CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menteri KKP Edhy Prabowo dan Skenario Monopoli di Aturan Ekspor Lobster
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fbdc63ca2d195681c265f36/menteri-kkp-edhy-prabowo-dan-skenario-monopoli-di-aturan-ekspor-lobster

Menteri KKP Edhy Prabowo dan Skenario Monopoli di Aturan Ekspor Lobster

Quote:


Komeng TS
Tidak aneh kalau Edhy dan KKP ngomong lobster gak akan habis. Mereka sebut angka fantastis tentang jumlah lobster yang lucunya ga pernah sinkron satu sama lain. Hal itu terlihat jelas untuk justifikasi menaikkan jumlah kuota ekspor benur. Kuota makin besar keuntungan KKN makin besar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
Klo dari berita nya.. menteri EP diduga mengatur jasa pengiriman.. ga terkait populasi benih lobster yg jadi polemik sebelumnya..
Dulu pernah nonton menteri EP di om botak n mantan menteri Rokhmin Dahuri di om Helmy..
Secara logika sih masih masuk argumen 2 mereka terkait kebijakan2 yg diambil yg dianggap kontra dengan menteri sebelumnya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anu.ku.l dan 4 lainnya memberi reputasi
profile picture


Ya iya di om botak cm naikin traffic, narasi jg itu2 aja, ai palkon jg bingung dia gak punya kompetensi bertanya pd si EP yg gak logis
profile picture
ortillo.reborn
kaskus addict
@dsturridge15 klo soal bener/ salah soal kebijakan gw ga tau karena emang ga tau lapangan.. soal naekin traffic bisa juga..
Klo soal lobster gw lupa detilnya gimana.. tapi yg gw tangkep idenya bagus, tujuannya bagus, menggerakkan ekonomi masyarakat..
Ato soal penenggelaman kapal.. daripada dibuang sia2 mending dikasih ke sekolah kelautan..
Tapi soal implementasi emang penyakit di sini.. banyak melenceng dari tujuan awalnya..
profile picture
Likpaimin
kaskus geek
@dsturridge15 @ortillo.reborn

Klo baca tempe di thread sebelah ..

Perusahaan ekportir nya rata rata baru
...baru di dirikan atau baru pindah usaha ..

Pemegang nya banyak kroni termasuk hasmim
profile picture
loekirasiapa
kaskus addict
@ortillo.reborn kalau pembuat aturan itu benar dan tulus, tidak perlu dia mengawasi sampai ke implementasi, cukup dengar masukan dari beberapa pihak dan sbg pemimpin jangan terlalu condong ke 1 pihak.
EP bisa saja membuat rule tertentu supaya tujuan baiknya itu tercapai setelah mendengar masukan-masukan tadi terutama yang berkaitan potensi melenceng dari sasaran awal
profile picture
ortillo.reborn
kaskus addict
@dsturridge15 @Likpaimin klo soal itu.. katanya yg assess ada Tim nya n EP ga cawe2..
N mungkin Hashim termasuk yg ngebisikin menteri EP buat buka keran ekspor..
Gw ga belain EP.. tapi alur logika yg diambil dalam pengambilan kebijakannya masuk.. ide n tujuannya bagus.. n itu didukung Ama Rokhmin Dahuri pakar kelautan yg diakui..

