CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
5 Kisah Terlupakan di Perang Dunia II Yang Cukup Seru Untuk Dijadikan Film.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb86aafa2d19509a8067d8c/5-kisah-terlupakan-di-perang-dunia-ii-yang-cukup-seru-untuk-dijadikan-film

5 Kisah Terlupakan di Perang Dunia II Yang Cukup Seru Untuk Dijadikan Film.



emoticon-Malu (S) Welcome di thread sederhana ane gansis emoticon-Malu (S)
emoticon-Ngacir Enjoy reading and have a good time emoticon-Ngacir






Sebagai peristiwa bersejarah paling berpengaruh di dunia, banyak yang tidak menyadari bahwa Perang Dunia II memiliki sejarah yang tidak hanya rumit namun juga cukup mengesankan. Baik Perang Dunia I maupun Perang Dunia II menjadi tempat akan bermacam-macam kejadian, mulai dari yang paling kejam hingga bahkan yang paling manusiawi.

Banyak cerita-cerita tersebut menjadi cukup terkenal agar menjadi pelajaran bagi generasi selanjutnya, namun banyak juga di antara cerita tersebut yang menghilang tertelan oleh zaman, padahal nyatanya cerita-cerita yang hilang tersebut juga memiliki nilai yang sangat berarti.

Penasaran? Keep reading ya gansis.

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)




Charlie Brown – Franz Stigler "Misi Belas Kasih" (1943)



20 Desember, 1943. Keadaan mencekam meliputi benak pilot pesawat American B-17 Bomber, Charlie Brown dan kru pesawat lainnya, ketika mereka mendapati keadaan pesawat yang rusak parah dan kenyataan bahwa mereka tengah dikejar oleh pesawat musuh.

Disisi lain, seorang pilot pesawat tempur Jerman, Franz Stigler hanya perlu menarik pelatuk untuk memberi akhir yang pahit bagi B-17 bomber di depannya. Namun niatnya terhenti ketika mendapati tidak hanya keadaan pesawat di depannya yang telah cukup rapuh namun juga kru pesawat yang hampir seluruhnya terluka

Tergerak oleh rasa iba, Stigler pun memutuskan untuk mendekati B-17 tersebut dan memberikan isyarat  agar segera mendarat yang kemudian tentu saja di tolak. Tidak habis akal, Stigler pun memberi isyarat arah menuju ke Swedia, namun tidak dimengerti. Kehabisan cara, Stigler kemudian memutuskan untuk terbang bersebelahan dengan B-17 karena khawatir posisinya diketahui oleh rekannya dan akan dianggap sebagai pengkhianat.

Beberapa saat ketika hendak mencapai garis Inggris dan menyakini bahwa B-17 akan selamat, Stigler pun memutuskan untuk berhenti dan memutar balik arah sembari memberi hormat.



Beruntung Charlie dan Krunya benar-benar mampu mencapai Inggris dan mendarat dengan selamat. Setelah perang usai, Charlie yang masih penasaran dengan “perbuatan baik” dari pilot Jerman yang mengejarnya tempo hari pun membuat sebuah iklan di koran Perang Dunia II untuk seorang pilot Veteran.

Beruntung, Franz Stigler yang saat itu telah berpindah ke Kanada melihat iklan tersebut. Keduanya kemudian melakukan reuni hangat dan menjadi sahabat dekat hingga wafat pada 2008.



Van Meegeren The Impostor (1943)



Nyatanya peristiwa perang dunia tidak hanya melulu berkutat pada hal-hal menyakitkan semacam darah dan penderitaan. Adalah Han Van Meegeren seorang bandar seni dari Belanda yang berhasil mencatatkan namanya sebagai – mungkin saja – salah satu pemalsu seni paling sukses dalam sejarah.

Sepak terjang Van Meegeren dimulai ketika dirinya sudah terlampau muak dengan seni modern yang tengah mendunia. Frustasi dengan publik yang tidak memperdulikannya. Van Meegeren pun mulai membuat imitasi pertama dari lukisan karya Vermeer sebagai ejekan terhadap selera seni pada masa itu.



Uniknya, lukisan palsu dari Van Meegeren malah diakui publik sebagai karya asli dari lukisan Vermeer. Sejak saat itu Van Meegeren terus memalsukan beberapa hasil karya milik Vermeer dan mendulang kekayaan hingga 60 juta dolar atau senilai 861 Milyar rupiah.

