CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Debate Club /
Anda Bertanya Berwin Menjawab - Edisi 2016 - Part 2
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dde992b48c38d5e5e7b344e/anda-bertanya-berwin-menjawab---edisi-2016---part-2

Anda Bertanya Berwin Menjawab - Edisi 2019/2020

Semua macam pertanyaan boleh ditanyakan di thread ini.

Tidak semua pertanyaan akan dijawab.

Thread memakai sistem buka tutup, kapan buka dan kapan tutup tidak pasti karena tidak ada yang pasti selain ketidakpastian itu sendiri.


Thread2x sebelumnya :

Thread2 sebelumnya :
(ABBeM) Anda Bertanya Berwin Menjawab
(ABBeM) Anda Bertanya Berwin Menjawab - Part 2
Archive (ABBeM) Anda Bertanya Berwin Menjawab
Anda Bertanya Berwin Menjawab - Edisi 2013---part-1
Anda Bertanya Berwin Menjawab - Edisi 2013 - Part 2
Anda Bertanya Berwin Menjawab - Edisi 2013 - Part 3

================
By Leehongkyun :
1. Jodoh dan Takdir
2. Kisah Kakek, Cucu, dan Kuda (Tidak semua yang kamu kira buruk itu benar2 buruk)
3. Menyerah dan "merelakan" (Melakukan hal sama dan mengharap hasil berbeda adalah kegilaan)
4. Contoh bijak tentang nasib dan takdir (serta menyikapi ramalan)
5. cara menjadi bijak ala Berwin.
6. Materi dan Kekayaan.
7. Menyerah bukan pilihan.
8. Cara Mendidik Anak
9. Katakanlah kejujuran walaupun pahit?

==============
by Unnatural11
1. menyikapi dendam

by Beuted

1. Ini pun akan berlalu.


*Catatan : Saya sering kali menjawab pertanyaan dgn kata WANDA.

Maksud dari kata WANDA adalah "Wah Ndak Tau".

Waktu paruh dari pengetahuan : 50 % dari semua pengetahuan yang tertulis disini kemungkinan besar (80%) akan menjadi tidak lagi valid dalam waktu 10 thn setelah periode penulisan dan/atau periode dimana pengetahuan itu menjadi sebuah hal yg diterima umum sebagai bernilai benar.


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
olympianovus dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh berwin
kontribusi habibie sama dunia penerbangan apa? perasaan indo overproud banget, desain pesawat aja cuma bisa baling baling
profile-picture
profile-picture
azroel3 dan jendralbuluk memberi reputasi
profile picture
TS berwin
Retired Moderator
Lol.....waktu eropa mau bikin perusahaan pesawat terbang buat nyaingin Boeing-nya US, Habibie itu salah satu member team awal yg desain pesawat awa mereka yg kemudian dikenal dgn nama Airbus 300.

Jg waktu jaman itu ada kejadian banyak pesawat tiba2x patah dan jatuh, insinyur2x tau ini karena ada retakan akibat metal fatigue tp ga tau gmana cara menghitung progress retakan ini untuk bisa ngukur berapa lama misa bagian itu harus diganti dan profil rambatan retakannya akan gmana.

Habibie adalah yg pertama menemukan gmana cara menghitung rambatan retakan ini, makanya dia dijuluki Mr Crack.

Akibat penemuanya maka pesawat terbang jadi lebih aman, boleh terbang lebih tinggi dan lebih cepat serta ekonomis dlm maitenancenya.
profile picture
azroel3
kaskus geek
@berwin ternyata ikutan bikin A300 ya mod? keren juga yaa
profile picture
TS berwin
Retired Moderator
@azroel3

Gak cuman Habibie sebenarnya.

Kamu tau pesawat terbang komersial jumbo jet diawal2x selalu di cockpit ada 3 orang, yang disebut Kapten (Pilot), First-Officer (Co-Pilot) dan Second Officer (Flight Engineer).

Thn 1977, Direktur Garuda Airways (Nama sebelum Garuda Indonesia, makanya kode pernebangan Garuda itu GA) yg bernama Wiweko dateng ke Perancis karena ditawarin untuk beli pesawat Airbus A300.

AIRBUS menawarkan konsep pilot yg berbeda dgn Boeing, mereka menyebutnya FlybyWire, intinya adalah mereka mengedepankan otomatisasi untuk membantu proses penerbangan agar lebih mudah, nyaman dan aman.

Ketika dia melihat Cockpit nya Airbus A300 dia duduk di kursi pilot kemudian sambil dijelaskan soal fungsi2x dari tombol2x dan console dipesawat itu.

Setelah selesai dia kemudian bertanya sama Chief Pilot Airbus, itu orang yg duduk dibelakang dia itu gunanya apa. Maksudnya si Wiweko itu flight engineer gunanya apaan. Sebab menurut dia semua udah diotomatisasi dan dijelaskan soal adanya sistem backup ini dan itu.

Lalu dijawab bahwa itu Flight Engineer gunanya untuk memastikan semua sistem ini berjalan semestinya dan jg karena alasan saat itu semua produk pesawat terbang lainnya seperti dari Boeng, Lockheed/McDonnel Douglas, dll itu masih pake 3 krew di cockpit.

Namun si Wiweko argue bahwa gak ada gunanya orang ke 3 itu di cockpit karena semua sudah diotomatisasi dan dia argue bahwa lebih taroh komputer yang lebih besar dibanding naroh flight engineer.

Hal ini di akui oleh General Manager Airbus saat itu yg terkesan dgn Wiweko yg paham bener soal dunia aviasi modern.

Wiweko lalu bilang sama GM Airbus ini dan dia bilang kalo Airbus bisa "buang" itu kursi ke 3 didalam cockpit pesawat maka dia siap berbisnis dgn Airbus.

Airbus menyanggupi tantangan itu dan lahirlah konsep 2-Man Crew Cockpit, ketika Wiweko mau di "anugerahi" titel bapak 2-Man Crew Cockpit, dia menolanya dan dia bilang "titel" itu namanya diganti jadi "Garuda Design Cockpit" dan Garuda Airways pada thn 1982 menerima 9 pesawat Airbus A300B4 dan jadi yg pertama menggunakan desain cockpit baru ini.

Setelah itu pesawat terbang lainnya mulai mengikuti konsep yang sama dan menghilangkan posisi Flight Engineer didalam cockpit mereka.


profile picture
azroel3
kaskus geek
@berwin wih muantap mod emoticon-Big Grin
indonesia djaja emoticon-Big Grin
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 4 dari 4 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di