Klo ga salah goal kebijakan lobster adalah buat naekin produksi lobster lokal buat konsumsi lokal n ekspor, n sementara belom bisa produksi lokal.. bibit boleh diekspor buat gerakin ekonomi masyarakat ( petambak n eksportir)..
profile picture
ortillo.reborn
kaskus addict
@loekirasiapa gw rasa pengawasan itu perlu n penting buat berubah ke arah yg lebih baik.. mungkin bisa dilihat dari mantan Dirut KAI ketika dia mengubah PT KAI.. Dy cuma tidur beberapa hari doang di rumah selama menjabat Dirut.. artinya dia perlu mengawasi dan mengevaluasi secara terus menerus kebijakan 2 nya..
profile picture
@Likpaimin @ortillo.reborn nah kan ada potensi gratifikasi dg memberikan tander ke perusahaan tertentu dg nilai tertentu padahal ada yg lebih murah, otomatis kalopun petani lobster disini pasti nyari kargo yg murah tapi dimahalin sama Edhy krn udah punya relasi bisnis dg beberapa perusahaan
profile picture
@ortillo.reborn kebijakan ekspor benih lobster rawan krn lahan basah, yg main ini ada banyak sekali, tapi dg ngasih harga kargo rp. 1800 per benih dan tenryata ada yg lebih murah rp. 200-300 per benih tapi si Edhy ngotot milih perusahaan yg Rp.1800 , ini jadi jalan masuk KPK mencari bukti lain, krn OTT yakin ada suap dr pihak perusahaan kargo tertentu dg si Edhy
profile picture
@ortillo.reborn @loekirasiapa disatu sisi pihak luar pembeli benih juga main, mereka gak mau harga bibit lobster mahal, merek ingin murah jadi, pihak konsumen atau peternakan luar akan berupaya mencari beberapa perusahaan dalam negri agar mau ikut bisnis ini, artinya mereka akan memberikan nilai kargo lebih rendah, otomatis harga benih akan lebih rendah, makanya gw gak setuju kalo ada ekspor benih lobster, kepentingan asing main ngeri banget
profile picture
ortillo.reborn
kaskus addict
@loekirasiapa @dsturridge15 yup bisa aja bener omongan loe..tapi terlepas dari kasus ini.. masyarakat (petambak n eksportir) dapat uang kan dari hasil budidaya?? Negara dapat devisa kan?? Klo ga ada sama sekali kegiatan budidaya n ekspor.. pemasukan masyarakat terkait ga ada kan?? Negara ga dapat devisa kan??

Klo menurut ane.. karena tujuannya baik.. kita kasih waktu kebijakan ini sampe tujuannya tercapai ( budidaya lokal berhasil).. mau siapapun menterinya..
profile picture
loekirasiapa
kaskus addict
@ortillo.reborn EP kelas menteri pembuat kebijakan, terpilihnya beliau ada aroma politis juga,
tidak seperti ex dirut yg agan maksud kompeten, profesional dan mengerti lapangan makanya wajar ada pengawasan.

Kita lihat saja ke depannya bagaimana, kenapa isu ini tiba2 diangkat saat panas panasnya soal kerumunan & demo
profile picture
karena ini OTT artinya udah ada bukti, dan pada saat di tangkap pun sedang melakukan "sesuatu", mungkin belum di tunjukin sama KPK.
tunggu aja perkembangan berita nya bakal kaya gimana.
profile picture
@ortillo.reborn @loekirasiapa kalo masalah budidaya aturan jelas, gara2 berpikir sempit cara cari cuan cepet, Mentri gak mau bikin program "peternakan intensif" soal lobster, malah nyari jalan cepat "jual benih", kan tadinya yg jual benih ini melanggar pidana "tetangga ane ada dipenjara 2 tahun gara-gara ekspor benih lobster" sekarang malah dilegalkan, kan aturan ini mainstream.

Kalo petani/peternak itu ikut regulasi pemerintah, mereka sebenarnya dapat benihnya juga dari ekosistemnya langsung, jadi yg terancam sebenarnya ekosistem yg dialam. Itu lah yg diperjuangkan Bu Susi, dia tau stock lobster dialam menjanjikan tapi dijual masih bibit, gw malah mikir petani ini lah yg harusnya budidaya dan mereka ekspor lobster.

