CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbe462e68cc9561d529e430/samsung-pernah-ngeluarin-hp-bertenaga-surya-pertama-di-dunia

Samsung Pernah Ngeluarin HP Bertenaga Surya Pertama di Dunia


Ada berbagai macam teknologi baterai yang sekarang ini berkembang. Mulai dari peningkatan kapasitas, proses pengisian yang sangat cepat, hingga proses pengisian daya yang tidak menggunakan kabel lagi alias wireless. Perkembangan ini tentunya sangat berdampak baik pada konsumen dan bagi pabrikan ini bisa menjadi nilai lebih dari smartphone.

Tapi sebelum secanggih sekarang, perkembangan teknologi baterai pada beberapa tahun yang lewat juga cukup masif GanSis. Ada beberapa teknologi yang pernah dicoba oleh pabrikan atau peneliti. Salah satunya ponsel yang ditenagai oleh sel surya. Samsung menjadi pabrikan pertama yang mengeluarkan ponsel bertenaga surya. Saat itu ponsel tersebut diberi nama Guru E1107. Ini tergolong ponsel feature phone.


Bodi belakang Guru E1107 dibalut dengan panel surya. Ketika panel tersebut terkena sinar matahari, sel surya kemudian akan menghasilkan listrik yang selanjutnya akan mengisi ulang baterai ponsel. Sayangnya karena ukuran panel yang kecil, listrik yang dihasilkan juga gak terlalu besar. Jika diisi ulang satu jam menggunakan panel surya, baterai hanya mampu melakukan panggilan telepon selama 5 – 10 menit.

Perangkat ini dibikin Samsung untuk penggunanya yang tinggal di negara berkembang di mana masih sering terjadi pemadaman listrik. Menariknya GanSis, meskipun peforma pengisiannya tidak begitu mengesankan, tapi fitur ini dinilai cukup berguna untuk pasar yang ditargetkan Samsung.

Setelah Guru E1107, Samsung kembali menelurkan ponsel dengan tenaga surya, yakni Samsung Blue Earth. Bagian belakang ponsel ini juga disediakan panel surya. Dari sisi desain, Blue Earth lebih modern ketimbang pendahulunya. Ponsel ini udah dilengkapi dengan layar sentuh dan beberapa fitur yang terkoneksi dengan internet. Untuk peforma pengisian, kedua ponsel ini tidak jauh beda.


Dari sisi teknologi, ini cukup keren dan ramah lingkungan GanSis. Tapi memang dengan peforma pengisian yang masih segitu – gitu aja, tidak akan mampu menopang peforma ponsel dengan maksimal. Saat ini ponsel dengan teknologi panel surya belum dibikin lagi, karena perlu penelitian lebih lanjut untuk bisa membuat panel yang ukurannya kecil tapi mampu menghasilkan banyak energi listrik. Bisa jadi di masa depan teknologi ini akan berkembang jauh lebih baik dan makin canggih.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 35 lainnya memberi reputasi
mungkin saat itu dunia belum siap, apakah skrg ga mau ngeluarin lagi yang kaya gitu, mungkin laku kalau sekarang haha
profile-picture
jlamp memberi reputasi
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di