CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Membandingkan Kesejahteraan Hidup di Los Angeles vs di Jakarta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5fb36e1f4601cf62a770a983/membandingkan-kesejahteraan-hidup-di-los-angeles-vs-di-jakarta

Membandingkan Kesejahteraan Hidup di Los Angeles vs di Jakarta

Halo gays,

Kali ini gw iseng2 bikin thread tentang perbandingan kesejahteraan hidup di negaranya om Trump vs di negaranya mbah Jokowi. Kota yang dijadikan perbandingan adalah Los Angeles dan Jakarta.


Mungkin terdengar kurang sepadan karena Jakarta itu Ibu kota, seharusnya bandinginnya dengan Washington DC. 


Enggak juga sih, LA itu kota metropolitan juga, pusat berbagai bisnis dan hiburan juga, jelas biaya hidupnya enggak rendah, sama kaya Jakarta, karena negara kita belum mecah pusat Pemerintahan dan Bisnis aja makanya enggak maju2.

Objek yang dijadikan perbandingan biar berimbang adalah kehidupan seorang Polisi, kenapa Polisi? karena Polisi termasuk Social Service, yang bayar negara, yang nentuin gajinya, tunjangannya dll itu negara, jadi enggak tergantung sama yang namanya UMR2an, atau nilai pasar suatu posisi/jabatan/pekerjaan di dunia swasta yang bisa sangat bias antar perusahaan di satu kota, apalagi antar negara.

Mari kita bahas perbandingannya ya:

LAPD


Quote:




POLRI


Quote:




Dari Perbandingan kasar di atas bisa terlihat kan betapa merananya bekerja di Indonesia?

Banyak yang bilang di luar negeri gaji gede, tapi living costnya juga gede, dan bilang biaya hidup di Indonesia murah meriah enggak kayak di luar negeri. Menurut saya enggak relevan kalau enggak dibuat hitung2an yang bener2 minimal seperti yang saya buat.

di Indonesia jangan harap kaum gajian bisa beli mobil seharga Rp 600 juta + rumah di Jakarta, ngimpi bos.

di USA, seorang pekerja "Blue Collar" di Los Angeles pun, bisa punya Mobil dan Rumah yang bisa dibilang cukup mewah di Indonesia.

Dengan penghasilan segitu pun, para Polisi di LA masih banyak juga yang korup, gimana dengan Polisi disini dengan gaji yang merana seperti yang dibahas? 

Ini baru perbandingan sesama Polisi lo, apalagi yang kerja di swasta, dengan posisi dan jenis pekerjaan yang sangat bervariasi, bisa jauh lebih jomplang lagi.

Di sana Polisi kelas rendahan beli sepatu Nike gak ada rasanya, sebulan mau beli 10 pasang sepatu Nike juga bisa. Di sini Polisi mau beli sepatu Nike KW di Taman Puring pun masih nawar2, apalagi beli Nike Ori, mesti nabung berapa bulan buat sepatu doank.

Standar Gaji dan kenaikan gaji yang amat sangat rendah di negara kita, dibarengi dengan harga dan kenaikan harga Properti yang ultra sangat gak masuk akal dengan luas bangunan yang sangat tidak layak untuk disebut rumah.

Jadi gimana rakyat Indonesia enggak stress, Polisi2 banyak yang korup, kaum2 marjinal pada emosional, dsb dll.





profile-picture
profile-picture
profile-picture
jrully dan 28 lainnya memberi reputasi
Quote:
Kebiasaan orang Indonesia kalau ada yang magang atau kerja di luar negeri itu pemikirannya gaji gede, karena kebiasaan melihat dari perbedaan nilai mata uang negara tempat magang atau kerja tersebut dengan nilai mata uang Rupiah, bila di convert ke IDR. Namun mengesampikan biaya hidup dinegera tempat magang atau kerja tersebut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh comrade.frias
profile picture
TS KyraAltair
kaskus maniac


nah makanya mesti di hitung dengan cermat, mesti cari tahu biaya2 di sana itu seperti apa, jangankan ke luar negeri, orang2 USA sana pun itung2an koq kalau mau kerja ke negara bagian lain

itu website2 yg jadi referensi saya kan sebenarnya buat bule2 sono, bukan untuk overseas

nah maksud saya buat thread ini tu mau menunjukkan bahwa sebenarnya hidup di Jakarta itu Living Costnya JUAUAUAUAUAUAUAUUUUHH lebih gede daripada di Los Angeles, makanya saya kasih persentase2 biar komparatif, enggak sekadar konversi kurs semata