Eksploitasi itu kalo gak terukur dan sesuai permintaan juga bahaya, itu kenapa banyak yg jengkel dg kebijakan imposter ini
profile picture
@loekirasiapa sorry gan ekspor hehhee
profile picture
ortillo.reborn
kaskus addict
@loekirasiapa dari podkes om botak ane nangkepnya.. EP nyerap berbagai aspirasi makanya ada kebijakan2, yg menurut ane ide n tujuannya bagus.., n ada evaluasi2 bila dirasa kurang..
emang bisa aja itu cuma gimnik.. tapi klo seandainya emang terbukti salah.. ane sih berharap kebijakan yg bagus jgn dibuang n bikin program baru yg butuh waktu lagi buat penerapan nya..
profile picture
ortillo.reborn
kaskus addict
@loekirasiapa @dsturridge15 nah mungkin ente lebih tau lapangan kaya gimana.. ane kan cuma denger podkes.. n ane rasa idenya bagus..
Tapi bener ga klo lobster berkembang biak bisa ribuan? N dari ribuan itu cuma berpa % yg dijual buat konsumsi..
Klo dari Rokhmin Dahuri.. karena emang belom bisa budidaya secara efisien.. sementara boleh ekspor benih dulu.. dalam beberapa tahun setelah sarana n prasarana bisa mendukung.. baru jual buat konsumsi..
Sekali lagi ane ga bela EP secara perorangan.. ane dukung kebijakan yg bagus buat masyarakat petambak terutama.. n masyarakat Indonesia secara umum buat bisa konsumsi lobster dengan harga wajar..
profile picture
TS mendadakranger
Auto Banned
RD ini salah satu yang ga sinkron dalam jumlah lobster di Indonesia. Dia sebut lobster di indo ada 4 miliar kali 6 spesies = 24 miliar.

https://monitor.co.id/2020/06/10/ekspor-benih-lobster-terbatas-penasehat-menteri-kelautan-perikanan-dorong-kemampuan-budidaya/
profile picture
ortillo.reborn
kaskus addict
@mendadakranger klo liat link.. itu lobster n benih lobster.. n klo bener sekali berkembang biak langsung banyak.. bisa jadi itu jumlah yg benar..
Tapi gini gan.. ane bukan pelaku n ga tau di lapangan.. daripada didiemin aj.. mending dijadiin duit ga tuh benih?
Karena klo bener sekali berkembang biak banyak.. masih masuk akal klo dijual n jadi pemasukan buat masyarakat..

Liat contoh yg Laen diantara kebijakan yg saling bertentangan antara menteri EP dan sebelumnya terkait dengan kapal nelayan.. menurut agan mana yg lebih masuk akal? Ane ga bela siapapun.. tapi terkait kebijakan bukannya harusnya sebisa mungkin menjadi manfaat buat orang banyak??
profile picture
TS mendadakranger
Auto Banned
@ortillo.reborn
TELURnya banyak, tapi yang jadi benur cuma sepersekiannya dan yang mampu jadi lobster dewasa sepersekiannya. Itupun mereka malah mengacu ke statistik lobster Australia yg jelas beda dengan lobster Indonesia (beda spesies beda iklim)

Kebijakan yg mana nih ?

Masalah kapal asing ditenggelamkan ? Ini karena kalau di lelang kebanyakan dibeli lagi sama oknum sedangkan diberi ke nelayan banyak yg mangkrak.

Masalah cantrang diijin lagi ?
Apa mau seluruh laut Indonesia overfishing seperti Bagan Siapi-api ? Pantura saja hasil tangkapannya sudah menurun tiap taun.

Masalah kapal tonase besar diijinin lagi ?
Kapal 150GT keatas itu hanya sebagian kecil di Indonesia dan semuanya punya pengusaha besar. Aturan yang lama sudah jelas, kapal raksasa yg sudah ada ijin masih boleh melaut tapi tidak bisa mendaftarkan kapala raksasa baru. Alasannya jelas, karena kapal2 besar rawan dijadikan pengepul untuk transshipment.
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 22 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di