CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9bca8068cc95621d7506c0/ri-kecam-pernyataan-presiden-prancis-hina-islam-lukai-2-miliar-muslim-dunia

RI Kecam Pernyataan Presiden Prancis: Hina Islam, Lukai 2 Miliar Muslim Dunia

Jakarta -

Pemerintah RI mengecam pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang menghina Islam. Pernyataan Macron itu dianggap melukai perasaan 2 miliar muslim di seluruh dunia.

"Indonesia mengecam pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam. Pernyataan tersebut telah melukai perasaan lebih dari 2 Milyar orang muslim di seluruh dunia dan telah memecah persatuan antar umat beragama di dunia," demikian pernyataan RI, seperti dikutip dari situs resmi Kemlu RI, Jumat (30/10/2020).
Baca juga:
Soal Kebebasan Berekspresi, HNW Minta Macron Ikuti Pengadilan HAM Eropa

Dipaparkan, hak kebebasan berekspresi seharusnya tidak mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama. Pemerintah RI mengajak seluruh negara untuk menomorsatukan persatuan dan toleransi antarumat beragama.

"Sebagai negara demokrasi ketiga terbesar dan berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mengajak seluruh negara untuk mendorong persatuan dan toleransi antar umat beragama, terutama di tengah situasi pandemi saat ini," sambung pernyataan pemerintah RI.

Kemlu telah memanggil Dubes Prancis. Pemanggilan terhadap Dubes Prancis untuk RI Olivier Chambard dilakukan pada Selasa (27/10) sore. Namun, Olivier belum memberikan respons terhadap kecaman Indonesia.

"Pertama, Kemlu telah memanggil Duta Besar Prancis pada hari ini. Kedua, dalam pertemuan tersebut Kemlu menyampaikan kecaman terhadap pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam," kata Juru Bicar (Jubir) Kemlu Teuku Faizasyah kepada wartawan, Selasa (27/10).
Baca juga:
MUI Sulsel Kecam Pernyataan Presiden Macron tapi Minta Umat Tahan Diri

Menag RI juga mengecam Presiden Perancis yang melukai umat Islam. Simak pernyataan Menag Fachrul di halaman berikutnya.

Meteri Agama Fachrul Razi mendukung sikap Kemlu yang memanggil Duta Besar Perancis. Fachrul menekankan setiap umat beragama harus menghormati simbol-simbol agama yang dianggap suci oleh pemeluk agama lain.

"Pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron melukai perasaan umat muslim karena mengaitkan agama Islam dengan tindakan terorisme," ujar Fachrul dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10).

"Kebebasan berpendapat atau berekspresi tidak boleh dilakukan melampaui batas atau kebablasan sehingga mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai dan simbol agama apa pun," tuturnya.
Baca juga:
Menag: Penyataan Presiden Macron Lukai Perasaan Umat Islam

Fachrul mengimbau agar umat Islam di Indonesia tidak terpancing melakukan tindakan anarkis. Dia menuturkan Islam tidak membenarkan tindakan main hakim sendiri.

Untuk diketahui, sejumlah negara Islam mengecam Prancis dan Presiden Emmanuel Macron setelah otoritas Prancis menegaskan hak mereka untuk mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad. Sikap tersebut tetap disampaikan meskipun mereka mengetahui akan menyinggung umat Muslim.

Persoalan itu kembali muncul setelah seorang guru di Prancis tewas dipenggal karena menunjukkan karikatur Nabi Muhammad di kelasnya saat membahas soal kebebasan berbicara dan berekspresi.
Baca juga:
Ayatollah Khamenei soal Pernyataan Presiden Prancis Macron: Tindakan Bodoh

Komentar kontroversial Macron saat memimpin penghormatan untuk guru Prancis tersebut, menuai kecaman dan seruan boikot produk Prancis. Dalam pidatonya, Macron bersumpah bahwa Prancis 'tidak akan menghentikan kartun (karikatur, red)' dan menyebut sang guru dibunuh 'karena Islamis menginginkan masa depan kita'. Macron juga menyatakan perang terhadap 'separatisme Islam', yang diyakininya telah mengambil alih sejumlah komunitas muslim di Prancis.




https://news.detik.com/berita/d-5234...588.1602477371

Perancis memang harus belajar soal sikap terhadap penghinaan agama dari RI.

