CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Minta Makan Tak Dikasih, Teroris MIT Bantai 4 Orang Sekeluarga di Sigi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc1f81bf4d695137e0c8543/minta-makan-tak-dikasih-teroris-mit-bantai-4-orang-sekeluarga-di-sigi

Minta Makan Tak Dikasih, Teroris MIT Bantai 4 Orang Sekeluarga di Sigi



Suara.com - Teroris Mujahid Indonesia Timur atau MIT pimpinan Ali Kalora melakukan aksi keji di Desa Lemba Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (27/11).

Dalam penyerangan itu, empat yang merupakan satu keluarga tewas secara keji. Tak hanya itu, teroris juga membakar sejumlah rumah warga.

Motif pembunuhan dan pembakaran itu diduga karena warga setempat tidak mau melayani permintaan teroris, yang datang meminta bahan makanan.

Keempat korban teridentifikasi sebagai Yasa, menantunya bernama Pinu, dan dua anggota keluarga lain: Pedi dan Naka.

Keempat orang itu adalah anggota jemaat Pos Pelayanan Gereja Bala Keselamatan.

"Berdasarkan keterangan saksi, diduga pelaku penyerangan adalah DPO kelompok MIT. Itu setelah kami perlihatkan foto 11 DPO kepada saksi, ada tiga yang dikenali, salah satunya Ali Kalora," kata Kabid Humas Polda Sulteng Komisaris Besar Didik Suparnoto, Sabtu (28/11/2020).

Namun, ia menegaskan, kelompok MIT Ali Kalora menyerang secara random atau acak, tidak benar-benar mengarah ke satu kelompok tertentu.


"Ya, namanya teroris, mereka menyerang untuk menakut-takuti. Melakukan serangan acak, antara MIT dan satu keluarga yang meninggal tidak ada hubungan atau persinggungan apa pun," kata dia.

Minta makan.

Sementara Kapolres Sigi Ajun Komisaris Besar Yoga Priyahutama SH SIK dalam keterangan resmi membenarkan adanya penyerangan tersebut.

"Tapi tidak ada gereja dibakar. Di desa itu tak ada gereja. Jadi korban ada 4 yang meninggal dan 3 rumah warga dibakar," kata dia.

Dia menjelaskan, kelompok tersebut awalnya mendatangi desa untuk meminta makanan kepada warga. Tapi, karena tidak dikasih, gerombolan itu marah dan membunuh empat warga tersebut.

"Jadi sebelumnya tidak saling mengenal. Penyerang datang meminta makanan, tidak dikasih, dan pelaku melakukan penyerangan seperti itu," kata kapolres.

Kekinian, sebanyak 150 kepala keluarga di Desa Lemban Tongoa diungsikan pascapenyerangan yang dilakukan oleh sekelompok orang tak dikenal pada hari Jumat (27/11/2020), sekitar pukul 09.00 WITA.


Kepala Desa Lemban Tongoa Deki Basalulu menjelaskan bahwa mereka yang mengungsi itu bermukim dekat lokasi kejadian penyerangan.

Dijelaskan pula bahwa keluarga diungsikan ke tempat yang lebih aman yang lokasinya masih di Desa Lemban Tongoa.

'Saat ini aman, semua warga di lokasi sudah diungsikan ke daerah yang ramai penduduk,' katanya.

Berdasarkan keterangan saksi mata, kata Deki, pelaku yang melakukan penyerangan itu berjumlah enam orang.

'Warga ada yang lihat. Namun, sampai sekarang belum didapat, ada enam orang,' kata Kades Lemban Tongoa.

Ia berharap kepada masyarakat, khususnya Lemban Tongoa, jangan mudah terprovokasi ketika menerima informasi di media sosial yang kontennya tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

'Kami aman. Saya tidak suruh warga untuk meng-upload di media sosial. Saya berharap tidak ada yang terprovokasi,' katanya.

