CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Underground Railroad : Gerakan Bawah Tanah Pembebas Budak di Amerika
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbfb9c09a972e6a2d42f1d5/underground-railroad--gerakan-bawah-tanah-pembebas-budak-di-amerika

Underground Railroad : Gerakan Bawah Tanah Pembebas Budak di Amerika

Hai Selamat Datang di Thread ane! 

emoticon-Hai



(Source : Google Image)

Dalam sejarah perbudakan di Amerika terjadi sebuah perdebatan yang sangat rumit dan membagi Amerika menjadi dua pihak, yang pertama adalah pihak utara yang menentang adanya perbudakan sedangkan pihak satu lagi atau pihak selatan sangat mendukung adanya perbudakan. Perbedaan pendapat ini membuat banyak dari kedua belah pihak saling lempar argumen demi mendukung pendapat masing - masing, tapi perbudakan di selatan tetap berlangsung. Ternyata selama perang dingin antara pihak utara dan selatan terjadi, diam - diam orang - orang dari pihak utara membuat gerakan bawah tanah yang bernama Underground Railroad. Kiprah Underground Railroad ini sangat terkenal karena mampu membantu sekitar 100.000 budak pelarian dari selatan menuju utara, dalam jangka waktu 10 tahun dari 1840 - 1850. Seperti apa organisasi ini? Bagaimana awal berdirinya? dan bagaimana cara beroperasinya dalam membantu budak - budak yang melarikan diri? Cekidot gan!  



Spoiler for Awal Berdirinya Underground Railroad:




Spoiler for Operasi Pelarian dan Rutenya:



Spoiler for Kode - Kode yang Digunakan Agen Underground Railroad:


Spoiler for Usaha Pihak Selatan melawan Underground Railroad:



Itu tadi penjelasan tentang gerakan bawah tanah Underground Railroad yang memang penuh perjuangan dalam membantu orang - orang untuk melarikan diri ke utara. Mereka tahu ganjaran yang akan mereka terima jika ketahuan oleh pihak selatan, tapi itu tidak menghentikan mereka untuk menentang perbudakan dengan cara membantu pelarian para budak ke utara atas nama kemanusiaan. 

Sekian thread ane yang berjudul Underground Railroad : Gerakan Bawah Tanah Pembebas Budak di Amerika, jika agan/aganwati suka silahkan dikomen dan kasih cendol emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S)emoticon-Cendol (S) tapi jangan dibata emoticon-Bata (S) please. Sampai jumpa lagi di thread - thread ane berikutnya, sekian dan terima kasih. 



Spoiler for Sumber:


 

Spoiler for Silahkan mampir ke Thread - Thread ane yang Lain:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 31 lainnya memberi reputasi
Gila ya sampe segitunya masalah budak, tapi salut sih sama org2 yg nentang dedikasihnya kuat bgt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
introvertpsycho dan 2 lainnya memberi reputasi
profile picture
TS Gojira1998
kaskus addict


Kembali lagi gan, kalo udah soal ekonomi pasti urusannya serius. Ditambah orang - orang kulit putih saat itu merasa marwah mereka tinggi. Makanya orang2 kulit putih sama kulit hitam di utara bergabung membentuk gerakan ini. Ada juga beberapa agen Underground Railroad yang ketahuan di selatan, akhirnya dieksekusi gantung sambil dibakar tanpa ada proses pengadilan.
profile picture
madjezzt
kaskus maniac
@Gojira1998 padahal keknya dirunut sejarah bangsa afrika lebih dahulu ada peradaban seperti kerajaan Ethiopia dll dibanding Eropa, koreksi kalo salah
Apa dalam timeline yg sama atau timeline ya beda ya, sampe bisa timbul white supremacy
profile picture
TS Gojira1998
kaskus addict
@madjezzt Nah itu gan kalo sejarah bangsa Afrika ane kurang paham, tapi kalo yang ane pernah pelajari waktu jaman kuliah dulu. Peradaban Afrika sudah cukup maju pada saat itu, seperti contoh di Benin, peradaban Nubia, Mesir, dan yang lainnya. Nah seiring berjalannya waktu perang saudara di kerajaan - kerajaan Afrika ini malah menghancurkan peradaban itu sendiri ditambah ada juga invasi dari bangsa - bangsa lain, sedangkan disaat bersamaan Eropa dan Timur Tengah sedang mengalami ilmu pengetahuan terus berkembang sedangkan di Afrika peradaban udah stack dan kembali mundur.
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@Gojira1998 @madjezzt
udah jauh timeline nya gan



Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di