Klo nggak percaya, tanya sama Abdul Somad, Yahya Waloni dkk.

Juga jangan lupa tanya AHOK.

Bravo RI!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
goal481 dan 41 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh silents.
Quote:


Kalo presiden prancis dikecam karena mengaitkan agama islam dengan tindakan terorisme...
... lalu mengapa teroris mengaitkan karikatur majalah Charlie Hebdo dengan Kristen sampai sampai membunuh jemaat kristen di gereja?
Padahal majalah tersebut sering juga membuat karikatur yang menjelekkan kekristenan... jadi gak ada hubungannya antara perbuatan yang dilakukan oleh charlie hebdo dengan kristen...
....lalu ketika seseorang membawa alquran dalam tasnya, membunuh 3 orang jemaat gereja, mengapa umat muslim di seluruh dunia tidak mengecamnya?

Presiden Macron setidak tidaknya masih ada alasan yang sesuai fakta di lapangan, bahwa pelaku pembunuhan mengucapkan password bahkan berteriak teriak password, di dalam tas pelaku ada alquran... dengan fakta indentitas pelaku yang terang benderang seperti ini, presiden Macron menghubungkan tindakan terorisme ini dengan Islam, dan itu dikecam oleh umat Islam?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan 32 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
profile picture
brentie
kaskus maniac
Kalo diskusi agama jangan pake logika gan, gak bakal nyambung. emoticon-Maaf Agan
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
Freija
aktivis kaskus
mau tau kenapa? siapa enemy of the world saat ini? setelah communist runtuh? siapa enemy of the world sebelum ada communist?
profile picture
shonenwolf
kaskus addict
faktanya emang gitu teroris selalu dan pasti terafiliasi dengan keyakinan tsb ga ada teroris selain agama tsb..apa ada teroris kristiani katolik, teroris budha, teroris hindu, teroris konghucu palagi teroris animisme dinamisme..yang bilang om macron salah ga mikir pake logika dan mikir pake emosi dan perasaan karena loyal sama keyakinan tertentu
profile picture
Freija
aktivis kaskus
jadi blm tau siapa kambing hitam sebelum Islam?,siapa kabing hitam sebelum Comunis? siapa kambing hitam sebelum Fasis? siapa kambing hitam sebelum Empire?

selalu ada alasan untuk perang. jika Islam seperti ini..kemana tahun di bawah tahun 2001 tepatnya sblm 9/11 ? ada teroris Islam saat itu? bagaimana tahun 80 an. siapa teroris saat itu? bagaimana tahun 1930? siapa biang keladi kerusuhan dunia saat itu? ada komunis saat itu?
profile picture
drembol
aktivis kaskus
yaelah gan bahas ginian itu ndk perlu pake otak ato logika, kaum islam yang extreamist mau dijelasin pake logika ndk bakal mau
profile picture
Sulit gan...menjelaskan ,merangkul orang bebal yang keras hatinya...
profile picture
irvan84
kaskus addict
Penjelasan filosofisnya karena perbedaan nilai etika/moral yg di pahami orang berbeda2...
profile picture
cysers1
kaskus geek
Penghinaan charlie kepada kristen lebih parah, tp orang kristen biasa aja...

Contohnya ni karikaturnya
profile picture
Freija
aktivis kaskus
@cysers1 banyak yg gak tau kali gan..vatikan juga pasti ngecam kalo gini..gak tau aja / gak ribut ...
profile picture
venturer
aktivis kaskus
Simple sih gan, jgn hina apa yg dilarang dikitab masing², kristen gak marah karena ga ada fatwanya, islam knp marah karena itu fatwa jelas islam
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
venturer
aktivis kaskus
Edited
profile picture
milanisti2005
kaskus addict
@cysers1 beda sumbu gan 😁
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
brentie
kaskus maniac
@venturer Bangga bener buku dongengnya yang udah gak sesuai dengan perkembangan jaman "ngakunya" gak pernah direvisi.. emoticon-Ngakak Lu mending balik ke goa aja kalo maunya hidup di masa lalu. emoticon-Cape d...
profile picture
venturer
aktivis kaskus
Edited, si rizieq wkwk
Post ini telah dihapus oleh KS06
profile picture
venturer
aktivis kaskus
Zieq zieg wkwk
Post ini telah dihapus oleh KS06
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 23 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di