CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Bawang Lokio, Tidak Akan Bikin Kamu Menangis!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbdcfb168cc953e5b275135/bawang-lokio-tidak-akan-bikin-kamu-menangis

Bawang Lokio, Tidak Akan Bikin Kamu Menangis!

Agan/Sista suka memasak? Tentu agan sista sering menggunakan bawang sebagai bumbu. Selain bawang merah bawang putih, masih ada bawang lain yang juga digunakan orang untuk memasak. Salah satunya bawang lokio.Yuk kita PeDeKaTe...


Bawang lokio biasa digunakan sebagai bahan tumis masakan rumahan yang menggugah selera makan. Bawang ini lebih populer di wilayah Sumatra Utara, makanya gak salah banyak juga yang menyebut bawang ini bawang batak.

Bawang Lokio memiliki bentuk yang mungil dari bawang pada umumnya. Tapi jangan salah, bawang ini mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agan sista. Dengan adanya sistem tubuh yang kebal, maka tubuh agan sista akan semakin mampu memproduksi sel darah putih dan merangsang produksi kolagen. Faktanya kolagen berperan penting dalam upaya pertumbuhan jaringan, sel otot, dan pembuluh darah baru dalam tubuh agan sista.

Wah, kira-kira apa saja manfaat lainnya dari bawang lokio ini ya?
Bawang lokio mampu mencegah masalah pada sistem pencernaan, mencegah kanker, memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, meningkatkan kesuburan, menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung dan manfaat lainnya. Bawang lokio memiliki bonggol khas berwarna putih dengan daun yang kecil memanjang. Daunnya sekilas mirip bawang daun atau kucai, tetapi rasanya berbeda. Lebih sedikit mendekati rasa bawang putih dan bawang bombai, kira-kira sedikit lebih soft.


Lokio (allium schoenoprasum; bahasa Inggris: chives)

Tidak Bikin Kamu Menangis
Selain rasanya yang tidak terlalu menyengat, seperti halnya bawang merah atau bawang bombay, bawang lokio ternyata tidak bisa bikin matamu menangis. So, buat agan/sista yang suka jaim untuk mengeluarkan air mata bisa pilih bawang ini sebagai alternatif.
Spoiler for Foto bawang lokio atau bawang batak:


Mudah Ditanam
Nah, menanam bawang jenis ini juga ternyata mudah, lho. Syaratnya, pilihlah bibit yang sudah berakar dan berdaun, lalu tambahkan media tanam yang tepat. Saya biasanya menggunakan media tanam sekam bakar dan kompos untuk menghasilkan sistem perakaran yang baik. Maklum saja, tanaman ini sangat mengandalkan media tanam yang porous.  Bagi para pemula jangan khawatir, saat menanam bibit ini (yang berupa bonggol bertunas) tidak mudah busuk, seperti halnya saat menanam bawang merah atau bawang putih. Tanaman ini bisa hidup di tempat dingin atau panas.

Pemeliharaan tanaman ini pun sangat mudah, anda cukup menempatkannya di bawah sinar matahari (full-sun) bahkan terkena hujan pun tidak masalah. Bawang ini tidak serewel bawang merah yang suka ngambek kalau kena hujan terus-menerus. Dalam waktu beberapa minggu, agan sista bisa melihat anak-anak tunas bawang baru muncul di bawahnya. Daunnya yang kecil mungil ini bisa menambah dekorasi taman anda. Tertarik untuk menanam?



Referensi 1

Referensi 2
Foto 1

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nanangbfg
Baru tahu ane ada yang namanya lokio
profile-picture
wanpantau memberi reputasi
profile picture
satmofri
kaskus maniac


Bner gan.sya jga bru thu
profile picture
juhii99
kaskus maniac
ane juga baru denger nih
masih berasa aneh asing
profile picture
delreywatson
kaskus maniac
@satmofri apa beda tempat beda nama ya?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di