CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ponpesnya di Megamendung Disomasi, Rizieq ke Negara: Gak Usah Bikin Gaduh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fe3ac25337f93532d18c49d/ponpesnya-di-megamendung-disomasi-rizieq-ke-negara-gak-usah-bikin-gaduh

Ponpesnya di Megamendung Disomasi, Rizieq ke Negara: Gak Usah Bikin Gaduh

Quote:


Tanah garapan emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 9 lainnya memberi reputasi
Menurut gw ya.
Bukan soal jangka waktu 30 atau 35 tahun.

Gw yakin PTPN bayar pajak sejak 30 tahun nya.
Dan Tanah megamendung itu adalah aset yang tercatat di PTPN.

Kelemahannya adalah Penguasaan nya minim.
Makannya dengan mudah dikuasai oleh orglain dlm hal ini rizik cs ponpes dan warga masyrakat.

Soal tanah terlantar, harus ada pembuktian kalo itu terlantar. Pajaknya tiap tahun dibayarkan. Dilokasi ada Plang Tanah ini Milik PTPN atau Patok batas tanah.
Kalo semua itu terpenuhi, gabisa masuk unsur Tanah Terlantar.

Lagipula harusnya tanah terlantar itu mekanismenya dikembalikan ke Negara dulu. Dan yang menguasai lahan tsb memiliki hak untuk mensertipikatkan dgn melampirkan bukti2 nya bahwa ponpes menguasai atau mengelola lahan tsb.

Misal :
1. Ponpes tsb bayar PBB tiap tahunnya
2. Ponpes tsb merawat dan mengelola lahan tsb dgn membuktikan menanam plang Penguasaan "TANAH INI DIKUASAI OLEH PONPES"
3. Keterangan penguasaan Fisik atau Sporadik dari RT RW dan Kelurahan setempat.

Dan itu hanya hak aja. Untuk kepemilikannya atau pemegang haknya belum bisa diproses kalo Si ponpes ini belum mendaftarkan tanah tsb ke BPN Kantor Pertanahan.

Itu juga dari BPN akan mengecek riwayat tanah ini asalnya drmn. Mereka ada warkah atau riwayat tanahnya dan ketika tercatat tanah tsb HGU atas nama PTPN,dari BPN akan menyurati si Pemegang Hak yaitu PTPN,.
Singkatnya mereka mengkonfirmasi "Hei PTPN ini ada tanah lo di megamendung mau disertipikatin sama ponpes, mohon konfirmasinya apakah tanah tsb milik.kamu atau bukan".
Baru konfirmasinya dari PTPN ke BPN kantah.
"Iya itu punya gue. Gw punya HGU disana, gw bayar pajak tiap tahun, itu tanah tercatat di Neraca perusahaan gw, data terlampir. Jadi Tolong Jangan diproses tuh permohonannya ponpes"

Jadi unsurnya akan panjaaaaang sekali dan ada beberapa mekanisme yg harus dilakukan soal Penguasaan Fisik Tanah dan Kepemilikan Tanah Idle.
(Idle ya bukan Terlantar)

Ga serta merta tanah kosong.
Dikuasain dan langsung bilang itu punya dia. Gabisa gitu.

Yang bikin gaduh mah diaa.. wkwkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukakuda dan 52 lainnya memberi reputasi
profile picture
m0de83g0
kaskus addict
berarti rijik cs pengennya itu tanah punya dia ya?? waddawww keturunan siapa itu?? emoticon-Leh Uga
profile picture
Kaum kdrone ituh meyakini kalo tanah dimuka bumi ini milik Allah semata...
profile picture
bersinarcoin
aktivis kaskus
katanya sih auto sertifikat..harusnya doi ikut program sertifikasi tanah gratisnya jokowi yakk

Namun ia menggarisbawahi, bahwa dalam Undang-Undang Agraria Tahun 1960 disebutkan, jika lahan kosong ditelantarkan dan digarap oleh masyarakat lebih dari 20 tahun lamanya, maka masyarakat berhak membuat sertifikat.

Sedangkan, tanah itu kata Habib Rizieq, sudah digunakan masyarakat 30 tahun lamanya, dan masyarakat berhak membuat sertifikat.
profile picture
akumidtorc
kaskus geek
Jadi inget portanigra.

