CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Viral | Lebih Dari 3600 Amunisi Peninggalan Perang Dunia Pertama Ditemukan di Bitola
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fc07510facb957e1c2b53b0/viral--lebih-dari-3600-amunisi-peninggalan-perang-dunia-pertama-ditemukan-di-bitola

Viral | Lebih Dari 3600 Amunisi Peninggalan Perang Dunia Pertama Ditemukan di Bitola

Foto: news.cgtn.com

Berita viral baru-baru ini datang dari Negara Makedonia, dimana telah ditemukan sementara 2.929 granat hasil peninggalan dari Perang Dunia Pertama, granat jadul ini ditemukan di dekat stadion "Pod Tumbe Cafe" di kota Bitola, Makedonia.

Bersamaan dengan ini, penemuan granat jadul ini sudah pernah juga ditemukan sebelumnya, jumlah yang ditemukan lebih kurang 500 granat pada 26 Oktober 2020 di lokasi yang sama. akan tetapi, setelah dilakukan lagi penggalian granat kembali ditemukan, untuk total granat yang terkumpul sementara berjumlah 2.929 buah.

Proses penggalian ini memakan waktu tiga hari, dimana hari pertama granat di temukan sebanyak 672 buah dan hari kedua sebanyak 1.150 buah dan hari ketiga sebanyak 1.100 buah.

Foto: shutterstock.com

Awalnya ketika alat berat melakukan penggalian di sekitar stadion Pod Tumbe Cafe, kemudian lokasi tumpukan granat itu pun terbongkar, dan menurut militer Makedonia jika granat tersebut masih ada yang aktif. Dan sangat berbahaya bagi penduduk sekitar karena jika satu saja meledak maka grabat yang lain juga ikut meledak karena pengaruh ledakan pertana.

Diperkirakan masih ada ribuan lagi persenjataan yang terkubur sisa dari "Perang Dunia I" dan mungkin posisinya tetap berada di bawah tanah di seputaran stadion, mungkin akan dilakukan penggalian secara menyeluruh untuk keselamatan orang maka persenjataan dan peledak itu harus disingkirkan karena sangat berbahaya.

Mungkin perkiraan granat tersebut sebanyak 10.000 hingga 30.000 buah. Alat berat Ekskavator membantu dalam penggalian. Karena dinilai lebih aman dibandingkan dengan manual,

Foto: shutterstock.com

Granat ini memiliki kaliber yang sama yaitu 75 mm dan diangkut ke barak Bitola, di mana terdapat bom lain dari Perang Dunia Pertama yang ditemukan di wilayah Pelagonija. Hingga saat ini, gudang tersebut diamankan hanya dengan gembok, dan setelah media melaporkan bahwa dapat terjadi pembobolan atau kebakaran yang akan membahayakan sebagian kota dalam radius dua kilometer, maka gudang tersebut dilakukan pengamanan juga secara fisik.

Wilayah Pelagonija penuh dengan persenjataan yang belum meledak yang tersisa dari Perang Dunia Pertama karena front Makedonia lewat dari sini, Rata-rata persenjataan para pejuang Front Makedonia diprediksi masih terkubur dibeberapa wilayah yang dulunya wilayah ini dianggap aman karena hutan belantara. Karena perkembangan jaman kini wilayah rata-rata sudah terhuni bangunan.

Referensi:
Huge stockpile of WWI artillery grenades found in North Macedonia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 25 lainnya memberi reputasi
wow tapi itu udah gak bisa aktif lagi kan ya gan?
profile picture
TS Sambelterasi052
kaskus addict
Menurut militer Makedonia masih ada mungkin yang aktif, tapi tidak bisa dipastikan Gan kalau belum diledakkan emoticon-Nyepi
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di