Btw 60 juta dolar waktu itu jika dibandingkan dengan yang sekarang harganya bisa berlipat-lipat lebih tinggi yak emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)emoticon-Takut (S)

Keberuntungan Van Meegeren pun menemui akhir ketika dirinya ditangkap dengan tuduhan telah menjual lukisan Veermer kepada Hermann Goering, pemimpin dari Partai Nazi saat itu. Publik sendiri geger ketika Van Meegeren mengakui di depan hakim bahwa seluruh karya Veermer termasuk yang telah disita maupun dijualnya merupakan hasil imitasi.

Akibat pemalsuan tersebut, Pengadilan pada akhirnya menjatuhkan hukuman kurungan penjara selama setahun terhadap Van Meegeren. Sang Pemalsu Agung ini pun pada akhirnya wafat akibat serangan jantung pada tahun 1947.

emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)


Medic Heroes D-Day (1944)



6 Juni 1944 di waktu subuh, terhitung ribuan tentara penerjun payung sekutu berhasil mendarat tepat di belakang garis musuh sebagai bentuk antisipasi terhadap Invasi Normandy. Adalah para prajurit dari 101st Airbone yang mengemban misi untuk mengambil alih sebuah desa kecil bernama Angoville-Au-Plain.

Sementara perang berkecamuk, dua prajurit medis Amerika, Robert Wright dan Kenneth More berhasil mempersiapkan pangkalan medis kecil disebuah gereja di desa tersebut.



Perang semakin memanas hingga akhirnya pihak Jerman berhasil memukul mundur sekutu, sementara itu duo Robert dan Kenneth memilih untuk bertahan di gereja dan menjaga fasilitas medis yang ada. Pihak Jerman pun berhasil memaksa masuk dan hendak memporak-porandakan seisi gereja, namun mereka langsung terdiam begitu mengetahui bahwa beberapa teman mereka – sesama tentara Jerman – yang terluka juga dirawat bersamaan dengan tentara sekutu.

Melihat hal ini, pihak Jerman pun mundur dengan sopan, membiarkan Robert dan Kenneth membantu yang terluka dan tidak lupa membubuhi tanda palang merah di pintu masuk.



Selama tiga hari perang terus berkecamuk, dan pengambil alihan desa juga terus berganti antara pihak Jerman dan Sekutu. Namun baik Robert dan Kenneth masih terus bekerja untuk menyelamatkan hingga 80 nyawa termasuk rakyat sipil.



Georg Elser si tukang kayu (1945)



Pernah mendengar bahwa Hitler hampir tewas disebabkan ulah cerdik seorang tukang kayu?

Yep kisah tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Adalah Georg Elser seorang tukang kayu berkebangsaan Jerman yang baru saja kembali dari perjalanannya ke Munich. Elser menjadi khawatir tentang apa yang tengah terjadi di negaranya, dan berinisiatif untuk membunuh Hitler sebelum Jerman kembali dibawa kedalam perang yang melelahkan.

Elser mulai menyusun rencana, dan rencana terbaiknya adalah membunuh Hitler dalam perayaan ulang tahun Burgerbraukller Beer, tempat dimana Nazi pertama kali mengumpulkan kekuatan mereka. Elser memilih saat tersebut karena hanya pada waktu itulah saat dimana kemungkinan paling kecil Hitler mengubah jadwalnya.

Selama 30 hari lamanya, Elser menanamkan sebuah bom waktu di salah satu pilar yang menyokong balkon tempat tersebut. Pekerjaan Elser sendiri nampak begitu rapi dan bersih hingga dirinya mampu meredam suara detik dari bom waktu yang dipasang olehnya, alhasil tidak ada yang tahu bahwa terdapat bom di pilar tersebut.

Sial bagi Elser, terjadi perubahan jadwal dalam kegiatan yang di hadiri oleh targetnya. Hitler memang hadir di perayaan tersebut, namun kemudian memotong durasi pidatonya menjadi lebih cepat karena dirinya harus segera merampungkan perencanaan untuk menginvasi Prancis.