Temen gue ada tuh kasus kyk gitu. Tanah Warisan babe nya udah dikapling2 sama orang lokal sana. Ketahuan pas rencana dijual. Giliran diusir galak, minta ganti rugi. Lah selama nempatin tanah ilegal apa pernah bayar? Koq tau2 minta ganti rugi. Yg nyuruh lu bangun rumah disitu siapa. Kampret bener.
profile picture
kalau auto sertifikat, apakah ponpes bayar PBB setiap tahun atau paling ngga terima tagihan PBB lah.

kalao kaga berarti bukan tanah milik ponpes..
profile picture
bersinarcoin
aktivis kaskus
@karedokpedes "pilih guwa bayar tunggakan pbb 7 tahun ke negara, atau negara bayarin ganti rugi bangunan guwa kalo cabut dr sini?!?!"

logic sang imam besar sih gitu kyknya
profile picture
Kepanjangan bre

Kadrun mana mau baca
emoticon-Big Grin
profile picture
yify
kaskus addict
ente notaris ppat ya gan?
profile picture
rs2006
kaskus addict
@night.fury95 memang gak akan dibaca.. Otak merekapun gak akan nyampe kalaupun dibaca
profile picture
rs2006
kaskus addict
Ini berita lama 2017

TEMPO.CO, Bogor - Kompleks Pondok Pesantren Alam dan Agrokultural, pimpinan Rizieq Shihab, serta Markaz Syariah yang berlokasi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, merupakan lahan garapan milik Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, Hak Guna Usaha (HGU) Gunung Mas.

"Pesantren di bawah pimpinan Riziq itu bukan milik Perhutani seperti yang diberitakan sebelumnya, akan tetapi berada di lahan PTPN VIII Gunung Mas," kata Camat Megamendung Hadijana kepada Tempo, Selasa, 1 Februari 2017.

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Syihab, dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal Markas Besar Kepolisian RI terkait dengan kasus tanah. Rizieq diduga terlibat dalam kasus dugaan penguasaan tanah yang tidak sah.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul mengatakan seorang berinisial E melaporkan Rizieq ke Bareskrim pada 19 Januari 2017. "Dilaporkan atas penguasaan tanah yang tidak sah seluas 8,4 hektare di wilayah Megamendung, Cisarua, Bogor," ucap Martin di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Jumat, 27 Januari 2017.

Hadijana mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh petugas Kecamatan Megamendung, lokasi markaz Syariah yang juga merupakan Pondok pesantern, berada di dua desa yakni desa Kuta dan Sukagalih milik PTPN VIII HGU Gunungmas yang digarap warga. "Status over alih lahan garapan dari warga, dengan luas sekitar 39.665 m2, berada di blok Acret, dan paling luas masuk ke wilayah Desa Kuta," kata dia.

Menurutnya, ambil alih lahan garapan dari warga kepada Riziq itu dilakukan pada 2013 lalu, yang diperkuat dengan surat tanda bukti over alih lahan garapan dari salah seorang warga sekitar bernama Beni. Kesepakatan itu ditandatangani di atas materai yang disaksikan oleh Kepala Desa, Ketua RT, RW dan warga sekitar.

"Dalam kesepakatan over alih lahan garapan tercatat oleh kantor desa, karena Kepala Desanya menandatangani surat itu, kami dari pihak kecamatan tidak punya kewenangan," kata dia.

Camat mengatakan, sepengetahuannya penyerahan over alih lahan garapan tersebut merupakan salah satu CSR dari pihak PTPN VIII, HGU Gunung Mas kepada yayasan atau Ponpes milik Riziq. "Biasanya tanah milik PTPN berstatus HGU yang dijadikan CSR untuk yayasan, ponpes atau pada warga untuk digarap ini merupakan lahan yang sudah tidak produktif dan berada dekat dengan pemukiman," kata dia.

PTPN selain menyerahkan lahan sebagai CSR biasanya juga ada lahan milik PTPN yang dijadikan KSO dengan pihak lain dengan syarat dan perjanjian sesuai kesepakatan, "Lahan milik PTPN yang di CSR atau Kerja Sama Operasi (KSO) kepada pihak ketiga ada batasnya sesuai dengan kesepakatan, " kata dia.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Megamendung Iwan Relawan mengatakan, berdasarkan informasi, lahan milik PTPN VIII HGB Gunung Mas, yang sebelumnya merupakan lahan eks Perkebunan Cikopo Selatan ada sejumlah lahan garapanya berstatus CSR dan KSO kepada yayasan, pihak ketiga dan perorangan. "Sepengetahun kami bukan hanya lahan garapan milik Habib Riziq yang berdiri di lahan PTPN, namun yayasan dan pihak ketiga lain pun ada yang memanfaatkan lahan itu dengan status CSR atau KSO," kata dia.

