CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi Pastikan Indonesia Resesi Ekonomi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9fb383c8393a319972d513/jokowi-pastikan-indonesia-resesi-ekonomi

Jokowi Pastikan Indonesia Resesi Ekonomi




Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan pertumbuhan ekonomi minus sekitar 3 persen pada kuartal III 2020. Artinya, Indonesia resmi masuk jurang resesi setelah pada kuartal sebelumnya, laju ekonomi minus 5,32 persen.

"Pada kuartal III ini, kita juga mungkin sehari, dua hari, tiga hari akan diumumkan oleh BPS, juga masih berada di angka minus. Perkiraan kami minus 3 persen, naik sedikit," ujar Jokowi dalam konferensi pers, Senin (2/11).

Selain itu, Jokowi menyatakan realisasi investasi juga masih buruk pada kuartal III 2020. Ia memperkirakan investasi berpotensi minus lebih dari 5 persen.

Ia mengaku sudah meminta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi agar investasi pada kuartal III 2020 bisa minus di bawah 5 persen. Namun, hal itu sulit direalisasikan.

"Belum bisa dikejar. Oleh sebab itu harus dikejar pada kuartal IV 2020, dan kuartal I 2021," kata Jokowi.

Meski negatif, Jokowi mengklaim angkanya tetap lebih baik dari realisasi kuartal II 2020 yang minus mencapai 5,32 persen. Selain itu, ia juga menyatakan bahwa situasi ekonomi Indonesia masih lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

"Ini kalau dibandingkan dengan negara lain masih jauh lebih baik," imbuh Jokowi.

Untuk kuartal IV 2020, Jokowi meminta seluruh kementerian untuk menggenjot belanja. Hal itu untuk mendorong permintaan masyarakat, sehingga konsumsi rumah tangga bisa membaik pada akhir tahun.

"Kuartal akhir, saya harapan realisasi belanja betul-betul harus berada pada titik maksimal," tegas Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksi ekonomi kuartal III 2020 terkontraksi atau minus 1 persen sampai minus 2,9 persen. Angkanya lebih tinggi dari perkiraan Jokowi.

Ia menjelaskan kontribusi total belanja pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 18 persen. Menurutnya, realisasi belanja hingga akhir September meningkat pesat dibandingkan kuartal II 2020.

Secara keseluruhan, Sri Mulyani memprediksi ekonomi Indonesia minus hingga akhir tahun. Tepatnya, ekonomi domestik akan minus di kisaran 0,6 persen sampai 1,72 persen.

Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi pada kuartal II 2020 mengalami kontraksi minus 5,32 persen. Angka itu berbanding terbalik dibandingkan kuartal II 2019 sebesar 5,05 persen.

Angka tersebut juga berbanding terbalik dibandingkan ekonomi kuartal I 2020 yang masih tumbuh sebesar 2,97 persen. Sementara, pertumbuhan ekonomi sepanjang semester I 2020 dibanding semester I 2019 juga terkontraksi 1,26 persen.


SUMBER





Serem banget nih .... resesi akhirnya datang emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 39 lainnya memberi reputasi
Resesi donk, gimana enggak, anggaran yang sebaiknya dipake buat pembangunan, malah nyungsep ke program² goblok bin tolol seperti prakerja, bantuan tunai sana, bantuan tunai sini, bantuan tunai ide umkm, yang mana yang dapet kualifikasinya ga jelas..

Bayar pajak mahal, duitnya dipake orang foya², gonta-ganti hp, shoping baju, ngopi, etc..

Jokodok oh Jokodok.

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azzamdllah dan 6 lainnya memberi reputasi
profile picture
batakolonjong
kaskus addict
Yang prakerja gan,

Vendornya yang cuan cuan

Aneh ganemoticon-Hammer2
profile picture
kentang.goreng
kaskus addict
@batakolonjong moga diusut kpk (kalo bener kerja kpk nya) emoticon-Hammer
profile picture
nirankara
kaskus maniac
bukankah di Perpres terkait covid sudah ada extraordinary kalau kebijakan terkait covid ini gak bisa diperkarakan gitu kan ya, cmiiw 😬
profile picture
azzamdllah
aktivis kaskus
wkwkwkwk namanya jg jokonnn
profile picture
UMKM ini yg pasar ritel sekala mikro atau makro? Bisnis lemah gak mampu bertahan ya wajar, semuanya akan di reset ke digital, itu pesan moralnya, kalo liat ritel masih pake sekema lama pasti ancur, kalo udah beralih digital dg e-money ini yg bertahan, kedepannya produk UMKM mereka yg akan melesat, memang program ini gak terpikirkan di debat program capres 2019 masing2 dg idealnya punya program sekala makro hanya untuk melebarkan bisnis berbasis SDA, kalo manufaktur dan teknologi gulung tikar lah kalo market di Indonesia gak laku, intinya suksei bisnis Indonesia memang menjual SDA, belum mampu naik tingkat menghasilkan produk manufaktur yg dibutuhkan negara lain
profile picture
kbeniadip
kaskus geek
@dsturridge15 "ide" UMKM beda dengan UMKM. BLT ide UMKM yang dapet kriteria gak jelas, cek aja penerimanya, ga lolos syarat modal ngibul. Duitnya kemana? foya²..
profile picture
@kbeniadip ini gk hanya ide liat itu toko ritel online spt S, BL,TP dsb mulai beberapa tahun cuan gede, tetep jalan, UMKM skala mikro ini lah yg mampus perlu disuntik bantuan, yg gak pengaruh jg kalo pasar tradisional komoditas bahan dari lokal, cuma terpengaruh daya beli yg menurun, yg ribut kemarin itu pasokan bahan konsumsi dari luar spt kedelai, daging, dsb.
profile picture
kbeniadip
kaskus geek
@dsturridge15 gue ngomong apa, elu ngomong apa..

emoticon-Cape d...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 8 dari 8 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di