Hanya 12 menit setelah kepergian Hitler, bom pun meledak, menewaskan 7 orang dan 68 lainnya luka-luka. Elser sendiri tengah dalam pelarian menuju perbatasan Swiss. Namun malang dirinya berhasil ditangkap oleh patroli malam, sebelum akhirnya disiksa dan kemudian di eksekusi pada April, 1945.




Agent Garbo – Double Agent Tersukses Dalam Sejarah



Menjadi seorang agen mata-mata saja sudah bukan pekerjaan yang mudah, namun apa jadinya jika seseorang menjadi double agent dan cukup berhasil untuk mendapatkan penghargaan dari kedua belah pihak?

Yep cerita seperti itu benar-benar ada.

Juan Pujol aka “Garbo” sebelumnya hanya bekerja sebagai seorang manager hotel biasa di Spanyol. Namun jangan salah, Juan adalah satu dari sekian banyak orang yang menyimpan dendam mendalam terhadap Nazi dan atek-anteknya.

Kisah  sendiri bermula ketika dia menawarkan “Jasanya” kepada kedutaan Inggris saat itu. Di luar dugaan, bukan hanya mendapat penolakan, Juan juga mendapat cemooh dan tawa merendahkan dari seisi kantor. Mereka hanya memberi tahunya bahwa satu-satunya cara untuk memperoleh kepercayaan Inggris adalah dengan menyusup ke Pusat Intelejen Jerman, Abwehr.

Tidak butuh waktu lama, Juan pun langsung bergerak menuju Lisbon. Menemukan jalannya menuju ibu kota Portugis dan mulai mengirim berita bohong berupa informasi intelejen selama perjalanannya mengelilingi London kepada Abwehr. Disinilah Juan benar-benar menunjukkan kemampuannya, karena pada kenyataannya dia sendiri tidak pernah “mengelilingi London”. Dia hanya memberikan informasi berdasarkan film, koran, bahkan buku telepon. Dan ajaibnya, apa yang disebut sebagai “informasi intelejen terpercaya” namun tidak lebih dari omong kosong tersebut cukup kuat untuk memuaskan Jerman.

Dengan keberhasilan pertamanya tersebut. MI5 pun bergegas menghubungi Juan, meminta maaf, memberinya misi dan juga code name “Garbo” yang berasal dari nama artis Greta Garbo karena kemampuannya untuk meyakinkan orang lain dengan cerita bohong.



Jasa terbesar agent Garbo sendiri adalah mampu meyakinkan Jerman dengan petunjuk palsu tentang lokasi Invasi Normandy, tidak hanya itu, Garbo juga berhasil menipu dan meyakinkan Jerman bahwa perdaratan D-Day adalah taktik pengalihan dan serangan sebenarnya ada di tempat lain.

Atas “Jasanya” terhadap dua informasi berharga tadi, Garbo pun menjadi aset penting dari Jerman, mereka bahkan menganugerahi Garbo dengan perhargaan tertinggi “Iron Cross”. Sementara dari Inggris sendiri, Garbo memperoleh penghargaan MBE (Member of the Most Excellent Order) atau Penghargaan Ordo Ksatria Britania Raya.



Setelah peristiwa Perang Dunia 2 berakhir, dan dengan kesuksesannya yang melegenda, Garbo pun berpindah ke Venezuela sebagai usaha untuk menghindari sisa-sisa Nazi. Garbo pun menghembuskan nafas terakhirnya dengan damai pada tahun 1988.






Keren-keren yak jasa orang-orang di atas, paporit ane sendiri sih Agent Garbo sama Elser si tukang kayu wkwkwkw. Paporit ente yang mane nih? Dan kebayang gak kalau sampe cerita tentang agent Garbo dijadikan film? Dem bakal keren sangat dah muhehehehe

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)

Btw, sekian thread kali ini, thanks buat yang sudah berkenan hadir disini, jangan lupa tinggalkan jejak berupa coment, share, dan saling berbagi cendols.

Last but not least, stay tune for another thread yak

emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)

Byeee ~

emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2



Sumber : disini | Gambar : Google Images | Narasi : Pribadi



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh andretarina
Waaah... Agent Garbo...
emoticon-Wow
profile-picture
andretarina memberi reputasi
profile picture
TS andretarina
kaskus addict
udah terkenal bat agent satu ini wkwkwkwkw
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 1 dari 1 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di