CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / ... / Stories from the Heart /
Kapok sama Bengkel-Bengkel Motor yang Saling Berdekatan !! Begini Kisahnya…
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fd71122349d0f3bb724ab88/kapok-sama-bengkel-bengkel-motor-yang-saling-berdekatan--begini-kisahnya

Kapok sama Bengkel-Bengkel Motor yang Saling Berdekatan !! Begini Kisahnya…


Sumber : Google

Sekitar semingguan yang lalu ane mampir ke bengkel motor dipinggir jalan yang lokasinya hampir berdekatan. Memang motor ane dirasa sudah tidak enak banget tarikan nya, karena sudah hampir 3 bulan belum ganti oli sedangkan jarak tempuh motor ane tiap hari itu sekitar 40 km. Ketika pulang kerja melihat ada bengkel yang jam 6 an sore masih buka ane mampirlah kesana untuk sekedar ganti oli sambil berniat Magriban di mesjid yang terlihat tak jauh darisana.

Ane pilih-pilih dah tuh bengkel yang mana ya yang agak bersihan dikit dan rapih sehingga ane merasa nyaman untuk menunggu nya walaupun antri sedikit. Oke ane pilihlah bengkel yang sebelahnya ada tukang minuman kekinian karena ane pengen yang manis-manis. Bengkel nya juga rapih dan terbilang bersihlah katanya sih masih baru pindahan dari bengkel sebelumnya.
Setelah giliran motor ane diganti oli ya ane sekalian aja lah minta di servis mumpung masih ada waktu dan sempat ke bengkel, oh ya sebelumnya motor ane disini Honda Scoopy keluaran 2016. Di bongkar lah tuh sama si Abangnya. Ane kaget ko bongkarnya total banget sampe semua-semuanya di bongkar dan yang ane merasa salutnya lagi ini bengkel modelan seperti ini mencoba meng inject motor ane gan dengan alat kompresor nya itu. Ane sebelumnya sempet khawatir lebih baik gausah seperti itu karena udah malem takut kelamaan kalo terjadi kendala. Servis ringan aja yang simpel-simpel gitu.

Si pemilik bengkel malah berinsiatif ke montirnya di inject aja. Masuklah alat tersebut ke bagian (ane gak ngerti banget motor ya tapi yang ane lihat sih seperti itu) pokonya kelistrikan yang di deket tangki bensin itu tapi setau ane itu pulpam ya yang di bagian dekat tangki isi bensin. Di tengah prosesnya alatnya mati dong dan si montir nya kelabakan bingung tapi sok menutup-nutupi begitu. Alhasil motor ane jadi gabisa hidup dan sekalinya hidup ngeberebet gitu kayak motor yang chuck atau perapian udah kena gitu terus mati lagi. Ane udah ngedumel aja tuh sambil bergumam gimana si bisa atau engga bang ? dan si abangnya ngejawab oh ini mah hal biasa ko tunggu dulu aja ya bang. Yaudah ane tunggu deh dengan perasaan gelisah.

Setelah di otak atik cukup lama akhirnya hidup tuh motor nya tapi ane ngerasa ga puas dan ini belum selesai karena gas nya seperti kembang kempis gitu. Akhirnya si pemilik bengkel sok berinisiatif mau mencoba test drive gitu. Buset dah ane tungguin sejam lebih ga balik-balik dibawa kabur apa gimana si motor ane. Si montir nya juga ketika ditanyain itu bos nya kemana jawabnya gatau-gatau sambil ngeberesin motor yang lain. Ane suruh telpon aja katanya gapunya hp. Terus yang bikin dongkol nya lagi dia ngomong ke ane sambil ketawa-ketawa “mati dijalan kali motornya bang”. Ane udah kesel banget mau ane obrak-abrik tuh bengkel. “Sini motor lu gua pinjem” ane langsung teriak begitu dan doi kaget mau kemana bang. Ane bilang aja mau makan sekalian ke mesjid solat isya. Buang-buang waktu gua disini. Dengan kelihatan berat hati dia ngasih kunci motornya.

