CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9bca8068cc95621d7506c0/ri-kecam-pernyataan-presiden-prancis-hina-islam-lukai-2-miliar-muslim-dunia

RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia

Jakarta -

Pemerintah RI mengecam pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menghina Islam. Pernyataan Macron itu dianggap melukai perasaan 2 miliar muslim di seluruh dunia.

"Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam. Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari 2 Milyar orang muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia," demikian pernyataan RI, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI, Jumat (30/10/2020).
Baca juga:
Soal Kebebasan Berekspresi, HNW Minta Macron Ikuti Pengadilan HAM Eropa

Dipaparkan, hak kebebasan berekspresi seharusnya tidak mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama. Pemerintah RI mengajak seluruh negara untuk menomorsatukan persatuan dan toleransi antarumat beragama.

"Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar dan berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama, terutama di tengah situasi pandemi saat ini," sambung pernyataan pemerintah RI.

Kemlu telah memanggil Dubes Prancis. Pemanggilan terhadap Dubes Prancis untuk RI Olivier Chambard dilakukan pada Selasa (27/10) sore. Namun, Olivier belum memberikan respons terhadap kecaman Indonesia.

"Pertama, Kemlu telah memanggil Duta Besar Prancis pada hari ini. Kedua, dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam," kata Juru Bicar (Jubir) Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (27/10).
Baca juga:
MUI Sulsel Kecam Pernyataan Presiden Macron tapi Minta Umat Tahan Diri

Menag RI juga mengecam Presiden Perancis yang melukai umat Islam. Simak pernyataan Menag Fachrul di halaman berikutnya.

Meteri Agama Fachrul Razi mendukung sikap Kemlu yang memanggil Duta Besar Perancis. Fachrul menekankan setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain.

"Pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron melukai perasaan umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme," ujar Fachrul dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10).

"Kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apa pun," tuturnya.
Baca juga:
Menag: Penyataan Presiden Macron Lukai Perasaan Umat Islam

Fachrul mengimbau agar umat Islam di Indonesia tidak terpancing melakukan tindakan anarkis. Dia menuturkan Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri.

Untuk diketahui, sejumlah negara Islam mengecam Prancis dan Presiden Emmanuel Macron setelah otoritas Prancis menegaskan hak mereka untuk mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad. Sikap tersebut tetap disampaikan meskipun mereka mengetahui akan menyinggung umat Muslim.

Persoalan itu kembali muncul setelah seorang guru di Prancis tewas dipenggal karena menunjukkan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya saat membahas soal kebebasan berbicara dan berekspresi.
Baca juga:
Ayatollah Khamenei soal Pernyataan Presiden Prancis Macron: Tindakan Bodoh

Komentar kontroversial Macron saat memimpin penghormatan untuk guru Prancis tersebut, menuai kecaman dan seruan boikot produk Prancis. Dalam pidatonya, Macron bersumpah bahwa Prancis 'tidak akan menghentikan kartun (karikatur, red)' dan menyebut sang guru dibunuh 'karena Islamis menginginkan masa depan kita'. Macron juga menyatakan perang terhadap 'separatisme Islam', yang diyakininya telah mengambil alih sejumlah komunitas muslim di Prancis.




https://news.detik.com/berita/d-5234...588.1602477371

Perancis memang harus belajar soal sikap terhadap penghinaan agama dari RI.

Klo nggak percaya, tanya sama Abdul Somad, Yahya Waloni dkk.

Juga jangan lupa tanya AHOK.

Bravo RI!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh silents.
merasa terlukai?
terus yang kehilangan kepala dan terancam kehilangan kepala nasibnya gimana? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 14 lainnya memberi reputasi
profile picture
drembol
aktivis kaskus
orang udah mati ndk usah di anggap emoticon-Ngakak
profile picture
BlueVergil
kaskus addict
Ane bantu jawab, merasa itu subjektif, tiap orang bisa berbeda.
Ketika seseorang kehilangan kepala maka dia tidak bisa merasa lagi.
Maka orang yg kehilangan kepalanya tidak bisa merasa dilukai lagi gan.
Semoga tidak membantu emoticon-Ngacir
profile picture
Yang mati gak bakalan dianggap sama mereka. Yang penting nabi mereka gak boleh dihina, hati umatnya yang sensitip gak boleh luka. Karena bagi mereka itu lebih penting dari nyawa manusia.



profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja

Yg mati ..keluarganya pasti menangis,ngapain buat lawakan pake materi agama Islamemoticon-Turut Berduka
profile picture
@egag Charlie Hebdo bukan cuma bikin kartun buat nyerang Islam. Agama lain juga sering dibikin ledekan, nih coba ente maen ke sini https://qz.com/322550/charlie-hebdo-has-had-more-legal-run-ins-with-christians-than-with-muslims/.

tapi apa tanggapan orang Kristen? Apa mereka maen penggal atau bom mesjid?
profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja
Ya terserah, karena dalam agama kristen kan gk ada aturan gk boleh buat karikatur Yesus?

Sudah lah gan, seluruh Muslim saat ini membela radikalis lho...kenapa?

Gue biasanya menentang Radikalis..
Tp, kali ini gue membela..karena yg main api duluan ya mereka..
Gue sebagai penggiat logika,Gue berfikir objektif
profile picture
@egag
Quote:


Lho kan karikatur itu memperolok. Beda kalo cuma menggambar aja tanpa maksud memperolok. Kalo dibilang tersinggung ya orang Kristen pasti tersinggung. Tapi apa mereka diajar untuk bales dengan cara penggal? Kan nggak. Malah disuruh kasih pipi kiri kalo pipi kanan ditabok sesuai manual book-nya.

Cuma kalian yang gak merasa bersalah membalas sesuatu dengan maen penggal kepala. Religion of peace huh?

profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja
Dalam Islam, menggambar Nabi dengan wajah ganteng aja dihukum

Ini bukan masalah olok mengoloknya emoticon-Cape d...
profile picture
@egag
Quote:


Ya kalo mau minta dihukum protes gih, bikin kek laporan ke polisi, ada aturan ada prosedur. Manusia punya aturan punya adab. Bukan langsung maen penggal tanpa proses pengadilan.

Quote:


Jangankan gak diolok-olok. Gak bikin kartun aja kalian juga tersinggung, Inget ente kasus tabloid Monitor? Waktu Monitor bikin angket & nabi kalian gak jadi nomor satu aja kalian mencak-mencak. Lah padahal itu cuma angket doang, Kenapa jadi tersinggung? Beda pas Michael Hart bikin orang paling berpengaruh, baru kalian girang bukan kepalang.

Padahal di buku Michael Hart Tuhannya orang Kristen gak ada di urutan pertama. Tapi apa orang Kristen tersinggung?
profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja polisi mana?
profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja
Kan sudah Gue bilang ..ini bukan masalah singgung menginggung..tp aturan agama
profile picture
@egag
Quote:


Di Prancis itu mereka punya aturan setiap orang bebas berpendapat. Gak suka? Itu urusan kalian. Kaum kalian udah bagus diterima di sana, ngapain tau-tau minta dihargai akan iman kalian? Kalo gak mau hormati aturan di sana, gak mau ikuti norma di sana, ya minggat aja dari Prancis. Udah dibilang di Prancis yang sering dihina bukan cuma Islam, masih aja cari pembenaran. emoticon-Hammer

Quote:


Lah emang di kasus Monitor itu ada soal karikatur? Itu soal angket/survei aja kalian marah-marah karena nabi kalian bukan di urutan satu. Kalo bukan tersinggung, apa coba namanya?

Quote:


Aturan balas penghinaan dengan penggal kepala?

profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja

Quote:


Yes,kan sudah Gue bilang ini bukan masalah penghinaan..masih gk paham pahamemoticon-Cape d...

Emang, di prancis ada pasal yg membuat seseorang dihukum karena menggambar orang jd ganteng?

.

