CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kegelisahan Ane di Era Post Truth
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb7d89a365c4f6940447ac1/kegelisahan-ane-di-era-post-truth

Kegelisahan Ane di Era Post Truth

Halo gan balik lagi bersama nada.sela dah lama ga bikin thread emoticon-Malu (S)


sumber gambar

Ane mau bahas tentang era sekarang yang dibilang post truth, nulis gabut jadi panjang deh emoticon-Malu (S)

Tau dong post truth itu apa

Nih artikel di Pikiran Rakyat Barang kali bantu

Quote:


Yak yang kita tahu di era sekarang ini, banyak sekali ilmu pengetahuan yang bisa kita akses. Sangat banyak hingga kita tidak bisa melihat mana yang benar. Era post truth yang sudah tiba. Era dimana kita tidak bisa mempercayai berita. Era dimana berita yang muncul adalah hal yang kita sukai bukan kebenaran yang kita butuhkan. Bukannya tambah tercerahkan banyak orang yang tersesatkan atas berita palsu ataupun menambah kekerasan kepalanya pada sebuah ideologi yang mereka anut. Pengkultusan orang yang cenderung emosional banyak bicara lebih menarik dibandingkan dengan penjelasan ilmiah yang masuk akal.



Orang-orang semakin tidak bisa membedakan kebenaran fakta karena yang disajikan adalah pembenaran yang kita inginkan. Algoritma media social mengacaukan persepsi kita akan fakta dan membelah kita dalam mencapai pemahaman. Diskusi satu arah dan debat kusir sudah menjadi makanan sehari-hari di media informasi.



Ketidaksiapan ilmu dan moralitas dalam memproses informasi yang banyak menjadi penyebab. Kaum konservatif justru semakin berkembang karena mereka larut dalam berita yang mereka inginkan dan tidak mengindakhan fakta yang memerlukan metode ilmiah untuk membuktikannya. Kaum moderat yang cenderung apatis semakin kalah suara dan menjadi insecure atas berkoar koarnya kaum konservatif di medsos. Kaum moderat sendiri yang memiliki kemampuan intelek jumlahnya tidak banyak. Algoritma media sosial merusak pemikiran intelek jatuh ke dalam kehidupan hedonis, teori pseudoscience, teori konspirasi, dan hal-hal keduniaan. Sementara kaum konservatif semakin solid dan keras bersuara bahkan berkembang pesat.



Fenomena-fenomena ini membuat resah seluruh dunia. Menguasai diri agar tidak terpengaruh algoritma big company, iming iming palsu marketing untuk produk overvalue, dan penggiringan opini politisi dan media menjadi pengertian kemerdekaan yang sebenarnya di era post truth ini. Tidak berpatokan pada satu referensi opini dan memilah yang dirasa masuk akal dari seluruh referensi itu atau yang buku-buku sosiologi katakan local genius. Menggelikan, yang diagung-agungkan buku pelajaran tentang Indonesia adalah local genius malah menjadi masalah di era sekarang ini . Betapa menyedihkannya kemampuan orang Indonesia memiliki hal tersebut.



Tetapi, yang namanya perubahan membutuhkan sebuah konflik. Konflik yang sekarang kita alami sekarang, saya harap merupakan proses menuju perubahan yang lebih baik, at least buat diri kita sendiri. Hal yang paling ditakutkan manusia sejak dulu memang adalah sebuah kebenaran atau fakta. Dibalik sebuah konflik adal fakta yang ditakutkan yang menimbulkan keributan. Biasakan diri kita untuk tidak tersinggung atas fakta apalagi jika hanya sekedar gurauan jenaka.




Kesepakatan moralitas cepat atau lambat akan bergeser dan itu adalah sebuah kepastian. Pastikan saja nilai yang kita anut membuat kita damai dan orang lain damai. Hitam atau putih. Menolak modernisasi dan larut dalam kekolotan egois konservatif yang mengganggu tatanan hidup modern atau larut dalam modernisasi dengan kehedonismenya yang membentuk jiwa menjadi individualistis egoisentris. Hey! Jangan jadi keduanya! Itu yang saya benci dari pemikiran ekstrim konservatif dan modern. Mereka selalu memaksakan kita harus terpecah belah. Mereka yang saya maksud itu yang mendapat manfaat atas generalisasi ini.



Menurut agan sendiri bagaimana kita harus bersikap? emoticon-Malu (S)

Cendol rate comment share biar ane dapet endorpin emoticon-Kaskus Banget




profile-picture
profile-picture
profile-picture
nirankara dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nada.sela
Sekarang banyak yang lebih suka menerima apa yang mereka mau terima dan mendengar apa yang mereka mau dengar...
profile-picture
profile-picture
Abc..Z dan nada.sela memberi reputasi
profile picture
pocky012
kaskus addict
Ekarang denger jugaa lebih sukaa menerimaa apa merekaa tau aja gann
profile picture
harbingert
kaskus geek


Nahh padahal kadang kebenaran jugaa dari hal yg mereka gamau denger sih gan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 2 dari 2 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di