Sebelumnya diberitakan, terjadi penyerangan di Desa Lemban Tongoa oleh sekelompok orang tak dikenal. Akibat kejadian itu, sejumlah rumah warga terbakar dan empat orang warga yang diketahui merupakan satu keluarga meninggal dunia.

https://www.suara.com/news/2020/11/2...di-sigi?page=3

Giliran baliho aja para SJW macam aris azhar ribut kaya baliho itu makhluk hidup saja tapi soal kaya ginian adem mulutnya emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 33 lainnya memberi reputasi
"Tapi tidak ada gereja dibakar. Di desa itu tak ada gereja. Jadi korban ada 4 yang meninggal dan 3 rumah warga dibakar," kata dia.
____________
Tadi ada trit yg bilang 1 gereja dibakar. Ini yg bener yg Mana?
profile-picture
profile-picture
anti.liberal dan ..DirtyCorpse.. memberi reputasi
profile picture
joesatriyono
kaskus addict


rumah yang dijadikan sarana ibadah, karena gereja jauh jadi salah satu rumah warga dijadiin lokasi ibadah, rumah ini yang dibakar.
emoticon-Cool
itu kata PGI, ya kita ikuti aja kedepan gimana
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
Gereja di desa2 sana biasanya cuman rumah yg dijadiin tempat ibadah.

Jangan ngebayangin bentuknya kayak yg di kota.
profile picture
Spartan King
kaskus holic
di era banyak hoax dan fitnah gini nyari info jangan cuma ngandelin media mainstream, apalagi ngandelin dua trit di kaskus
profile picture
Jalan Cinta
kaskus geek
[mention]Spartan King[/mention] itulah makanya Saya mempertanyakan, yg manakah kebenarannya kisanak
profile picture
angelpesek
kaskus maniac
disebut pos pelayanan untuk menjangkau umat yg lokasinya jauh dari gereja.
profile picture
billyns
kaskus geek
gedung gereja vs rumah pos pelayanan umat itu sama dengan m*sj*d vs mush*l*.
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@billyns itu kalau gak salah gereja bala keselamatan kan ya atau the salvation army

kan memang mereka fokusnya mengurusi masalah kemiskinan

jadi biasanya mereka ya bikin2 pos pelayanan seperti itu, bukan berbentuk gereja seperti bangunan di kota2 besar.

ya intinya gereja gereja juga, kadang merangkap klinik, kadang merangkap posko

setau gua demikian.
profile picture
billyns
kaskus geek
RS swasta terbesar di palu sejak zaman kolonial punya mereka & satu2nya yang bisa tetap operasional pas gempa palu di saat semua RS lain rusak.
profile picture
Spartan King
kaskus holic
[mention]Jalan Cinta[/mention] @anti.liberal nah yes, itulah pentingnya Narasi positif..kalau memang gitu layaknya media objektif yang tanpa ada tendensi apapun pasti akan merubah kalimatnya dengan "bangunan yang kadang dijadikan tempat ibadah dan posko pelayanan, dst..". Perspektif umum yg mengenali (mesjid, gereja, wihara dst), itu ya dari bentuk bangunan yang berciri/bertanda khusus.

Pertanyaanya kenapa kok yg di bold itu gereja? dan yg menyerang mengaku Islam?. Jelas ada upaya nyata untuk mengadu domba kita antar umat beragama. baik dari mastermindnya maupun dari media yg menginginkan perpecahan, termasuk tret2 di kaskus yg tendensinya negatif.
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@billyns [mention]Spartan King[/mention] jangan pake standar sendiri buat menentukan dong

bagi orang kristen gereja itu apa ? itu yang dipakai

kok pake definisi sendiri

kalo definisi sendiri nanti gereja kudu gede, kudu ada salibnya, kudu apa plang nya, kudu ada ini itu. suka suka aja menentukan demi kepentingan sendiri

kalo gak punya temen kristen baca di google sono apa yang dimaksud dengan "gereja"

jangan pake kacamata kuda sendiri
profile picture
Spartan King
kaskus holic
@anti.liberal ngaco lagi kalo pake standar pemeluk agamanya. Nanti kalau ada yg kumpul2 beribadat di lapangan lalu apa itu ujug2 diklaim gereja pula? atau dibangun pondok2 kecil untuk beribadat beberapa orang apa itu disebut rumah ibadah/gereja?