Dia mengatakan sejumlah lahan milik PTPN yang menjadi CSR tersebut di antaranya digunakan untuk Yayasan Ponpes Mustafawiyah, Darul Innayah, dan lahan untuk pembangunan Pasar Pasir Muncang.

"Sedangkan lahan milik perkebunan yang di KSO di antarakan kepada JSI untuk lokasi trail/Offroad bahkan KSO untuk Korem yang digunakan untuk latihan perang pekan lalu," kata dia.

Sumur: https://nasional.tempo.co/read/news/...ung-milik-ptpn
profile picture
bersinarcoin
aktivis kaskus
ptpn kasih ke rizieq dalam bentuk csr itu tanah

hmmm
profile picture
baru denger CSR dikasih lahan untuk dibangun ponpes.

biasanya CSR untuk memajukan masyarakat sekitar agar masyakat tersebut maju, seperti bantuan UMKM atau bantuan training.

Enak banget dapat lahan gratis, udah 7 tahun pula.
profile picture
vlir
kaskus addict


Selama tanah itu msh pemilik lama dan bayar pajak tiap thn atas tanah itu

Maka kepemilikan ga bs diambil paksa


Mau diapain tanah nya urusan pemilik
profile picture
Andirujak
aktivis kaskus
Masyarakat kan belum buat sertifikat. Sekarang masyarakat juga sudah tidak bisa mendaftarkan karena sudah melepas garapan. Tidak ada yang namanya auto sertifikat, itu berkhayal namanya. @bersinarcoin
profile picture
Spartan King
kaskus holic
kan MRS gak bilang itu tanah hak milik dia, atau malah bilang kuasanya dia. Sebelum ngepost Panjang2 update dolo infonya panjul emoticon-Big Grin
profile picture
Kesakitan
kaskus addict
[mention]Spartan King[/mention]
@SpartanKing @Spartan King


Ini saya kutip beritanya

"Saya sampaikan kepada pemerintah. Kalau memang pemerintah lahan ini untuk diambil oleh negara, kami tidak akan menolak. Silakan kapan saja, kalau memang merasa ini tanah negara. Tapi tolong kembalikan semua uang yang sudah dikeluarkan umat supaya untuk membuat lahan di tempat lain dan membangun yang sama," cetusnya.

"Tapi kalau seenaknya merampas, diam atau lawan, diam atau lawan. Lawan!. Kita beli kan beli bukan pakai daun tapi pakai duit," sambungnya.


Saya ga komentari soal tanah bilang milik HRS. Tapi saya komentari cara dia menghuni lahan PTPN dan mengklaim merasa tanah tsb Terlantar, merasa yang ngelola lahan tsb punya hak, pas dibuktikan kalah ga punya alas hak malah minta ganti rugi, udah gitu muterbalikin fakta lagi dibilang mau merampas.
Itu mah udah keterlaluan menurut saya.

Saya udah post panjang panjang lain kali dibaca dan dipahami dulu ya, baru ngatain panjul.
profile picture
bersinarcoin
aktivis kaskus
@Kesakitan udah2 sesama cebong dilarang saling panjul
profile picture
Spartan King
kaskus holic
@Kesakitan justru elu sebelum post pastikan infonya bener. atau mungkin infonya bener tapi asumsi elu ngawur. benci boleh goblok jangan..gitu lho panjul emoticon-Ngacir
profile picture
Kesakitan
kaskus addict
[mention]Spartan King[/mention] hah? Bagian mana yang harus dipastikan infonya bener?? Lo ngerti ga sih yang gw komentarin nih apaan.
Gw udah bilang kan. Dibaca dan dipahami dulu komen gw. Yang goblok itu elu. Belom paham atau ga baca kali ya.
Elu Belajar dulu deh sana. Tingkatin ilmu lu.

Yang goblok itu elu. Ga tau ilmu hukum dan pertanahan malah komen soal hak milik ma kebenaran info.
Belajar dulu sana.

Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 20 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di