CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9bca8068cc95621d7506c0/ri-kecam-pernyataan-presiden-prancis-hina-islam-lukai-2-miliar-muslim-dunia

RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia

Jakarta -

Pemerintah RI mengecam pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menghina Islam. Pernyataan Macron itu dianggap melukai perasaan 2 miliar muslim di seluruh dunia.

"Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam. Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari 2 Milyar orang muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia," demikian pernyataan RI, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI, Jumat (30/10/2020).
Baca juga:
Soal Kebebasan Berekspresi, HNW Minta Macron Ikuti Pengadilan HAM Eropa

Dipaparkan, hak kebebasan berekspresi seharusnya tidak mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama. Pemerintah RI mengajak seluruh negara untuk menomorsatukan persatuan dan toleransi antarumat beragama.

"Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar dan berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama, terutama di tengah situasi pandemi saat ini," sambung pernyataan pemerintah RI.

Kemlu telah memanggil Dubes Prancis. Pemanggilan terhadap Dubes Prancis untuk RI Olivier Chambard dilakukan pada Selasa (27/10) sore. Namun, Olivier belum memberikan respons terhadap kecaman Indonesia.

"Pertama, Kemlu telah memanggil Duta Besar Prancis pada hari ini. Kedua, dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam," kata Juru Bicar (Jubir) Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (27/10).
Baca juga:
MUI Sulsel Kecam Pernyataan Presiden Macron tapi Minta Umat Tahan Diri

Menag RI juga mengecam Presiden Perancis yang melukai umat Islam. Simak pernyataan Menag Fachrul di halaman berikutnya.

Meteri Agama Fachrul Razi mendukung sikap Kemlu yang memanggil Duta Besar Perancis. Fachrul menekankan setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain.

"Pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron melukai perasaan umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme," ujar Fachrul dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10).

"Kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apa pun," tuturnya.
Baca juga:
Menag: Penyataan Presiden Macron Lukai Perasaan Umat Islam

Fachrul mengimbau agar umat Islam di Indonesia tidak terpancing melakukan tindakan anarkis. Dia menuturkan Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri.

Untuk diketahui, sejumlah negara Islam mengecam Prancis dan Presiden Emmanuel Macron setelah otoritas Prancis menegaskan hak mereka untuk mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad. Sikap tersebut tetap disampaikan meskipun mereka mengetahui akan menyinggung umat Muslim.

Persoalan itu kembali muncul setelah seorang guru di Prancis tewas dipenggal karena menunjukkan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya saat membahas soal kebebasan berbicara dan berekspresi.
Baca juga:
Ayatollah Khamenei soal Pernyataan Presiden Prancis Macron: Tindakan Bodoh

Komentar kontroversial Macron saat memimpin penghormatan untuk guru Prancis tersebut, menuai kecaman dan seruan boikot produk Prancis. Dalam pidatonya, Macron bersumpah bahwa Prancis 'tidak akan menghentikan kartun (karikatur, red)' dan menyebut sang guru dibunuh 'karena Islamis menginginkan masa depan kita'. Macron juga menyatakan perang terhadap 'separatisme Islam', yang diyakininya telah mengambil alih sejumlah komunitas muslim di Prancis.




https://news.detik.com/berita/d-5234...588.1602477371

Perancis memang harus belajar soal sikap terhadap penghinaan agama dari RI.

Klo nggak percaya, tanya sama Abdul Somad, Yahya Waloni dkk.

Juga jangan lupa tanya AHOK.

Bravo RI!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh silents.
Emang yg beragama Islam sampai 2M (itu populasi hampir 30-40% penduduk bumi)🤔

Berarti agama terbesar dong

Seingatku agama terbesar pertama Katolik, Kristen, Hindu baru Islam lalu terakhir Budha (untuk 5 besar) 🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan 5 lainnya memberi reputasi
profile picture
bungtak.selalu
kaskus addict
Biasa mau gertak.. nih gw pendudukny banyak loh, kalian harus nurut
profile picture
adfaisal
kaskus addict
seingatmu tahun brapa.. coba mungkin tahun 70 iya...

ini 2020 agama paling pesat pertumbuhannya ya islam.. mungkin banyak agama" lain yang murtad malah masuk islam


Agama Pemeluk agama Presentase
Kristen 2,4 milyar 33%
Islam 1,8 milyar[4] 24,1%
Agnostik/Ateis ≤1,2 milyar 16%
Hindu 1,15 milyar 15%
Buddha 521 juta 7%
Agama Kuno China 394 juta 5,50%
profile picture
gorepants87
kaskus geek
@adfaisal itu agnostik / atheis ga diitung di negara berbasis agama mayoritas muslim ya gan, klo diitung masuk potensi nomor 2 harusnya.
profile picture
hartantoshine
kaskus addict
@adfaisal

Kamu berdasarkan perkiraan kasarkan (hitungannya soalnya di Asteng dihitung Islam semua kebanyakan). Yg punya sensus agama cuma Indonesia, di negara lain gak ada, makanya untuk hitungan ini banyakan berdasarkan perkiraan kasar

Hitung saja sdh kelihatan, Agama Islam 1 M lbh dikit (Indonesia yg paling besar kurang lbh hanya kisaran 200-250jt), knp terasa banyak karena yg sering melakukan demo masalah agama Islam (maaf sebelumnya).

