CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Warning APBN Bengkak: Ramai-Ramai Pindah Kelas BPJS Kesehatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbfbae4337f9317656d39c4/warning-apbn-bengkak-ramai-ramai-pindah-kelas-bpjs-kesehatan

Warning APBN Bengkak: Ramai-Ramai Pindah Kelas BPJS Kesehatan



Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Pengawas BPJS Kesehatan menyoroti adanya kenaikan signifikan jumlah peserta BPJS Kesehatan segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas III yang cukup signifikan.

Adanya pemindahan kepesertaan menjadi segmen PBPU Kelas III dikhawatirkan akan terjadinya peningkatan anggaran belanja negara pemerintah di masa yang akan datang.

"Selama pandemi, terjadi peningkatan jumlah peserta segmen PBPU Kelas III yang cukup signifikan sejak Juni hingga Oktober 2020," ujar Ketua Dewan Pengawas BPJS Chairul Radjab Nasution saat melakukan rapat bersama dengan Komisi IX DPR, Selasa (24/11/2020).

"Dengan adanya hal tersebut, terjadi potensi risiko peningkatan dana bantuan iuran yang dikeluarkan pemerintah," kata Chairul melanjutkan.

Seperti diketahui peserta BPJS Kesehatan di Kelas III merupakan peserta bantuan iuran (PBI). Artinya sebagian iuran mereka ditanggung oleh pemerintah melalui APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Di dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan, pemutakhiran data peserta PBI dilakukan setiap bulannya ditetapkan oleh Kementerian Sosial dan dimutakhirkan di dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS).

"Sampai saat ini dari Januari-Oktober 2020 telah dilakukan 9 kali perubahan data PBI jaminan kesehatan. Terakhir melalui SK Mensos Nomor 144 pada Oktober 2020 lalu," ujarnya dalam rapat bersama Komisi IX DPR, Selasa (24/11/2020).

Terawan merinci, pada Januari 2020, berdasarkan SK Menteri Sosial 1/HUK/2020 terdapat 96,64 juta peserta yang tercatat di segmen PBI. Setiap bulannya jumlah tersebut diperbaharui karena jumlah penduduk miskin terus bergerak dinamis. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini yang telah menekan kondisi ekonomi.

Sementara jumlah peserta PBI paling sedikit terjadi pada Mei 2020 sebanyak 95,89 juta orang. Namun, pemadanan DTKS yang terus dijalankan setiap bulan membuat jumlah itu terus berubah hingga pada Oktober 2020 menjadi 96,63 juta orang.

Dia menjabarkan bahwa berdasarkan pemadanan data pada Februari, April, dan Oktober 2020, terdapat tambahan 5,8 juta peserta PBI yang sebelumnya tidak masuk ke dalam DTKS. Adapun, pemerintah menetapkan kuota PBI sebanyak 98,6 juta orang

"Diharapkan dengan penggantian ini dapat memastikan bahwa iuran peserta (PBI) yang dibayarkan pemerintah pusat sesuai dengan data terpadu," tutur Terawan.

ready viewed Berdasarkan Perpres 64/2020, diputuskan Peserta BPJS Kesehatan Kelas III per bulan sebesar Rp 42.000. Peserta hanya membayar Rp 25.500 dan selisih bayar yang sebesar Rp 16.500 dibayar oleh pemerintah pusat sebagai bantuan iuran.

Artinya, dengan data PBI sebanyak 96,63 juta orang, dengan Rp 16.500 yang harus ditanggung pemerintah, negara harus menggelontorkan kurang lebih Rp 1,59 triliun setiap bulan untuk menutupi kekurangan peserta PBI BPJS Kesehatan.


link


Artinya, dengan data PBI sebanyak 96,63 juta orang, dengan Rp 16.500 yang harus ditanggung pemerintah, negara harus menggelontorkan kurang lebih Rp 1,59 triliun setiap bulan untuk menutupi kekurangan peserta PBI BPJS Kesehatan.
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 666fapfap memberi reputasi
emoticon-Cape d... masalahnya kan bpjs ini biaya rendah bisa d bilang tp mengcover semua sakit ringan bahkan operasi jga. Yg mana swasta aja ga mungkin bisa kalau pun bsa lebih mahal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 666fapfap
profile picture
buatbarulagi
kaskus freak
bener ini, prinsip bantu gotong royong, tapi yang di bantu gak kira kira
profile picture
emasmurni
kaskus addict
Yang akibatnya hampir 95 pct pasien rumah sakit skrg pake bpjs, yg mana pembayarannya molor ke RS, jdnya buah simalakama buat RS swasta...
profile picture
guntur9090
kaskus maniac
Coba dicek juga anggaran belanja Pegawai BPJS berapa ? Total gaji seluruh pegawai BPJS mulai dari paling atas sampai paling bawah berapa?
Baru deh ngomongin cover biaya kesehatan
profile picture
masfuad2015
kaskus maniac
@guntur9090 hmm ane taunya ada tetangga temen ane kepala BPJS salah satu cabang kota di jatim, gajinya sih kuker 3x.xxx.xxxx perbulan blum tunjangan dkk
profile picture
guntur9090
kaskus maniac
@masfuad2015
ini temen SMA ane sendiri Staff BPJS lulusan SMA gaji 5 juta, lalu ambil S1, pas dapet ijazah gaji pokok naik jadi 9 juta
profile picture
masfuad2015
kaskus maniac
@guntur9090 nah artinya yg bikin bengkak selain iuran yg pada macet ya biaya operasional juga brarti, dulu perasaan ada yg beritain gaji komisaris ato petinggi utama BPJS sampe M blum termasuk tunjangan dkk juga kan
profile picture
guntur9090
kaskus maniac
@masfuad2015
Kalau pada macet ini lebih ke edukasi aja ke masyarakat.
Selama ini ane ga pernah dapet edukasi apa-apa masalah BPJS, akhirnya nyari tau sendiri di Internet.
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@guntur9090 @masfuad2015 jangan di tanya bumn mah gajinya gede emoticon-Cape d... prinsip bumn kan mensejahterakan pegawainya , kok malah kesannya kaya iri gn ente?? emoticon-Bingung
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@masfuad2015 @guntur9090 emoticon-Cape d... komisaris bumn kayanya d setarain , emoticon-Salaman
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@masfuad2015 @guntur9090 emoticon-Cape d... lagi2 kan pegawainya gajinya , heran aja pada nyalahin operasional pegawao dll??? apa ga pada paham kalau organik bumn prinsipnya mensejahterakan pegawaonya kek pns gitu emoticon-Salaman se enggaknya kita2 harus bersyukur udh d kasihvasuransi murah bgt gmpang klaim ga kek swasta harus ada suratt keterangan polisi dll
profile picture
xneakerz
kaskus maniac
@guntur9090 @masfuad2015 @666fapfap ini badan yg bersifat SOSIAL , harusnya gaji setara dengan BASARNAS dkk yg diambil dr grade PNS, bukan badan USAHA
profile picture
masfuad2015
kaskus maniac
@guntur9090 @666fapfap BPJS udah bukan BUMN gan, CMIIW.....
ane setuju nih gaji disetarakan ama grade PNS....
profile picture
666fapfap 
KASKUS Plus
@xneakerz @guntur9090 @masfuad2015 emoticon-Cape d... mau sosial atau apapun gimana lagi kita ga bisa nyalahin pegawainya jga kan??? toh biaya bpjs jga di banding swasta masih tergolong MURAH......
dan d cover negara, terserah situ sih kebebasan pendapat
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 13 dari 13 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di