Peraturan terkait tata cara pendirian rumah ibadah diatur dalam UU. dan Pendirian rumah ibadat juga harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis bangunan gedung yang jelas ada di UU.

Kalo gak tau UU nya baca di google sono.

Mendefinisikan sesuatu itu pake Ilmu, bukan pake perasaan.
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
[mention]Spartan King[/mention] kalo gitu nanti orang shalat dibilang lagi senam gimana ?
profile picture
Spartan King
kaskus holic
@anti.liberal pertanyaan macam apa ini? relate-kah? emoticon-Thinking
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
[mention]Spartan King[/mention]

relate. kan bagi muslim shalat adalah ibadah, tapi bagi yang diluar muslim kan gak tau, terus kalo dibilang senam bagaimana?


sama dengan halnya gereja, kalo dalam agama kristen yang dimaksud gereja itu maknanya bukan bangunan gereja. tapi (elu cari sendiri ya)

kalo masjid, setahu saya, koreksi kalau salah. memang merujuk pada bangunan masjid.

yang lebih merujuk pada bangunan itu katedral, kapel. itu adalah bangunan.

tapi gereja artinya bukan bangunan, tapi (cari tahu sendiri, saya kasih PR kamu)
profile picture
Spartan King
kaskus holic
@anti.liberal relate apanya..
Bisa bedain antara konteks ritual ibadah dan rumah ibadah?

nonmuslim melihat shalat seperti senam ya gak masalah, nonmuslim kan gak ngerti, toh pada dasarnya konsep islam-kristen aja udah beda kok,itu aja. Sama kayak muslim melihat peribadatan kristen semacam meminyaki, sakramen, baptis, misa, bernyanyi dll. Masing2 agama kan punya dalil/"UU" dalam peribadatan. Dan logis klo agama lain gak ada hak mendikte bagaimana cara ibadah agama tertentu dilakukan.

soal mesjid elu salah,gue koreksi ya..
masjid bukan semata merujuk bangunan, tapi kegiatan apa yg ada di dalamnya. sekarang ini banyak bangunan berkubah dan bermenara tapi gak ada satupun muslim yang menganggap semua bangunan berkubah adalah mesjid. jelas ya?
Mesjid adalah tempat khusus yg dibuat untuk ibadah dan kegiatan keagamaan.
walau ada muslim shalat berjamaah di ruko hanya disaat2 tertentu, bisa dipastikan ruko itu belum cukup syarat untuk dianggap sebagai mesjid, baik secara dalil agama maupun UU negara ini.

Sampai disini gue ngasi tau, gak ada yg ambigu soal definisi bahkan klasifikasi Mesjid baik ditilik dari segi falsafah, esensi, terminologi, kaidah bahkan secara UU negara saat ini.

Gue bisa aja memahami arti gereja secara "kerohanian" menurut elu/ kristen, tapi kita hidup di Negara yg punya UU. apakah definisi gereja yg elu maksud sudah sesuai UU?
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
[mention]Spartan King[/mention]

kita ikut KBBI aja deh


mesjid
n rumah atau bangunan tempat beribadah orang Islam
sedangkan kalau gereja artinya ada 2 yaitu :

1. tempat ibadah umat Kristen, gedung (rumah) tempat berdoa dan melakukan upacara agama Kristen
2. badan (organisasi) umat Kristen yang sama kepercayaan, ajaran, dan tata cara ibadahnya

berarti selama bangunan tersebut digunakan untuk berdoa atau melakukan upacara, berarti sah dan bener dong kalau menyebut gereja dibakar ???