Di Eropa hanya kisaran 5-10%, di daerah Amerika malah kisaran 0.5-1% aja, kebanyakan Islam berasal dari Asia Tengah dan Afrika bagian Utara (Asia Tenggara penyumbangsih terbesar Indonesia dan Malaysia aja).
profile picture
hartantoshine
kaskus addict
@adfaisal @gorepants87

No. 1 atau no. 2 kalau dihitung juga yg gak beragama/Atheis
profile picture
saktihikari
kaskus addict
Dalam Islam itu cuman ada 2 kategori kok uclim dan kapir? Kalau uclim 2 milyar berarti sisanya kapir. Kalian tau sendiri mana yang minoritas?
profile picture
bodongamo
kaskus addict
Sklas presiden shrusnya g kyak gtu.emng mslah agama bsa mngakibatkan peperangan.klau bsa mslah agama sling bsa mnghrmati dan mnghrgai.biar bsa hdup dmai.jngan mnghna atau melecehkan agama.bsa2 akan trjdi prang saudara
profile picture
bauasemloe
kaskus maniac
gimana gak beranak pinak anjuran binik 4 lah... pemerkosaan saksinya 4 lah emoticon-Leh Uga

intinya beranak pinak emoticon-Leh Uga kek curut
profile picture
adfaisal
kaskus addict
@bauasemloe dari pada 1 , tapi beranak pinak bebas disembarang wadah...

profile picture
bauasemloe
kaskus maniac
@adfaisal tp tetap terkontrol kan yak emoticon-Leh Uga

emg yg beranak pinak sembarangan kek lu bilang ada nyang main gorok orang gitu???
profile picture
adfaisal
kaskus addict
@bauasemloe wajar aja 2 milyar, wong tetap di kontrol beranak pinaknya... udah persis hewan
profile picture
bungtak.selalu
kaskus addict
@bauasemloe @adfaisal ini logika yg salah.. yg voleygame juga msh suka buang peju sembarangan kok 🤣🤣 belum yg MBA bnyk bgt muslim di Indonesia dan mereka bangga dgn status jandanya
profile picture
adfaisal
kaskus addict
@bauasemloe @bungtak.selalu sama aja... yang Vendeta juga rame buang" pejuh.... malah salah lubang lagi

tetep aja tu kaum rame... emoticon-Om Telolet Om!
profile picture
bauasemloe
kaskus maniac
@adfaisal sape? ntuh curut udh 2m emoticon-Leh Uga cepet amat beranaknya emoticon-Leh Uga

cepet2 gih br 2050 bs jd agama mayoritas di dunia emoticon-Leh Uga kek curut
profile picture
adfaisal
kaskus addict
@bauasemloe yang statusnya 2M emang siapa....? emoticon-Wkwkwk
profile picture
bauasemloe
kaskus maniac
@adfaisal lah lu blm 2m??? emoticon-Leh Uga banyak yg kimpoi sirih ma kontrak brarti tuh kagak lapor emoticon-Leh Uga
profile picture
bungtak.selalu
kaskus addict
@bauasemloe @adfaisal ya makanya.. jd jgn pikir yg voleygame ga pnh buang peju sembarang.

Yg punya 4 aj msh sering buang peju di luaran kok 🤣🤣 apalagi di Jabar bersyariah, bnyk janda muslim yg bangga punya anak dr hasil MBA. Aplg hasil mba dgn Ustad, pasti sangat bangga.. Berita ustad baik santrinya udh hal lumrah..

Soal salah lubang coba masuk forum2 pelangi di Indo, muslim tuh kebanyakan. Msh ingat ryan Jombang? 🤣🤣
profile picture
bauasemloe
kaskus maniac
@adfaisal @bungtak.selalu kagak ush disenggol kaum pelanginya mah emoticon-Leh Uga muter2 tar emoticon-Leh Uga

profile picture
bungtak.selalu
kaskus addict
@adfaisal @bauasemloe hahaa.. pernikahan gay sm Trump dilarang, itu trump kristen taat.

Yg melegalkan itu kebanyakan SJW, dan agama yg sering dibela SJW di Amrik itu apa ya? 🤣🤣🤣
profile picture
bauasemloe
kaskus maniac
@adfaisal @bungtak.selalu klo gua blg si trump udh fanatik jg sih... keras untuk masalah sjw ma kaum pelangi... ga kyk obama lempem bnr...

nah yg jadi masalah udh kendor nih emoticon-Leh Uga
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 25 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di