CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ada Yang Belum Tau Tidak Fungsi Batu Kerikil Dilintasan Rel Kereta Api? Ini Fungsinya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fccd11cdbf7646ed714a351/ada-yang-belum-tau-tidak-fungsi-batu-kerikil-dilintasan-rel-kereta-api-ini-fungsinya

Ada Yang Belum Tau Tidak Fungsi Batu Kerikil Dilintasan Rel Kereta Api? Ini Fungsinya

Foto: Tribunnews.com

Bepergian dengan kereta api adalah pengalaman yang luar biasa sewaktu dalam perjalanan kita dapat melihat pemandangan alam yang menakjubkan jika melintasi persawahan yang luas, serta hutan yang masih asri dengan udara yang sejuk tentu membuat perjalanan menggunakan kereta api semakin menyenangkan bukan.

Satu hal lagi yang kerap selalu kita lihat selama perjalanan adalah batu-batu kecil (kerikil) yang tergeletak disepanjang jalur rel, kadang bertanya-bertanya dalam hati buat apa sebenarnya kerikil itu dijalur rel, bukannya batu ini bisa membuat roda kereta tergelincir atau jadi alat pelemparan orang jail yang tidak bertanggung jawab.

Jadi setelah saya googling dari mbah google ternyata fungsinya sangat vital juga loh GanSis.

Foto: kompas.com

Pada awalnya saya berpikir untuk menahan jalur rel itu cukup dengan kayu balok besar atau beton balok panjang, karena ini yang sering kita lihat saat berada di dekat rel kereta api ketika pembangunan jalur, secara fungsinya balok beton adalah sebagai pemberat dan tujua lainnya sebagai untuk tempat bantalan rel kereta api didudukkan. Lintasan rel disatukan kebantalan kemudian dikunci dengan baut antara balok dan lintasan rel agar lintasan rel tidak bergeser jika dilewati.

Rel kereta api merupakan sebagai jalur utama roda yang diapit tegak lurus dengan rel. Bantalan rel juga dikenal dengan beberapa sebutan seperti ballast dan dudukan, fungsi bantalan rel kereta api adalah untuk menjaga rel agar tetap vertikal dan berjarak sama lebar.

Jadi sistem pondasi pemasangan batu rel kereta dengan pondasi rumah itu berbeda jauh ya GanSis. Mengingat fakta jalur pemberat memiliki banyak kegunaan pertama-tama untuk memastikan bahwa jalur tetap berada di tempatnya sat kereta super berat melintasinya.

Fungsi batu kerikil diareal kreta api sebagai penahan longsor dari kikisan air hujan

Foto: grid.id

Jadi kerikil memainkan peran penting dalam menjaga vegetasi atau tumbuhan rerumputan karena kerikil tidak memiliki sifat kepadatan seperti pembetonan, jadi rumput dapat tumbuh di sekitar jalur tetap terkendali. Tujuannya rerumputan diseputaran rel berfungsi untuk mencegah tanah longsor atau terkikis akibat hujan dan menghambat tumbuhnya rumput liar yang berbentuk pohon kecil dan ilalang.

Jadi sangat bahaya jika diseputaran badan rel itu mengalami kelongsoran karena dapat mengubah jalur rel ketika dilintasi, lambat laun jalur akan semakin melenceng dan berbahaya.

Fungsi batu kerikil diareal kereta api sebagai peredam getaran

Foto: davablog.com

Ternyata batu krikil mampu mengurangi getaran berlebihan yang disebabkan kereta api melintas, jadi tentunya dapat merugikan bagunan yang berada di sekitar rel kereta api. Untuk meminimalkan getaran tersebut maka digunakan teknik kompresi yang cukup sederhana dengan menggunakan penyerap getaran dinamis.

Dan untuk mengurangi kebisingan yang disebabkan gesekan roda kereta api maka digunakan peredam dari karet EPDM atau Ethylene Propylene Diene Monomer karena ketahanannya yang tinggi terhadap panas, air, dan tekanan mekanis lainnya hasilnya, getaran sangat berkurang dan kebisingan berkurang sedikit, namun karet ini dipasang hanya diarea padat penduduk saja.

Jadi batuan krikil yang ada di lintasan rel jangan diambilin ya, karena sangat berbahaya bagi pengguna kereta api dalam jangka waktu yang panjang tanah diseputaran rel akan terkikis dan miring.


Referensi: Batu Kerikil di Rel Kereta Api Punya Fungsi Penting, Apa Itu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 49 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Sambelterasi052


Fungsi tambahan emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rotten7070 dan 30 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus addict
Wuanjirr foto ini jd saksi bisu emoticon-Leh Uga
profile picture
jogan46
kaskus addict
Wadaw.. fotonya berkata jujur
profile picture
darsokinyut
aktivis kaskus
Eeq bener orang seperti ini, bikin kaget malem2 aja
profile picture
tmgila
kaskus maniac
Ini fungsi tambahan kalo supporter bola sedang saling jamu di stasiun atau rel kereta sih emoticon-Hammer (S)
profile picture
Cucigosok
kaskus maniac
Anjas..ini foto jaman 2000an awal, waktu daerah manggarai banyak bocah akamsi yg nyalurin bakatnya emoticon-Ngakak
profile picture
gyrate
aktivis kaskus
Anjim

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile picture
Dulu waktu 2009, gerbong yng saya naikin ada yang nglempar batu kaya gitu. Ukuran lebar seukuran telapak tngan. Kaca pecah untung penumpangnya tidak apa2. Ampe aq waktu itu gak berani tidur. Daerah cirebonan. Orang yang nglempar emang gak ada otak. Gimana klo kena kepala orang bisa menhilangkan nyawa orang lain. Geblek emang.
profile picture
mingkki 
KASKUS Plus
Hanjung untuk dilempar lempar wkwkwl
profile picture
dilute_31
kaskus addict
Baru mo koment kaya gambar diatas udeh keduluan aje
profile picture
baper76
kaskuser
Geloo ieu mah. Teu boga otak nu ngalempar batu
profile picture
el.achmeedy
kaskus maniac
tahun kapan itu gan ? ane pernah ngalamin naik kereta terus ditimpukin pake batu ya bukan kerikil yg ada disekitar rel trs kaca pecah dan kena bocil ampe bocor palanya ngga tau kena pecahan kaca atau batunya ngga ada otak emang yg lempar batu ke kereta yang lagi jalan emoticon-Mad (S)
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 12 dari 12 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di