CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Minta Makan Tak Dikasih, Teroris MIT Bantai 4 Orang Sekeluarga di Sigi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc1f81bf4d695137e0c8543/minta-makan-tak-dikasih-teroris-mit-bantai-4-orang-sekeluarga-di-sigi

Minta Makan Tak Dikasih, Teroris MIT Bantai 4 Orang Sekeluarga di Sigi



Suara.com - Teroris Mujahid Indonesia Timur atau MIT pimpinan Ali Kalora melakukan aksi keji di Desa Lemba Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (27/11).

Dalam penyerangan itu, empat yang merupakan satu keluarga tewas secara keji. Tak hanya itu, teroris juga membakar sejumlah rumah warga.

Motif pembunuhan dan pembakaran itu diduga karena warga setempat tidak mau melayani permintaan teroris, yang datang meminta bahan makanan.

Keempat korban teridentifikasi sebagai Yasa, menantunya bernama Pinu, dan dua anggota keluarga lain: Pedi dan Naka.

Keempat orang itu adalah anggota jemaat Pos Pelayanan Gereja Bala Keselamatan.

"Berdasarkan keterangan saksi, diduga pelaku penyerangan adalah DPO kelompok MIT. Itu setelah kami perlihatkan foto 11 DPO kepada saksi, ada tiga yang dikenali, salah satunya Ali Kalora," kata Kabid Humas Polda Sulteng Komisaris Besar Didik Suparnoto, Sabtu (28/11/2020).

Namun, ia menegaskan, kelompok MIT Ali Kalora menyerang secara random atau acak, tidak benar-benar mengarah ke satu kelompok tertentu.


"Ya, namanya teroris, mereka menyerang untuk menakut-takuti. Melakukan serangan acak, antara MIT dan satu keluarga yang meninggal tidak ada hubungan atau persinggungan apa pun," kata dia.

Minta makan.

Sementara Kapolres Sigi Ajun Komisaris Besar Yoga Priyahutama SH SIK dalam keterangan resmi membenarkan adanya penyerangan tersebut.

"Tapi tidak ada gereja dibakar. Di desa itu tak ada gereja. Jadi korban ada 4 yang meninggal dan 3 rumah warga dibakar," kata dia.

Dia menjelaskan, kelompok tersebut awalnya mendatangi desa untuk meminta makanan kepada warga. Tapi, karena tidak dikasih, gerombolan itu marah dan membunuh empat warga tersebut.

"Jadi sebelumnya tidak saling mengenal. Penyerang datang meminta makanan, tidak dikasih, dan pelaku melakukan penyerangan seperti itu," kata kapolres.

Kekinian, sebanyak 150 kepala keluarga di Desa Lemban Tongoa diungsikan pascapenyerangan yang dilakukan oleh sekelompok orang tak dikenal pada hari Jumat (27/11/2020), sekitar pukul 09.00 WITA.


Kepala Desa Lemban Tongoa Deki Basalulu menjelaskan bahwa mereka yang mengungsi itu bermukim dekat lokasi kejadian penyerangan.

Dijelaskan pula bahwa keluarga diungsikan ke tempat yang lebih aman yang lokasinya masih di Desa Lemban Tongoa.

'Saat ini aman, semua warga di lokasi sudah diungsikan ke daerah yang ramai penduduk,' katanya.

Berdasarkan keterangan saksi mata, kata Deki, pelaku yang melakukan penyerangan itu berjumlah enam orang.

'Warga ada yang lihat. Namun, sampai sekarang belum didapat, ada enam orang,' kata Kades Lemban Tongoa.

Ia berharap kepada masyarakat, khususnya Lemban Tongoa, jangan mudah terprovokasi ketika menerima informasi di media sosial yang kontennya tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

'Kami aman. Saya tidak suruh warga untuk meng-upload di media sosial. Saya berharap tidak ada yang terprovokasi,' katanya.

Sebelumnya diberitakan, terjadi penyerangan di Desa Lemban Tongoa oleh sekelompok orang tak dikenal. Akibat kejadian itu, sejumlah rumah warga terbakar dan empat orang warga yang diketahui merupakan satu keluarga meninggal dunia.

https://www.suara.com/news/2020/11/2...di-sigi?page=3

Giliran baliho aja para SJW macam aris azhar ribut kaya baliho itu makhluk hidup saja tapi soal kaya ginian adem mulutnya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 33 lainnya memberi reputasi
Quote:


Cuma nanya.
Ada ya umat muslim yang belain teroris poso??
Ada gitu ormas islam yang belain?

