CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral Siswa Tetap Kerjakan PR Guru yang Baru Saja Wafat, Publik Terenyuh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc63f7ca727683f78056703/viral-siswa-tetap-kerjakan-pr-guru-yang-baru-saja-wafat-publik-terenyuh

Viral Siswa Tetap Kerjakan PR Guru yang Baru Saja Wafat, Publik Terenyuh



Viral Siswa Tetap Kerjakan PR Guru yang Baru Saja Wafat, Publik Terenyuh

Suara.com - Kisah seorang siswa SMA yang memberi penghormatan terakhir bagi mendiang guru fisikanya membuat publik terenyuh seketika.

Pasalnya, Siswa SMA di balik akun TikTok @randomakuzz tersebut memiliki cara tersendiri untuk menghomarmati sang guru yang baru saja meninggal dunia.

Dia tetap mengerjakan PR pemberian guru fisika yang baru meninggal satu hari sebelumnya.

Kendati belum paham betul pelajaran yang menyangkut penugasan tersebut, dia tak patah arang untuk mencoba mengerjakannya.

Alhasil, dia akhirnya bisa mengerjakan semua soal dan mengirimnya secara daring.

Kendati tidak akan diterima oleh sang guru yang baru saja meninggal dunia, dia tetap saja merasa puas lantaran bisa memenuhi penugasan terakhir itu.

PR tersebut menjadi langkahnya untuk menghargai guru yang semenjak pandemi belum pernah bersua langsung secara rutin lagi.

"Tugas terakhir dari almarhum guru fisika yang baru aja meninggal dunia kemarin," tulisnya memperlihatkan layar komputer yang berisi daftar tugas.

"Sebenarnya gak paham banget karena materinya susah dan belum dipelajari. Tapi dapat bantuan dari teman, jadinya bisa ngerjain. Selesai, tinggal kumpulin. Terima kasih ilmunya selama ini Pak. Semoga tenang di sana," sambung dia.

Kisah yang sontak membuat publik ikut pilu tersebut viral. Kekinian, video itu telah ratusan kali ditayangkan dan dipenuhi berbagai macam komentar.

Tidak sedikit warganet melayangkan pujian lantaran siswa sudi mengerjakan tugas terakhir dari guru yang sudah dijemput ajalnya terlebih dahulu sebelum sempat mengoreksinya.

"Gurunya pasti senang banget muridnya ngerjain tugas terakhir," ujar Ilham Renaldi.

Selain itu, dalam kolom komentar sejumlah warganet mengisahkan cerita serupa, ditinggal wafat oleh gurunya.

"I feel you. Dosenku pandemi semester lalu meninggal di saat UTS, tugasnya menjadi yang terakhir sebelum beliau meninggal," tukas Kusase.

"Jadi ingat guru gue 2 hari sebelum meninggal dia minta maaf sama muridnya, 'maaf kalau Pak Guru ada salah sama kalian', tiga kali diulang terus," balas Salsa disertai emotikon menangis.

"Gue ingat dulu lagi UAS PPKN, terus di mik sekolah diumumkan guru PPKN meninggal. Rasanya...." sahut warganet lainnya.
sumber

********
Dalam sebuah sisi kehidupan, selalu ada peristiwa yang memgharukan, yang bisa saja kita ambil pelajaran darinya. Dan sesungguhnya, peristiwa dan kejadian-kejadian seperti itu hanya bisa menyentuh hati mereka yang mau berpikir.

Soerang guru, adalah suri tauladan bagi seluruh muridnya. Meskipun setinggi apapun juga suatu saat muridnya mencapai kedudukan, pendidikan, jasa seorang guru tak pernah bisa lekang oleh waktu. Dan seorang murid, akan tetap menganggap guru yang dulu mengajarkan sebuah ilmu, tetaplah seorang guru baginya.

TS menyampaikan rasa hormat yang setinggi-tingginya bagi kaskuser yang mempunyai profesi sebagai guru. Entah guru bagi murid SD, maupun guru bagi murid SLTA. Apapun juga, seorang guru tak pernah dinilai dari ilmu apa yang dia ajarkan, tetapi sumbangsih bagi negeri inilah yang terpenting.

Profesi guru adalah profesi mulia. Itulah sebabnya mereka diberi gelar pahlawan tanpa tanda jasa, meskipun sebenarnya gelar ini hanyalah pemanis belaka, karena masih banyak ketimpangan yang dialami oleh sebagian besar guru, dari guru bantu hingga guru honorer, bahkan bagi mereka yang membaktikan diri menjadi guru dadakan karena ketiadaan seorang guru pada suatu wilayah.

Dan terkutuklah bagi mereka yang menyandang gelar guru, tapi mempunyai kelakuan merusak pada anak didiknya. Sesungguhnya mereka ini seperti malaikat yang terbuat dari api, bukan dari cahaya. Merekalah perusak masa depan.

Bagi sebagian murid, sebuah tugas pekerjaan rumah dari seorang guru adalah sebuah malapetaka. Tapi bagi mereka yang mempunyai keinginan untuk maju, tugas tersebut justru mengasah kemampuan ilmu yang telah diajarkan oleh seorang guru.

Dan ketika kita masih mengerjakan tugas dari seorang guru yang baru saja tiada, itu seperti kita membaca surat wasiat dari orangtua kita yang telah tiada, atau membaca surat cinta dari kekasih yang lebih dulu pergi meninggalkan kita.

Sulit untuk membayangkan, sedang apa mereka ketika kita tengah mengerjakan tugas itu, atau membaca surat itu.

Semoga saja sang guru tengah tersenyum dan melihat apa yang tengah dikerjakan oleh muridnya tersebut.

Selamat jalan pahlawan tanpa tanda jasa.
Ilmumu akan tetap berguna hingga akhir hayat seorang murid, dan itu akan menjadi ladang amal yamg tak pernah putus.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 87 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
profile picture
joerain38
kaskus holic


Dri sekian komen ngapa harus poto ini ya akhi meweknya emoticon-Ngakak
profile picture
hafanz
kaskus addict
Ini ente gan???
profile picture
royais
Auto Banned
@hafanz

Iya gan emoticon-Belo
profile picture
Avatarnya c alay emoticon-Wkwkwk
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di