Setelah cukup lama ane balik lagi pun motor ane belum balik. Makin kesel ane waktu udah menunjukan sekitar jam 8an lewat. Sekitar jam setengah 9an balik lah tu si pemilik bengkel. Ane tanyain “lu kemana aja si bang” dia menjawab motor ane di bawa ke bengkel temennya dan bengkel temennya ga sanggup juga katanya ada yang musti diganti tapi stock nya lagi kosong. Akhirnya si pemilik bilang yaudah gausah bayar deh bang dan ane masih berinisiatif bayar untuk oli nya aja. Setelah itu si pemilik menyarankan ane ke bengkel kawan nya lagi yang ternyata masih buka jam segitu di sekitar tikungan sedikit dari jalan bengkel dia. Di tanya lah kenapa keluhannya dan di bongkar sama si tukang bengkel nya. Katanya pulpam nya kena gara-gara kesalahan inject kompresornya, terus sensor TPS nya juga kena yang sialnya lagi dia ngebuka saringan udara ane dan dia bilang kena juga wkwk. Dia bilang sudah tidak layak dan maen di buang aja ke tempat sampah apa urusannya sama saringan. Ini orang kalo disitu ga ada temen-temennya udah ane hantem kali udah geram banget ane. Setelah itu ane bilang yang paling pentingnya aja dulu bang. Disarankan lah ane ganti sensor TPS nya dia jual seharga 150ribu oh ya tak lupa ketika cek penyakit motornya ane di tembak harga 30 ribu. Awalnya ane kasih 20 ribu dia bilang ya yang wajar aja lah bos.

Ane kesel minta copot sensor TPS nya pake punya ane yang tadi aja motor ane masih bisa nyalah ko tadi meskipun ga enak, besoknya ane berencana izin setengah hari mau ke bengkel resmi aja. Dan di copot sama dia di pasang yang punya ane tadi jadi gabisa hidup sama sekali motornya wkwk, kata dia tuh kan bang emang ini udah harus diganti, terpaksa ane mengganti. Pas dia nge ganti lagi dia bilang emang tadi disana gimana bang, itu mah bengkel baru montir nya masih amatir, kalo saya kan emang sekolahnya mesin dan pengalaman saya udah banyak. Tadi abang bayar ga disana ? ane jawab ngapain saya bayar, motor saya jadi rusak begini. Kata dia tadi mah bayar aja bang barang 30ribu kasian. Saat itu ane udah ngepalin tangan nih saking keselnya. Saringan pulpam ane sama dia cuma di bersihin-bersihin gitu. Kemudian saringan udara terpaksa ane harus membelinya karena sudah di buang sama dia seharga 60 ribu dan bukan yang Honda punya ane tawar jadi 50 ribu meskipun ane merasa masih kemahalan.

Singkat cerita pulang lah ane dengan perasaan kesal dan masih ga puas pokoknya. Sebelumnya, tidak jauh dari itu bengkel, ane mampir beli nasi goreng dulu titipan istri dirumah. Abang tukang nasgornya ternyata udah ngeliatan ane daritadi di bengkel dan berkata “abang dari bengkel itu ya” ane jawab singkat “iya” terus itu tukang langsung ngomong banyak “abang sebelumnya diarahin sama bengkel yang lain gak kesitu ? soalnya rata-rata disini begitu bang, kadang yang di tempat abang tadi juga suka ngarah-ngarahin ke bengkel yang di tikungan itu (bengkel yg ngebuat motor ane rusak sebelumnya) atau bengkel yang diujungnya lagi. Itu semua orang-orangnya sama bang dan suka lempar-lemparan gitu biar montirnya dapet duit semuanya dan biasanya itu cari korbannya pas udah malem-maleman begini bang”. Ane udah lelah termakan emosi ane cuma senyum-senyum aja tuh terhadap kang nasgor yang berbicara seperti itu. Pokonya kapok ane gamau lagi kesini. Motor ane yang tadinya bisa di starter jadi mesti di engkol dan kalau berhenti gas nya harus stay kalo di lepas mati. Dan sudah banyak kerugian habis waktu habis uang banyak juga tapi hasil ga maksimal.

