CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
FPI Bersedia Kosongkan Lahan Markaz Syariah Jika Diputus Pengadilan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fe95cbf349d0f52c20afc92/fpi-bersedia-kosongkan-lahan-markaz-syariah-jika-diputus-pengadilan

FPI Bersedia Kosongkan Lahan Markaz Syariah Jika Diputus Pengadilan



Front Pembela Islam (FPI) menegaskan tak akan membiarkan pesantren Markaz Syariah digusur PTPN VIII atas sengketa kepemilikan lahan. Namun, bila ada keputusan pengadilan yang memenangkan PTPN, pihaknya bersedia angkat kaki.

Juru Bicara FPI, Munarman mengatakan, Markaz Syariah telah memenuhi aspek hukum secara perdata. Sehingga PTPN tak memiliki alasan menggusur Markaz Syariah yang dipimpin Habib Rizieq.

“Secara hukum dilihat dari aspek hukum perdata dan hukum acara perdata PT. PN VIII keliru dan tidak memiliki alasan hukum untuk meminta Pihak HRS mengosongkan lahan tersebut,” kata Munarman lewat keterangannya, Senin (28/12).

Munarman menegaskan, pihaknya bersedia angkat kaki bila terdapat putusan pengadilan yang berketetapan hukum agraria. Namun, sejauh ini somasi PTPN dinilai prematur.

“Kecuali ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap yang memutuskan bahwa kedudukan pihak pesantren atau HRS sebagai pembeli beritikad baik dibatalkan, dengan kata lain somasi tersebut prematur dan salah pihak,” ujar Munarman.

Sebelumnya, PTPN VIII mengirimkan somasi ke FPI dan Habib Rizieq selaku pemilik pesantren Markaz Syariah.

Sekretaris Perusahaan PTPN VIII Naning DT mengatakan, surat somasi tersebut tidak hanya diberikan kepada Markaz Syariah Habib Rizieq, tapi juga pihak lain yang menempati lahan HGU perusahaan di kawasan tersebut.

"Dengan ini kami sampaikan bahwa PT Perkebunan Nusantara VIII telah membuat Surat Somasi kepada seluruh Okupan di Wilayah Perkebunan Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor; dan Markaz Syariah milik pimpinan FPI memang benar ada di areal sah milik kami," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (27/12).

sumber

Obyek masuk ke pengadilan jika terjadi sengketa dan dan pihak yang bersengketa mempunyai bukti atas kepemilikan obyek itu.

Bukti kepemilikan FPI apa?
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 13 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Mudah2an pengadilan tindak pidana


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
ust.kardus dan scorpiolama memberi reputasi
profile picture
androidiot
kaskus maniac
ini bukannya masuk ke ranah perdata ya ?
profile picture
TS counter.jihad
kaskus addict
@androidiot
Pidana masuk kok emoticon-Embarrassment

385 ayat (1) KUHP, jika seseorang dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak (secara tidak sah) menjual, menukar, atau menjadikan tanggungan utang hak orang lain untuk memakai tanah negara, maka dapat dihukum penjara selama 4 (empat) tahun penjara.

Pasal 167 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”):


“Barang siapa memaksa masuk ke dalam rumah, ruangan atau pekarangan tertutup yang dipakai orang lain dengan melawan hukum atau berada di situ dengan melawan hukum, dan atas permintaan yang berhak atau suruhannya tidak pergi dengan segera, diancam dengan pidana penjara paling lima sembilan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.”

profile picture
androidiot
kaskus maniac
@counter.jihad Alhamdulillah emoticon-Salaman
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di