CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
[Review] Xiaomi Mi 10T Pro
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fddccdb365c4f2e4d38fc23/review-xiaomi-mi-10t-pro

[Review] Xiaomi Mi 10T Pro + Case

Sejak dirilis pada akhir September 2020, ane langsung tergoda dengan adanya Mi 10T Series ini. Ngarep masuk ke Indonesia, eh ternyata beneran dibawa masuk sama Xiaomi Indonesia, alhasil langsung PO di hari pertama deh kemarin tanggal 10 Desember 2020. Mau PO di mi.com tapi langsung sold out, jadi terpaksa via jd.id deh. 

Dan yang bikin males beneran terjadi, tanggal 12 Desember barang sudah diproses dan masuk ke DC Marunda lalu langsung dikirim ke kota ane. Tanggal 14 pagi sudah sampe kota ane, dan langsung kontak dengan kurir untuk share lokasi GPS, dijanjikan dikirim sekitar jam 5 sore. Oke deh kalo gitu, ane tungguin di kantor karena kalo dikirim ke rumah ane kasian kurirnya, agak susah ditemuin soalnya rumah ane, masuk-masuk jalan kecil. Ternyata ditungguin sampe jam 10 malem kaga dikirim, ane WA dan telepon si kurir ga ada balasan, kapok bener deh belanja di jd.id kalo dapet kurir JX ini. Untungnya besoknya akhirnya dikirim juga tuh Mi 10T Pro ane, dikirim tanggal 15 Desember sekitar jam 2 siang.

Semangat nih langsung unboxing, semua aman sih. Begitu dibuka, sesuai prediksi, cakep bener nih emang Lunar Silvernya.

Spoiler for Mi 10T Pro:




Setelah pake selama kurang lebih 4 hari, ane coba berbagi review ini deh, semoga bisa membantu buat yang berminat beli nih smartphone, ataupun yang nggak minat siapa tahu jadi tergoda. Langsung ke aspek yang mau ane bahas aja ya:

1. Performa.
Skor 9/10
Dengan Chipset SD865, Adreno 650, dan RAM 8 GB UFS 3.1 jangan ditanya deh, dijamin ngebut. Buat gaming berat aja dilibas, apalagi penggunaan sehari-hari saja, dijamin tanpa kendala.

2. Desain & Build Quality
Skor 9/10
Khusus ini ane cuma bahas yg warna Lunar Silver ya. Mantap dipandang, dilapisi Gorilla Glass 5, tidak mudah kena bekas sidik jari, dan terlihat premium, ane tidak bisa minta lebih, mantap. Cuma memang tidak ane beri poin sempurna karena bisa dibilang smartphone ini tergolong sangat besar dan berat, kalo dipegang lama bisa jadi akan berasa agak melelahkan.

3. Kamera.
Skor 8/10
Sebetulnya ane berharap lebih pada kameranya, ane eks user Huawei Mate 20, mari kita lihat beberapa sampel foto contoh di bawah ini, foto atas selalu hasil dari kamera Mi 10T Pro, dan di bawahnya adalah hasil dari foto Huawei Mate 20:

Spoiler for spoiler:


Spoiler for Makro 2:



Untuk kamera makro (di Mate 20 tidak ada lensa dedicated, jadi ane pake mode makro) sudah jelas Mi 10T Pro pemenangnya, hasil foto lebih detail dan bisa jauh lebih dekat, lihat di foto pertama, hasil foto Mi 10T Pro bisa lebih dekat dibanding Mate 20 ane. Lanjut ke foto outdoor:

Spoiler for Outdoor 1:


Spoiler for Outdoor 2:



Dari kedua foto outdoor di atas ane justru melihat detail yang ditangkap pada bagian shadow masih lebih baik di Huawei Mate 20, walaupun secara warna memang Mi 10T Pro lebih bagus dan menyerupai aslinya (Mate 20 entah kenapa jadi lebih warm dibanding aslinya). Lanjut ke foto indoor dengan pencahayaan bagus:


Spoiler for Indoor 1:


Spoiler for Indoor Wide Angle:


Untuk wide angle, lagi-lagi hasil foto dari Mate 20 sedikit lebih tajam, bisa coba zoom di beberapa bagian foto di atas akan terlihat hasil foto kamera Mate 20 lebih detail, tapi dengan warna lebih oke di Mi 10T Pro, lebih menyerupai aslinya. Lanjut ke kondisi outdoor dengan lensa wide angle:

Spoiler for Outdoor Wide Angle:


Untuk foto outdoor dengan lemsa wide angle ini detail keduanya berimbang, Mi 10T Pro unggul tipis menurut ane di detail langit, dan tidak ada efek sharpening ketika di-zoom, Mate 20 terlihat sedikit lebih detail, tapi ketika di-zoom akan nampak efek sharpening-nya. Mari kita ke sampel dengan kondisi low-light:

Spoiler for Low Light:


Spoiler for Low Light Total:


Anehnya, ane pikir awalnya Mi 10T Pro akan kalah dalam kondisi low-light, karena sejak seri P20 Pro Huawei sangat terkenal dengan hasil foto saat kondisi low-lightnya. Tapi kenyataannya bertolak belakang, hasil foto Mi 10T Pro lebih detail, terang, dan warna juga lebih natural, kali ini Mi 10T Pro unggul cukup telak.

