CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbc9de5e83c72485923c7f2/isu-agama-rame-lagi-nih-bakal-sampe-pemilu-gak-ye

Isu Agama Rame Lagi Nih, Bakal Sampe Pemilu Gak Ye?

Belakangan ini lagi rame bener persoalan yang menyangkut seputar isu-isu agama. Ane gak pengen sebut nama, tapi ente pasti pada tahulah siapa penyebab isu agama jadi pembahasan yang seksi dan gak ada abisnya ini, hehe.

Sejujurnya ane agak kaget sih ngeliat bisingnya perbincangan masyarakat Indonesia yang ada sangkut pautnya sama agama. Ane pikir masyarakat udah pada melek dan gak gampang digiring-giring lagi soal topik tersebut. Eh taunya masih juga pada kepatil. Kan Lucu.



Padahal banyak loh orang yang udah “sembuh” akibat digiring pake isu-isu agama. Contohnya kayak temen kampus ane yang pernah ane tanya-tanyain waktu minggu lalu. Jadi dulu doi ini emang pernah kemakan sama isu agama waktu Pilgub DKI Jakarta waktu tahun 2017 lalu. Nah, pas minggu lalu ane tanya, katanya doi nyesel gak berpikir logis karena nyangkut pautin agama dengan politik. Ane sih lucu aja lihatnya, kalau dulu dia muja-muja, sekarang malah ngedumel lihat hasil kerja si paslon yang dia pilih dulu.

Makanya pas ngelihat isu agama muncul lagi, ane heran kok bisa ya orang-orang masih mencampuradukan topik agama dengan topik politik negara. Apa tidak letih ya mereka-mereka ini, haha.



Ane sih yakin kalau orang-orang masih gampang kegiring sama topik agama, bukan hal yang mustahil di pesta demokrasi selanjutnya isu agama masih bakal laku buat digoreng. Soalnya masih banyak yang belum bisa ngebedain mana urusan negara dan urusan agama.

Apalagi ane pernah lihat juga tuh penelitian dari Lembaga Ilmu Pengehatuan Indonesia (LIPI) waktu tahun 2019 yang menunjukkan hasil kalau 80,7 persen respondennya masih ngepertimbangin agama atas para calon legislatif yang bakal dipilih waktu Pemilu 2019 lalu. Nah yang mempertimbangkan agama masih 18,5 persen doang.



Ya, sebenernya sih gak ada masalahnya juga mempertimbangkan agama dalam kontestasi politik nanti. Cuma ya jangan jadi melupakan unsur-unsur yang lainnya juga. Soalnya yang dipertaruhkan itu waktu 5 tahun untuk ngembangin negara dan daerah tempat tinggal kita. Kalau nanti malah gak nunjukkin perkembangan, kan malah nyesel karena milih yang salah.

Jangan sampe kayak temen ane deh, soalnya malah jadi bahan cengan doang kalo lagi nongkrong. Hahaha.
emoticon-Ngakak


* * *
OPINI PRIBADI ANE
* * *

Jangan lupa kasih Cendol dan Bintang 5 di thread ini ya Gan.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


profile-picture
profile-picture
profile-picture
KASKUSProduct02 dan 41 lainnya memberi reputasi
Pancasila sebagai dasar negara, landasan sila utamanya adalah agama

Ibarat rumah kalau landasan utamanya mudah goyang diterpa isu bagaimana bisa bertahan
profile-picture
profile-picture
edhot212 dan 21stmessenger memberi reputasi
profile picture
salmino
kaskus maniac


Yaelah, kaum gabener aja pada gak tau pancasila itu apa kok,
emoticon-Bingung
profile picture
Landasan utama bukan berarti hanya 1 ya gan ada 4 lainya emoticon-Smilie
profile picture
ryosaebasama
kaskus addict
@kyoucuma Pancasila sebagai landasan negara yang semua silanya adalah landasan tapi landasan yang utama dari semua silanya atau yang pertama kan sila Ke-Tuhanan Yang Maha Esa

jadi jika seseorang punya keyakinan dan pengamalan yang baik terhadap Tuhan / sila ke- 1 maka ia seseorang yang adil dan beradab (sila ke- 2) lalu bersekutulah karena sebangsa setanah air dan senasib dari penjajahan menjadi Persatuan Indonesia (sila ke- 3) dan bila dalam persatuan terjadi masalah maka rakyat butuh adanya pemerintahan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan (sila 4) dengan adanya sila ke-4 tadi diharapkan adanya "Keadilan sosil bagi seluruh rakyat Indonesia" sila ke- 5

Jika sila ke-1 itu tercemar bagaimana rakyat menjadi adil dan beradab dan bagaimana bisa kita bersatu (sila ke-3) dengan demikian pemerintahan (sila ke-4) menjadi pemerintahan yang tidak punya hikmat (tidak jujur, korup, tidak amanah suara rakyat dsb) dengan demikian jangan harap adanya "Keadilan sosil bagi seluruh rakyat Indonesia" sila ke- 5

Ya walaupun ada yang tak beragama tapi sifatnya baik tapi jika berke-Tuhanan/beragama serta pengamalan nilai agamanya baik diharapkan masyarakatnya bisa benar-benar mencapai keadaan dalam semua sila Pancasila.

Ini opini gw aja

CMIIW
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 3 dari 3 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di