CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komnas HAM Gelar Rekonstruksi di Tol Cikampek soal FPI vs Polisi...
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ff3dd562525c36b711a4f23/komnas-ham-gelar-rekonstruksi-di-tol-cikampek-soal-fpi-vs-polisi

Komnas HAM Gelar Rekonstruksi di Tol Cikampek soal FPI vs Polisi...



Rekonstruksi bentrok antara anggota Front Pembela Islam (FPI) dan polisi di Tol Jakarta-Cikampek, kembali diulang, pada Senin (4/1).

Kali ini tim penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang langsung turun menggelar uji rekonstruksi bersama dengan kepolisian.

Proses reka ulang yang digelar di kantor Komnas HAM itu menyusul investigasi bentrok pada Senin (7/12) tahun lalu yang berujung pada tewasnya 6 anggota laskar FPI.

Rekonstruksi digelar secara tertutup. Awak media yang meliput pun diminta untuk menjauh dari lokasi gelar perkara.


Usai rekonstruksi, Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menjelaskan uji rekonstruksi ditempuh guna melengkapi penyelidikan. Ia mengungkapkan, salah satu adegan yang diperlihatkan terkait urut-urutan peristiwa di tempat kejadian perkara pada malam nahas 7 Desember 2020.

“Tadi rekon [rekonstruksi] secara umum bagaimana kejadian di TKP 1,2,3 dan 4. Termasuk juga mendetailkan seperti apa yang terjadi [dalam bentrokan], secara umum seperti itu,” terang Beka, dilansir dari CNNindonesia.com.

“Lengkap siapa yang ada di barisan terakhir, tengah, terus tindakannya apa yang diambil teman-teman kepolisian sampai kemudian ke Rumah Sakit Polri,” tambah dia lagi.

Kepolisian sendiri sebelumnya menggelar rekonstruksi kejadian di empat TKP terkait kasus bentrokan tersebut. Reka ulang dilakukan sepekan setelah kejadian atau pada Senin 14 Desember 2020.

Lebih lanjut, Beka mengatakan bahwa hari ini merupakan permintaan keterangan terakhir Komnas HAM ke pihak kepolisian terkait penyelidikan bentrok di KM 50 Jakarta-Cikampek.

Ia menargetkan, laporan akhir penyelidikan Komnas HAM yang dimulai tepat setelah insiden pada 7 Desember 2020 lalu itu bakal rampung dua pekan ke depan dan langsung disampaikan ke publik.

“Paling lambat 2 minggu ini kami akan menyelesaikan laporan. Terus menyimpulkan peristiwa yang terjadi seperti apa dan kemudian menyampaikan rekomendasi baik ke presiden, kepolisian, maupun juga pihak lain,” kata Beka.

Meski demikian, Beka mengaku timnya belum dapat menarik kesimpulan dari perkara tersebut. Komnas HAM, lanjut dia, masih akan melengkapi konstruksi kejadian agar menghasilkan simpulan yang objektif dan sesuai fakta di lapangan.

“Jadi tidak ada kesimpulan sampai hari ini, belum ada, kami masih menulis timeline-nya. Setelah ini kami akan melakukan analisa dan menyimpulkan peristiwanya dan menyampaikan kepada publik,” sambung Beka.

Insiden bentrokan antara polisi dengan anggota FPI pengawal Rizieq Shihab terjadi di Tol Cikampek KM 50 pada Senin (7/12) dini hari silam. Dalam kejadian tersebut, enam anggota FPI tewas diduga ditembak aparat.

Pihak Polda Metro Jaya berdasarkan versinya mengklaim anggota FPI sempat mengeluarkan tiga kali tembakan ketika bentrok dengan polisi.

Kendati begitu keterangan polisi berbeda dari apa yang disampaikan pihak FPI. Eks Sekretaris Umum FPI Munarman membantah soal kepemilikan senjata api dan menyebut informasi itu sebagai fitnah. (*)

via: rekam jejak indonesia
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Komnas HAM ini kewenangannya sampe gimana sih sebenernya? Udah bukan kerjaan dia mah rekonstruksi ginian, yg bener itu dia harusnya ngikut rekontruksi polisi kemaren, dan saat itu baru deh nanya2 gimana2nya, bukan bikin versi sendiri begini..


Di situsnya juga, definisinya begini, Komnas HAM adalah lembaga mandiri yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya yang berfungsi melaksanakan pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi hak asasi manusia.

Ga ada sampe melakukan penyidikan dan bikin rekonstruksi sendiri segala..
profile picture
mckagan07
kaskus addict
sudah bukan tupoksi nya komnas ham itu mah gan

agak aneh juga komnas ham,, gak dateng pas rekontruksi dari pihak kepolisian....
profile picture
ulatbulu2
kaskus addict
Polri berhak untuk melakukan penangkapan, penahanan, penggeledahan, dan penyitaan terhadap semua orang yang bisa dicurigai sebagai pelaku pelanggaran hukum

Polri berhak untuk melarang setiap orang berusaha meninggalkan atau memasuki tempat kejadian perkara ketika adanya penyidikan

Polri juga berhak untuk membawa orang yang disangka sebagai saksi atau terdakwa kepada penyidik dalam usaha untuk penyelidikan

Polri dapat menanyakan, memeriksa tanda pengenal diri, melakukan pemeriksaan dan penyitaan surat terhadap orang yang sedang dicurigai

Kl liat dr sini jg ga berhak rekonstruksi y polisi
profile picture
RyoEdogawa
kaskus geek
@ulatbulu2 Rekonstruksi polisi itu ada dalam Surat Keputusan Kapolri No. Pol.Skep/1205/IX/2000 tentang Revisi Himpunan Juklak dan Juknis Proses Penyidikan Tindak Pidana.

Skr aturan legal Komnas HAM boleh melakukan rekonstruksi dari mana?

Berdasarkan UU nya, yg paling mendekati ya tugas pemantauan, itupun sebatas penyelidikan, bukan penyidikan, apalagi melakukan rekonstruksi..


Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di