di Jakarta itu stressful bgt, simply karena salarynya terlalu kecil, UMR aja cuma 4 juta, gimana mau hidup layak?
profile picture
kumi56
kaskuser
DI indonesia timur biaya hidup sama dengan jakarta lebih mahal malah ditambah UMR yang dibawah 4 juta tp gak stresful kyknya .... mungkin agan bs bntu jelasin
profile picture
skiesman
kaskus addict
@kumi56 hidup di jakarta mah murah gan.. 3juta jg bisa kalo lo pinter manage duit.. yg mahal itu GENGSI, seperti nongkrong harus di STARBUCKS, HP harus IPHONE, baju harus BERMEREK
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@kumi56 @skiesman 3 juta hidup di jakarta bisa layak ??? Keluar dari rumah emak lu bro !!!
profile picture
kumi56
kaskuser
nah kalo itu setuju masalahnya biaya hidup gak ada yg ngalahi indonesia timur rokok sebungkus bisa tembus 100 rebu emoticon-Hammer2
profile picture
Disana gaji gede, living cost gede juga tapi fasilitas bagus, layak bgt dan manusiawi. Intinya lebih nyaman disana. Btw gak usah jauh2 ke LA, ke negara jiran aja lbh apple to apple, secara sama2 melayu, tropis, makan nasi jg ini
profile picture
mblong88
kaskus addict
@kumi56 @skiesman @anti.liberal bisa idup, tp layak ga tau siih dan harus single, plus belum tentu ada sisa akhir bulan.
gw di jaksel dulu per bulan habis 2-2.5 juta, kost 800-1juta sendiri, tanpa AC dan kecil beut..
profile picture
skiesman
kaskus addict
@kumi56 @anti.liberal ane bilang HIDUPP.. bukan HIDUP LAYAK. lagian standar hidup layak itu tiap orang beda.. klo kaum kismin bs makan warteg setiap hari yaa itu udh layak buat mereka. buat kaum burjois , kategori layaknya beda. misalkan makan makan MCD setiap hari...
profile picture
mblong88
kaskus addict
@kumi56 @anti.liberal @skiesman klo cmn hidup, kadal ama kucing n tikus yang ngais2 sampah pinggir jalan juga hidup ganemoticon-Ngakak
profile picture
anti.liberal
kaskus maniac
@kumi56 @skiesman @mblong88 makannya kalo idup cuman idup ya gak ada lebihnya dari hewan.

Hidup manusia ya harus hidup layak. Dan kualitas hidup semakin meningkat dong seiring waktu.

Misalnya dulu berak di kali ya sekarang berak di toilet harus jadi standar layak dong. Kalo hidup yang penting hidup ya berak aja sembarangan. Gak beda dgn hewan. Gak naik2 kualitas hidup.

profile picture
mblong88
kaskus addict
@kumi56 @skiesman @anti.liberal makanya gan gw bilang 3 juta jaksel hidup, layak ga tau, harus single, harus sederhana, plus ntah ada sisa kagak di akir bulan. cmn ini kondisi klo loe ga tinggal ama ortu.
klo masih tinggal ama ortu mah, uang segitu ya cukup apalagi ga perlu kontrak atau beli rumah.
gw agak mafum klo buruh ama pekerja nuntut naik gaji meski itu ga ngefek ke gw, lha apa2 naik trus.
persen kebutuhan hidup dasar ama gaji gila banget, coba kenaikan inflasi harga pokok ga gila2 amat...macam di kampung jawa timur misalnya, mau UMR 1.5 juta juga masih adem ayem....ama pajak kurangin lah sikit di masa pandemi biar spending rumah tangga naik dikit buat bantu UMKM, plus potongan2 ke warga kelas menengah kurangin biar ga was2 klo belanja dan bisa spending lebih.
susah emang jadi warga pendapatan menengah (baca warga rentan jatuh ke cap miskin). benefit miskin ga dapat (subsidi), benefit orang kaya yang usaha juga ga dapat (dispensasi, potongan pajak usaha) di masa pandemi gini.
profile picture
skiesman
kaskus addict
@kumi56 @anti.liberal @mblong88 iya betull.. di indonesia jd rakyat miskin lebih enak drpd menengah. apa2 disubsidi.. lah yg menengah bayar bpjs udah, bayar pajak udah, giliran ada program pemerintah ga bisa dapat krna ga masuk kategori miskin...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 12 dari 12 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di