Overall, kamera  Mi 10T Pro ini masih berani diadu dengan flagship tahun lalu seperti Galaxy Note 10 Series, S10 Series, atau Huawei Mate 20 Series, untuk low-light rasanya Mi 10T Pro ini masih salah satu yang terbaik sampai harga sekitar 10 juta. Oh, sekedar saran, jangan gunakan lensa wide-angle untuk kondisi low-light, parah hasilnya.

4. Display
Skor 9/10
Walaupun bukan panel OLED/ Amoled, refresh rate 144hz ini benar-benar memanjakan mata, smooth banget, dan ane tidak merasakan adanya touch delay sama sekali. Walaupun untuk urusan warna hitam memang panel OLED/ Amoled masiah yang terbaik, tapi untuk urusan warna dan smoothness-nya sih ini masih yang terbaik menurut ane.

5. Sound
Skor 8/10
Suara yang dihasilkan keras, lebih keras dari Mate 20 ane, cuma memang terkesan kurang bass, lebih dominan treblenya. Untuk dengerin lagu akustik/ gaming sih enak, tapi kalo untuk lagu metalcore/ R&B kurang mantap.

6. Baterai
Skor 9/10
Bukan yang terawet, tapi ini flagship, jangan dibanding dengan smartphone mid-end yg SoC-nya tidak sepowerfull ini dan jangan lupa, displaynya sudah 144hz. Untuk daya tahan baterai bisa cek screenshot di bawah ini:

Spoiler for Battery Usage:


Untuk penggunaan ane, rata-rata hampir selalu tembus 7 jam SOT. Kondisi aktif 18-24 jam, menggunakan sinyal 4G 50% dan wifi 50%, untuk foto-foto sekitar 1 jam, gaming 1,5 jam, sosmed & chat 3,5 jam, nonton Youtube 1 jam, sisanya untuk dengerin musik dll. Display set ke 144hz, dan tidak pernah mengaktifkan Battery Saving Mode. Untuk pengisian daya dari 10% sampai 100% sekitar 55-60 menit. Mantap.

Overall: 9/10
Untuk harga 7 juta, ane rasa smartphone ini tidak ada lawannya. Bahkan bisa membunuh "saudaranya sendiri", Poco f2 Pro, yang bisa dibilang hanya unggul di display Amoled dan fullscreen-nya saja. Smartphone ini benar-benar all-rounder, jika ukuran besar dan bobotnya tidak jadi masalah berarti, rasanya tidak ada alasan untuk tidak merekomendasikan Mi 10T Pro ini.

UPDATE:

Berhubung case bawaan ga bisa melindungi camera bump, terpaksa beli case lg deh.

Penampakan:
Spoiler for :


- Camera bump terlindungi
- Ada 3 titik panel kecil di tiap sudut bawah & kanan atas setinggi pelindung camera bump, jd kalo diletakkan di meja bagian tonjolan camera bump & ketiga titik tersebut yg menyentuh meja, tidak seluruh permukaan case-nya.
- Semua lubang presisi, potongan jg rapi & tidak tajam. Mantap.
- Desain sih tergantung selera, kalo ane suka, tidak menutupi keindahan bagian belakang HP ini.
- Pinggiran ada list hitam tp tidak tebal, jd ketika digenggam menurut ane sih tidak berbeda dengan case bawaan.
- Ada perlindungan ekstra di tiap sudut case bagian luar untuk menahan benturan.

Overall puas banget sih untuk harga tidak sampai IDR 70.000, beli di Toko Orange dari Tiongkok, pengiriman cm sekitar 1 minggu, mantap deh.
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembulz89 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh K.U.M.A.R.A
wehh, kira2 selisih kameranya jauh gak ya sama mi10t?
profile picture
Beda d ois sama eis aj sih klo mnrt review d luaran
profile picture
TS K.U.M.A.R.A
Moderator Kaskus
Saat pencahayaan bagus sih ga signifikan bedanya, mirip. Tp untuk low-light & rekam video jelas Mi 10T Pro lebih oke.
emoticon-Motret
profile picture
adhelf
kaskus addict
@K.U.M.A.R.A mod, untuk video kamera depan, mantep ga masalah stabilisasinya?
profile picture
TS K.U.M.A.R.A
Moderator Kaskus
@adhelf malah belum cobain, jarang banget pake kamera depan utk rekam video.
emoticon-Turut Berduka
profile picture
adhelf
kaskus addict
@K.U.M.A.R.A cobain mod, ane juga ga sering make. cuman pasti nanti ada momennya bakal kepake wk
profile picture
TS K.U.M.A.R.A
Moderator Kaskus
@adhelf sepanjang ane make smartphone sekitar 8 tahun lalu sampe saat ini belum pernah pake tuh.
emoticon-Ngakak
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 6 dari 6 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di