Yang jadi pertanyaan : knapa satgas tinombala dari jaman dulu nyampe sekarang belum juga habisin tuh teroris?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indomerahputih dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
slider88
kaskus geek
karena ajaranya ada dasarnya yang kuat jadi kagak bisa dianggap sesat makanya gak bisa dihabisin.kecuali mau kayak penyelesaian china terhadap uyghur
profile picture
joesatriyono
kaskus addict
warga sana masih keinget konflik poso, jadi sentimen kegamaan masih kuat banget, dan ini yang bikin MIT tumbuh subur
emoticon-Cool
tau deh tinombala II ngapain aja, agak kecewa juga sama aparat kenapa bisa begini soalnya ini bukan yang pertama kali kejadian begini, cuma ini yang korbannya paling banyak dalam satu kejadian
profile picture
nowbitool
kaskus geek
Klo gak salah yg punya ilmu survival itu TNI, klo satgas dr polisi mereka gak akan bisa nangkep apalagi klo udah gerilya hutan...
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@nowbitool ini the real teroris. Beneran makar, musuh bangsa.
Prioritas utama buat ditumpas.
Bukan numpas baliho
profile picture
foreveryoung90
kaskus addict
Daerah itu daerah pegunungan, sinyal jg tidak ada.
MIT ini sisa sedikit dan mereka jarang turun ke pemukiman dan lbh sering di hutan rimba.
Hutan disna itu masih luas banget, aksesnya jg susah..
Jd kalau dikejar di satu tempat, mereka pindag ke bagian hutan lain..
Kayak taktik gerilya, jd emg agak ssh.
Kenapa sya tw, krna saya sdh pernah kesana.
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@foreveryoung90 ane percaya TNI terlatih.
Mau medan hutan apa laut pasti sudah paham.
Ane dukung buat habisin semua.
profile picture
nowbitool
kaskus geek
@anti.suap di trit yg kemaren kan ada yg jawab kenapa TNI gak bisa turun tangan, harus densus 88 yg numpasin beginian...
profile picture
slider88
kaskus geek
@foreveryoung90 @anti.suap terlatih apaan. sejak kapan indon pernah menang ma teroris begini sejak zaman gam hartot aja kagak pernah menang
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@nowbitool lah kok bisa malah densus??
Justrubperang di hutan itu ahlinya TNI.
Mana ada densus masuk masuk hutan
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@slider88 @foreveryoung90 jangan underestimate. Nurunin baliho aja sanggup
profile picture
nowbitool
kaskus geek
@anti.suap berarti gak nyimak komen2 yg kemaren soal tugas TNI yah?

Legal (UU) nya belum ada masih dalam pembahasan.

Kenapa densus 88? karena mereka angkatan yg dilatih lgsg sama US buat menghadapi kelompok islam ekstrimis begini...

Dlu sekitar 2018 ada berita deh soal TNI ikut dalam operasi susur hutan cari kelompok ekstrimis begini dan berhasil.
profile picture
anti.suap
kaskus geek
@nowbitool lucu ya.
Nurunin baliho ada diatur UU.
Giliran yang beneran mengancam NKRI malah ga ada dasar hukumnya.

Bukanya ini sudah termasuk mengancam kedaulatan negara?
TNI bisa turun tangan?
profile picture
TS extreme78
kaskus geek
@anti.suap @nowbitool UU yg akan di rilis dgn TNI ikut di dalamnya masih di tentang ama dpr bre...

Karna takut tumpang tindih dan abuse of power.

Noh coba baca beritanya.

Ane ngegass sjw karna selama ini selalu mencari kasus2 yg di lakukan aparat tapi klo ada aparat yg mati...sjw kagak ada suaranya.

Coba sipil yg mati oleh TNI maka langsung ngegass.

Come on bre ...ente liat aja teroris yg di tembak mati oleh densus aja mereka koar2 menentangnya termasuk Pks dan din samsudin emoticon-Traveller

Quote:
profile picture
kily89
kaskus geek
@foreveryoung90 tapi TNI punya jumlah... Kalau mau serius sih pasti abis kelompok MIT yang tinggal di hutan ini. Cuma kenapa ga diabisin aja...
profile picture
TS extreme78
kaskus geek
@kily89 asal tidak ada koar2 HAM macam OPM,bakal habis itu sama TNI..emoticon-Traveller
profile picture
slider88
kaskus geek
@kily89 @extreme78 halah zaman hartot kagak ada ham hem hom tetep aja gam exist kagak pernah kalah
profile picture
anti.suap
kaskus geek
Ya gampang solusinya bray, kaya opm aja ganti namanya jadi separatis sama extrimis.
Biar TNI bisa habisin.

Btw TNI juga punya anti teror kok.
Satgultor
profile picture
kily89
kaskus geek
@extreme78 separatis kok bicara HAM....kalau sudah tentang kedaulatan dan keamanan nasional, semua negara di dunia ga ada yang lembek lah
profile picture
foreveryoung90
kaskus addict
@kily89
Kan dulu sudah pernah diturunkan dlm jumlah besar waktu ngabisin santoso.
Ini ali kalora dkk sisa kelompok santoso..
Dsna rutin kok operasi gabungan, cma mmg jumlah dan range operasi nya ga besar.
Krna ali kalora ini mainnya petak umpet, hbs aksi bunuh dan nyuri bekal, mreka kabur ke tengah hutan..
profile picture
kily89
kaskus geek
@foreveryoung90 kenapa ga ditaroh intel aja yah disetiap pemukiman penduduk. Trus hajar pake drone
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 46 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di