti melakukan tugasnya sebaik mungkin. Tentu kita sebagai pelanggan tidak akan keberatan jika hal ini jelas aturan dan ketentuannya.


Nah, sekarang kita jadi bisa bersikap tegas dan cerdas jika suatu saat ditarik uang parkir di sebuah minimarket, tanya kembali ke mereka mana bukti karcis parkir yang menjadi hak kita.

Mereka berhak menagih uang parkir, tapi kita juga berhak atas karcis dan fasilitas keamanan yang disediakan di lingkungan minimarket.

Pemerintah kota yang sebenarnya sudah mengatur tentang perpakiran di minimarket ini sepertinya juga mandul karena jumlahnya kalah banyak tidak merata mengikuti pertumbuhan minimarket ini.

Bahkan selentingan saya dengar kalau masih ada minimarket yang membiarkan parkir liar terjadi maka minimarket bersangkutan akan dikenakan sangsi. Betul apa bener?


 



Referensi.sebuah opini, TKPeh!
Img.google img





Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakdejoss dan 46 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Minimarket kebanyakan lepas tangan klo soal parkir.
Toh walaupun uda ada tanda parkir gratis segede gaban. tu tukang parkir dengan santainya nodong duit. Ditunjukin ke tanda parkir gratis pura" gak bisa baca.
Pegawai minimarket juga diem" bae gak peduli.

Jalan lainya jangan ke minimarket di jalan raya utama/jalan besar.
Minimarket yg bener" parkir gratis itu yg ada di komplek perumahan. Kecuali klo disekaran komplek situ ada premanya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wincdma dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture
mika1987
kaskus maniac
Klo udh ada tanda parkir gratis biasa ane selonong aja mau pura2 ga baca juga

Klo kasir atau pegawai sih biasa hanya karyawan aja ga mau ambil pusing apalagi tiap hari kan kerja nya di sana
profile picture
yg punya minimarket ga salah.
yg salah ya preman malak parkir.

harusnya di petruskan aja sampah-sampah kek gitu emoticon-Smilie
profile picture
mang.ozzy.coy
kaskus addict
Di komplek perumahan kadang2 satpamnya yg minta uang parkir 😊
profile picture
Gailham
kaskus maniac
Pegawai minimarket mah mana berani, banyak kok dari mereka yang bukan warga setempat.
profile picture
mudokons
kaskus maniac
Sama minimarket di dalem gedung kaya mall gan, dijamin gak diminta duit parkir
profile picture
Asal rame tempat itu pasti dirubung kangparkir
profile picture
fcb.com
kaskus addict
Iya d komplek dkt tempat ane ada 5 minimarket ga d jagain kang parkir, tp ada 1 yg gedean (kakaknya alfamart) justru dijagain kang pakir anak2 kampung (umuran SMA dh)..
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 7 dari 7 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di