Keesokanya, karena ane ngantor jauh dan ane ga yakin sama motor tersebut jadilah ane berinisiatif mencari bengkel lain. Di bengkel resmi ane berpikir mungkin bisa habis makin banyak ini dengan kondisi motor ane yang seperti ini. Akhirnya ane cari bengkel-bengkel pinggir jalan lagi tapi jauh berbeda lokasi. Di bengkel yang pertama ane kunjungi ane ditanya keluhan nya apa ane jelasin dah tuh sambil menggebu-gebu perasaan kesal ane. Akhirnya si bengkel tersebut menolak untuk hal ini lebih baik mas nya ke bengkel yang lebih komplit peralatannya karena ini nanti injectnya akan di cek menggunakan alat injeksi nya dan kemungkinan akan di reset ulang. Kami gamau sembarangan mas. Saya si merekomendasikan bengkel di blabla itu sangat lengkap professional dan murah kualitasnya hampir seperti bengkel resmi dan dia ada after sales service nya kalo terjadi kerusakan lagi bertanggung jawab. Akhirnya saya berterimakasih setidaknya bengkel tersebut jujur akan ketidak sanggupannya dan tidak mengelabui customer hanya semata-mata uang.

Setelah ane sampai di bengkel tersebut dan di cek. Montir nya geleng-geleng ini abang dari bengkel mana ko masang penutup pulpam ini aja terbalik (ulah si tukang bengkel yang katanya sekolah mesin dan pengalamannya banyak). Ini sensor TPS nya kenapa pakai yang jenis ini sensor TPS murahan punya, mending punya abang yang lama saya benerin kalo masih ada. Sayang nya sensor ane ga ane bawa melainkan ane buang di bengkel yang semalam. Setelah 1 jam lebih selesai tuh motor ane dan ane merasa puas sekali. Di gas enak lagi meskipun dia menyarankan untuk ganti saja pulpam nya memang agak mahal 1 set nya 500an ribu tapi kalo mau di gunakan kembali tidak masalah barusan sudah saya benerin lagi dan diganti saringannya. Dan saran saya bang jangan sembarangan injeksi sebab motor begini kalo udah kesalahan injek ya akan rusak dan mesti di scan ulang. Disitu ane kena 150an ribu sembari ane ganti bohlam lampu depan jadi 180ribuan.
 
Pesan ane.. kita harus lebih jeli lagi terhadap keculasan-keculasan seperti ini. Dan kalo ngebengkel itu lebih baik ditanya dulu kesanggupan dia dan berapa harga nya. Bengkel tersebut berada di kawasan Tangerang yang ane ga menyebut lokasi pastinya, yang pasti berhati-hatilah sama bengkel motor yang jaraknya berdekat-dekatan. Tanpa mengurangi rasa hormat kepada agan-agan yang punya bengkel atau kerja di bengkel, ane mohon maaf cuma berbagi cerita yang sebenar-benarnya. Terimakasih.

Salam hangat dariku : nutracker
Sumber : Pengalaman Pribadi

profile-picture
profile-picture
profile-picture
topantita dan 83 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nutracker
Kadang yang resmi juga bandel gan, ane pernah ganti rantai 1 set masa kena 700rb lebih, dibilang rusak inilah itulah.

Singkat cerita kapok ke bengkel resmi, akhirnya nyoba bengkel motor deket rumah kebetulan itu bengkel udah lama, yang punya juga udah tua jadi ane merasa lebih aman.

Ternyata emang pengalaman menentukan skill gan, dulu bolak-balik ke bengkel resmi, kadang motor mati sendiri lah, oli bocor mulu lah. Selama di pegang pak haji, sampai sekarang motor ane aman jaya.

Tipu-tipu doang orang bengkel resmi bilang mesin motor ane udah tua lah, bocor lah, masa setiap bulan bocor oli mulu emoticon-Ngakak
profile-picture
nutracker memberi reputasi
Diubah oleh cardiology
profile picture
dam.dom
kaskus maniac


Wkakakaka Bener gann..
Dulu ane kerja di Bengkel resmi..
Culas ? emang.. Kadang takeran oli di kurangin lah ,sisanya di mereka tampung lagi..Bohlam KW yg harganya 3000 an bisa jadi mereka jual pake harga ORI. alhasil gw gedek dan out buka bengkel sendri emoticon-Ngakak
kasian konsumen kalo gini terus mah..
Tapi 1 sisi kenapa Beres suka maen ganti sparepart selain ningkatin penjualan ya ngejaga brand mereka supaya ga ada stigma kalo brand mereka mogok di jalan. gitu aja sih.. sisanya ya nilai sendiri deh.. wkwkw
profile picture
TS nutracker
aktivis kaskus
@dam.dom waduhh nice info ini gan.
profile picture
TS nutracker
aktivis kaskus
Memang cocok2an gan kalo ngebengkel itu.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di