CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hukum Merayakan Tahun Baru Masehi 2021 dalam Islam, Ini Kata UAS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5feee3c210d2950f040ef1b1/hukum-merayakan-tahun-baru-masehi-2021-dalam-islam-ini-kata-uas

Hukum Merayakan Tahun Baru Masehi 2021 dalam Islam, Ini Kata UAS



Tahun baru 2021 telah tiba, banyak orang yang merayakannya di malam pergantian tahun. Namun, di dalam Islam apa hukum merayakan tahun baru?

Dikutip dari channel YouTube Dakwah Cyber dengan video berjudul 'Tanya Jawab Ust. Abdul Somad - Hukum Merayakan Tahun Baru', Ustaz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS mengatakan pada dasarnya perayaan tahun baru merupakan tradisi umat Yahudi.

"Maka tiuplah terompet-terompet untuk menyambut kedatangan tahun baru, itu dalam tradisi Yahudi," jelas UAS dikutip detikcom, Jumat (1/1/2021).

UAS melanjutkan, di masa itu para umat Yahudi merayakan tahun baru dengan meniup-niup terompet yang terbuat dari tanduk kerbau. Ia pun melarang anak-anak Islam saat ini melakukan hal yang sama.

"Perjanjian lama itu, ditiup terompet dari kepala tanduk kerbau. Maka jangan kasih anak tiup terompet," tegasnya.

Untuk mencegah terjadinya penyimpangan dari hukum merayakan tahun baru masehi, UAS mengimbau agar umat Islam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Misalnya, dengan melakukan muhasabah di masjid.

"Tanggal 31 Desember masjid buat tabligh akbar, undang siapa diundang, muhasabah jam 10 sampai 11, muhasabah lagi jam 12 sampai 1 terus. Anak muda yang tidak bisa datang, habis Isya tidur, kalau gak bisa minum antimo. Jangan kalian ikut, jangan ikut merayakan (hukum merayakan tahun baru)," ungkap dia.

Pada dasarnya perayaan menyambut tahun baru masehi di sebagian besar wilayah masih dilakukan. Namun, di malam tahun baru 2021 beberapa daerah melarang perayaan tahun baru di tempat umum untuk mencegah penyebaran COVID-19.

sumber

Bertobatlah selama masih sempat
emoticon-Maaf Agan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
galigulagalu dan 14 lainnya memberi reputasi
Namanya juga kang haram, semuanya yg berbau nob ngarab di cap haram, bahkan hari ibu juga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
R8486.Jr dan 5 lainnya memberi reputasi
profile picture


Ya elu aja kagak paham namanya syareatemoticon-Ngakak belagak gak terima dibilang haram, dia kan nganjurin buat yg orang ngarti syareat, kok elunya yg sewot, kalo gak ngarti ya diem aja
profile picture
banned.maniak
kaskus addict
@jakartalockdown ya ga masalah lu mau bilang haram semau lu juga, asal jangan maksa orang, muka lu juga haram kek nya sama kaya muka si somad
profile picture
@banned.maniak yg maksa juga sapa? Namanya ustad ya tabliq mensyiarkan agama, kalo lu masa bodo sama agama, ngapain lu baca trid ini, bacot pula emoticon-Ngakak
profile picture
banned.maniak
kaskus addict
@jakartalockdown ustad bagi lu aja kali, bagi gua bukan
profile picture
@banned.maniak ya serah elu, urusan elu
profile picture
m0de83g0
kaskus addict
@jakartalockdown kayaknya ente pinter nihh...
mau tanya dong....kalo sunat itu haram gak??
btw yahudi sedari dulu sudah sunat loh...nabi ente gak sunat lohh...
bagaimana tanggapan ente??
profile picture
TS counter.jihad
kaskus addict
Namanya kepercayaan itu terserah masing-masing.
Tapi menyebarkan konten yang bertentangan dengan kepercayaan orang itu namanya provokasi.
profile picture
bingsunyata
kaskus maniac
@jakartalockdown @m0de83g0 Apa hukumnya merubah anggota bagian tubuh ?
emoticon-Ngakak
profile picture
johanbaikatos
kaskus maniac
Nahkan triggeree begitu ditanya malah mabur
profile picture
durexz
Made In Kaskus
Dakwah itu cuma mengingatkan. Ga ada paksaan kita mesti percaya. Nabi aja tugaskan cuma mengingatkan saja. Urusan kita berubah atau gak biarlah waktu yg menjawab
profile picture
bingsunyata
kaskus maniac
@durexz Kalau kemudian ada yang menjadi antusias dan melakukan sweeping ?
profile picture
durexz
Made In Kaskus
@bingsunyata kan dah dibubarin ormasnya
profile picture
ridonculous
kaskus geek
@durexz lantas gunanya takdir apa?
ente ga percaya takdir?
profile picture
bingsunyata
kaskus maniac
@durexz Orang-orangnya khan masih hidup ... beserta pikirannya.
profile picture
durexz
Made In Kaskus
@ridonculous takdir buat siapa?
profile picture
durexz
Made In Kaskus
@bingsunyata terus kenapa? Pikiran doang ga dilarang kecuali dah diikuti tindakan baru ditindak tegas.
profile picture
ridonculous
kaskus geek
@durexz buat ente & seluruh manusia
kan gitu dalam agama?
ente berubah ato ga kan udah ditakdirkan tuhan, mana bisa ente rubah
profile picture
durexz
Made In Kaskus
@ridonculous emang dimana pernyataan ane yg bilang kalo ane yg ngerubah?
profile picture
ridonculous
kaskus geek
@durexz "Urusan kita berubah atau gak biarlah waktu yg menjawab"
profile picture
durexz
Made In Kaskus
@ridonculous ya makanya dari itu. Kan tugas ulama cuma mengingatkan. Ga memaksa untuk berubah. Berubah atau ga itu terserah
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 30 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di