CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Setelah Hayabusa Kini Giliran Chang'e, Sama-sama Jagoan Antariksa Dari Asia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fdb5b52a2d19543ce492537/setelah-hayabusa-kini-giliran-change-sama-sama-jagoan-antariksa-dari-asia

Setelah Hayabusa Kini Giliran Chang'e, Sama-sama Jagoan Antariksa Dari Asia

Foto: Xinhuanet.com

Pesawat luar angkasa Cina sudah kembali ke bumi membawa sampel tanah bulan, Kantor berita Cina "Xinhua" juga melaporkan bahwa pesawat ruang angkasa "Chang E-5" mendarat di wilayah utara Mongolia. Chang'e Kembali setelah menyelesaikan misi penerbangan ke antariksa guna pengambilan sampel tanah bulan dan kembali ke Bumi dengan membawa sampel tanah bulan tersebut.

Pusat Administrasi Luar Angkasa Nasional Cina mengatakan jika Chang'e mendarat di Sizhuang, atau Durbud, Mongolia, pada Kamis 17 Desember 2020 dini hari waktu setempat.

Cina meluncurkan Chang'e-5 pada 24 November dan meluncurkan pesawat luar angkasa di bulan pada awal Desember. Keberhasilan ini di ciptakan oleh pesawat luar angkasa Chang'e-5. Dengan ini berhasil pula menjadikan Cina sebagai negara ketiga yang berhasil mengambil sampel tanah dari bulan, yang sebelumnya didahului oleh Amerika Serikat serta Uni Soviet.

Foto: space.com

Misinya adalah mengumpulkan dua kilogram sampel, namun jumlah yang berhasil dibawa Chang'e belum terungkap, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

[B]Apa kegunaan tanah bulan yang dibawa kembali oleh Chang'e 5?[b/]

Wu Yanhua menunjukkan bahwa tanah bulan yang dibawa kembali oleh Chang'e-5 mencakup tiga jenis kegunaan. Jenis pertama atau tujuan utama adalah untuk melakukan penelitian ilmiah, tujuan kedua, agar dapat dilihat langsung publik karena beberapa sampel akan dimasukkan ke Museum Nasional Tibet, dipamerkan kepada publik untuk tujuan pendidikan sains populer.

Foto: skyandtelescope.org

Jenis ketiga, sesuai dengan konvensi kerja sama internasional dan perjanjian kerja sama multilateral dan bilateral, metode pengelolaan sampel dan data bulan akan dikeluarkan untuk dibagikan kepada ilmuwan di negara terkait dan dunia. Beberapa di antaranya dapat diberikan sebagai hadiah nasional sesuai dengan kerjasama internasional.

Li Chunlai, peneliti di National Astronomical Observatory of the Chinese Academy of Sciences dan wakil kepala desainer tahap ketiga proyek eksplorasi bulan, mengatakan bahwa Chang'e 5 juga mencakup proses pendaratan benda luar angkasa lainnya dan pemilihan wilayah. Ini sebenarnya merupakan penelitian strategis jangka panjang dan proses perkembangan teknologi di masa mendatang.


Referensi: Xinhua: Xi congratulates complete success of Chang'e-5 mission
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andriboems dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052
entah kapan indonesia
profile picture
Gabakal wkwkwk
Imho si kalo majuin iptek buat indo yg bisa dijual dulu
Kaya mesin pabrik hp kendaraan alat2 militer
Biar gedein ekonomi dulu
Luar angkasa mah cuma gengsi2 an doang si
profile picture
azrael710
kaskus holic
Indo aja mau gabung penelitian planet luar dan alien banyak di cekal sama di cibir warga. gmn dgn yang ini? gak bakal maju Indo kalau dicibir trooos
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di