tidak ada definisinya bahwa gereja adalah tempat ibadah umat kristen yang resmi terdaftar di kementerian agama dilengkapi dengan salib plang dan parkiran bla..bla..bla..

gak ada urusan dengan UU, ini kan kita membahas masalah kalimat.
profile picture
Spartan King
kaskus holic
@anti.liberal

tempat ibadah (Mesjid atau gereja) di KBBI itu artinya tempat khusus. bukan sembarang tempat.
elu perlu komparasi biar pemahaman dan definisi elu sejalan dan gak bertentangan dengan UU, ini gue bantu deh kalo elu males nyari

https://ntt.kemenag.go.id/file/file/dokumen/rndz1384483132.pdf

gini bro, di Islam juga ada yg seperti ini, ada mesjid utama dan posko relawan yg berjarak cukup jauh, tapi gak pernah yg namanya posko itu (bisa tempat solat juga) dianggap sebagai mesjid.

sori bro no offense yah,
gue kawatir besok2 ada kedai tuak di pedalaman desa, tapi karena jauh dari gereja, kadang kedai itu juga digunakan untuk tempat berdoa/upacara warga yg dekat, lalu dianggap gereja juga [?]. emoticon-Gila

gak ada urusan dengan UU?!
lucu ya, disini justru keliatannya elu yg pakai standar dan kacamata kuda sendiri emoticon-Big Grin

sudah clear kok,
kepolisian di Sulteng juga sudah meluruskan info tidak ada gereja dibakar.
"diantara rumah yg dibakar, Hanya ada satu rumah yang KADANG dipakai untuk melayani umat," kata Kapolda.

Bahkan Pendeta Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) Rinaldy Damanik pun memastikan bahwa tidak ada gereja yang dibakar, melainkan sebuah rumah warga yang sering dijadikan sebagai tempat ibadah.

sampai di sini apakah menurut elu Pendeta ini tidak paham definisi Gereja? emoticon-Embarrassment
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
[mention]Spartan King[/mention] kalo yang pendeta bilang kan gereja dalam artian bangunan.

Kalo yang bilang gereja di trit sebelah maksudnya mungkin gereja dalam artian iman.

Gitu aja sensi amat.tih tidak mengubah fakta sekeluarga dibunuh dan dibakar.

Fokus kok sama gereja dibakar, padahal ada 4 orang dibunuh gak dipeduliin, aneh

Gara2 masalah kalimat saja, 4 orang dibunuh jadi dicuekin.
profile picture
angelpesek
kaskus maniac
Bener jg panjang lebar ngalor ngidul, itu malah dilupakan yg mati dipenggal
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@angelpesek kayalnya emang sengaja. Yang diangkat isunya seakan2 cerita nya hoax dan dibuat2.

Padahal bisa jadi begini: berita pertama masuk karena kabar bahwa gereja dibakar. Walaupun bangunan yang dibakar adalah pos pelayanan salvation army. Tapi namanya orang kasih kabar di saat urgent ya bisa jadi ngomongnya (lembaga) gereja (salvation army) dibakar, karena ya namanya juga panik dan urgent, gak mungkin lah beritanya seakurat itu, taunya ya gereja dibakar.

Cuman sama model kayak orang diatas, dibuatlah seakan2 seperti keseluruhan berita adalah hoax yang dibuat.

Padahal yang benar bukan hoax, tapi berita terdistorsi, atau tidak tersampaikan dengan lengkap dan jelas.

Ini harus dibedakan karena fatal sekali. Tapi mereka nampaknya memang pengen membuat seakan2 memang beritanya hoax atau fabrikasi, sekaligus mengubur fakta bahwa 4 orang tewas.

Pinter banget sih caranya. Nyaris saya gak sadar. Baru kepikiran tadi. Pinter lu, salut gua [mention]Spartan King[/mention
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 21 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di