Quote:


Itu bukan Gue kan?
Dan itu bukan suara mayoritas Muslim..
Tp kalo ini, semua muslim sepakat emoticon-Cool


Quote:


Menggambar karitatur di balas penggal kepala..
Yes
profile picture
@egag

Quote:


Mau dibikin jadi ganteng kek, jelek kek, tekek kek, pemerintah sana mah gak ada urusan. Karena karikatur, meme apa pun namanya itu bagian dari kebebasan beropini. Gak suka? Jangan tinggal di sana, cari aja negara Islam yang gak bakalan hina nabi. Ngapain ngemis mewek minta orang hargai iman kalian. Wong kalian aja gak menghargai nyawa orang.

Quote:


Kalo mayoritas muslim sepakat, berarti secara komunal mereka punya perasaan yang sama, perasaan terhina/tersinggung yang sama, Kalo fungsi agama gak bisa rem perilaku orang jadi lebih baik tapi tetap membiarkan mudah tersinggung mudah terbakar, buat apa fungsi agama kalian?

Quote:


Artinya Islam gak kompatibel dengan peradaban karena cuma bikin rusak peradaban & menghilangkan nyawa orang. Ajaran agama lain berlomba mengajarkan perdamaian & kasih antar sesama manusia. Cuma ajaran kalian yang mengajarkan bunuh penggal kalo dapat bully-an & hinaan. Gak tahan uji & mudah tersinggung. Gak heran antara sesama kalian aja kalian ribut, apalagi dengan umat agama lain. Baguslah kalo kalian ribut dengan sesama kalian, biar kalian punah secara alami dari muka bumi. Umat agama lain tinggal ngopi dan menonton kebarbaran kalian yang saling membunuh sesama Islam.
profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja
Itu kan pendapat lu..
Faktanya, Budhis adalah agama paling abstain dan damai..tp pengikutnya paling sedikit..

Islam jd agama ke dua paling banyak dan Kristen yg pertama..
Atheis, pertumbuhannya semakin banyak...disusul pertumbuhan agama Islam yang pada tahun 2027 diprediksi menjadi agama terbesar mengalahkan Kristen..

Dari survey ini...timbullah pertanyaan,apa sebenarnya yang paling di butuh kan manusia?
Bukan kedamaian dan ketenangan...tp logika...

Jd gk usah ngedongeng di depan Gue, gue gk terlalu suka film disney emoticon-Cool
profile picture
@egag
Quote:


Lho kalian saling membunuh itu emang fakta, hadits kalian sendiri yang bilang ----> link.

Belum lagi waktu ISIS berkuasa, berapa sesama muslim yang mereka bunuh ---> link.

Semua link itu menurut lu dongeng ya?
profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja
Membunuh dalam Islam hanya 2..
Membela diri atau membela pemerintahan yang sah..
Dengan kata lain ,ada sebab..

Prinsip orang Islam adalah seperti lebah

Jd ISIS termasuk dalam itu gk?

So,
Makanya banyak yg menentang isis dan teroris
profile picture
@egag

Quote:


Emang di kasus Charlie Hebdo, diri siapa yang mesti dibela sampe mesti penggal kepala? Diri nabi? Emang nabi terancam sampe mesti penggal orang? Orang nabinya udah koit gimana bisa terancam emoticon-Hammer

Quote:


Lho faktanya ISIS itu Islam karena mereka pake manual book yang sama, pake password yang sama & mau nerapin hukum Syariah & kekhalifan Islam. Emang di agama lain ada hukum Syariah?
profile picture
egag
kaskus geek
@nyubiaja

Quote:


Aturan agama

Quote:


Tujuan baik, cara salah = salah

Itu prinsip Islam
profile picture
@egag

Quote:


Koplak, nulis asal jeplak. Aturan agama = bela diri? Bela diri kalo kaum lu di Prancis mau dibantai. Emang siapa yang mau bantai kaum lu di Prancis? Bangke banget cara pikir lu. emoticon-Tai

Biar kaskuser lain bisa liat begini nih kalo cara pikir mereka. Meski di permukaan mereka bilang islam gak kayak gitu, orang yang lakuin itu bukan mencerminkan islam bla-bla, tapi mereka dukung pemenggalan atas nama agama. Dan gak segan-segan ngakuin dengan bangga di forum publik kayak gini. emoticon-Hammer

Spoiler for egag says:


Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 33 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di