CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Pengendara Motor Sport Ditilang, Dan Knalpotnya Digeber Didepan Muka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9969a1c8393a40026ee9c3/pengendara-motor-sport-ditilang-dan-knalpotnya-digeber-didepan-muka

Pengendara Motor Sport Ditilang, Dan Knalpotnya Digeber Didepan Muka


Belum lama ini media sosial kembali digegerkan dengan salah satu video operasi lalu lintas yang dilakukan oleh aparat polisi di kawasan Jabodetabek. Operasi ini memang dilakukan untuk menindak pengendara bermotor agar supaya lebih tertib dalam berlalu lintas, contohnya penggunaan knalpot brong alias racing yang memiliki desibel suara lebih berisik.

Meski razia ini dibilang suatu kegiatan yang lazim, entah kenapa netizen banyak yang salah fokus yang kemudian membicarakan video viral tersebut jadi trending topik. Pasalnya beberapa motor yang terjaring razia merupakan motor-motor sport mahal yang notabene kalau tidak pasang knalpot racing kurang asik.

Tapi faktanya memang benar, hampir rata-rata bahkan semua motor sport diatas 250cc itu sudah menggunakan knalpot racing. Sayang banget beli motor mahal-mahal kalau suaranya kurang begitu keluar, apalagi kalau jumlah silindernya banyak, dijamin bikin eargasm. Dengan catatan, mengganti knalpot juga harus sesuai aturan, gunakan batas desibel yang sudah ditetapkan oleh aparat kepolisian, karena jika knalpot melebihi batas desibel tentu yang ada bikin ganggu masyarakat sekitar.



Mungkin seperti kasus video yang satu ini, pengendara motor sport banyak terjaring razia oleh anggota polisi karena penggunaan knalpot brong. Bahkan dalam video tersebut, ada salah satu motor Honda CBR250RR, yang digeber polisi di depan muka pemiliknya. Mungkin dengan tujuan memberikan efek jera jika knalpotnya itu berisik dan mengganggu orang lain.

Menurut informasi, razia ini digelar oleh @satlantas_polrestangse, di Sekitar TL Forggy BSD Pagedagan ,Tangerang Minggu (18/10/2020). Dimana para anggota memang sedang menertibkan razia sepeda motor diatas 250cc yang berknalpot tidak standar (Brong).

Bahkan kalau kalian teliti ada salah satu motor sport viral yang ikut terjaring razia juga, yakni Kawasaki ZX25R. motor bermesin 4 silinder ini memang sedang jadi favorit banyak orang, entah dari sisi teknologi sampai sisi mesin, dimana karakter 4 silinder ZX25R jauh dinilai lebih melengking.




Lihat nih motor-motor yang diangkut, ada R15, motor matic ternyata juga ada, ZX25R dan mungkin masih ada yang tersisa lagi. Jadi harap hati-hati nih pengendara motor sport knalpot brong, kalau bisa gunakan knalpot desibel yang memenuhi standar di Indonesia.

Referensi : https://www.aripitstop.com/2020/10/2...an-muka-biker/


Quote:



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 41 lainnya memberi reputasi
Desibel yang sesuai standar tuh brp? Trus emng yg razia bisa tau brp desibelnya? Pas razia diukur desibelnya ga?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
harry.cavalera dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hanschrist18
profile picture
nowbitool
kaskus maniac


Klo polisinya bawa alat emoticon-Leh Uga
profile picture
nowbitool
kaskus maniac
Dopost
profile picture
Ga usah pake desibel mana knalpot ga standar udah ketauan kali gan
profile picture
Ukur desibel pakek kuping, klo digas trs kupingnya pekak berarti desibel diatas standar
profile picture
tebokribo
aktivis kaskus


Acuan di atas di pakai polantas dan di terapkan ke UU no 22 th 2009 tentang LLAJ
Tapi dalam eksekusi di jalan, hanya di jalan kan menggunakan UU tsb, tingkat desibel gak terlalu berpengaruh. Hanya lebih ke aturan standar pabrik motor
profile picture
okdechkaka
aktivis kaskus
@dewalaut.76 i agree
emoticon-Shakehand2
Tempelin aja tuh kuping
Klo doi budeg udh berartu ga standar
profile picture
dimasew
kaskus addict
Di smartphone jg banyak pengukur desibel gan,
profile picture
cheepoetz
kaskus addict


Sebenernya mengukur suara motor standard itu pale telinga normal beberapa orang aja udah cukup buat perbandingan sudut pandang,coba agan deket ama motor yg pake knalpot gitu bersama beberapa orang normal duduk dlm radius kurang dari 2meter. Bila selama 10 menit mesin dinyalain agan ama orang² yg lain merasa terganggu berarti berarti intensitas suara knalpot mempunyai tingkat kebisingan yg tinggi,kalo orang lain merasa ga nyaman dan agan selow aja berarti agan kudu dipertanyakan keadaan kejiwaan dan kondisi indera pendengarannya solusinya ke psikolog atau ke dokter tht.
Kalau orang lain nyaman dan agan sangat terganggu bisa jadi agan terkena phobia dan ini juga harus ke terapis emoticon-Ngakak gitu aja kok repot
profile picture
qoryqory
aktivis kaskus
Gausah diukur desibelnya, kuping kita juga udah bisa bedain kali
profile picture
Ngapain pake ukur desibel, klo ngga sesuai standard pabrik ya salah, masak motor bebek pake knalpot racing walau desibel layak?😆
profile picture
fias17
kaskuser
@tebokribo kayaknya harus melek UU dan perbanyak sosialisasi UU lalu lintas
profile picture
dengkuldewa
kaskus maniac
Biasanya g diukur pas razia gan emoticon-Big Grin
profile picture
Pokoknya kalo udah ganti knalpot racing ya auto tilang.
Ribet amet idup lo.
emoticon-Wkwkwk
profile picture
@Melodica.offici
Sabar om santay...ga usah nge gass emoticon-Leh Uga
profile picture
dnaltalf
kaskus maniac
menarik sih..biarpun ane sebel sama knalpot bronx tapi polisi harus punya dasar kenapa motor ditilang..biar punya dasar hukum kalo di pengadilan
profile picture
vegashin_ryu
kaskus addict
@tebokribo
Mantap ada acuan desibel nya.
profile picture
hanschrist18
kaskus holic
Jelas jelas ditulis "Dengan catatan, mengganti knalpot juga harus sesuai aturan, gunakan batas desibel yang sudah ditetapkan oleh aparat kepolisian, karena jika knalpot melebihi batas desibel tentu yang ada bikin ganggu masyarakat sekitar." emoticon-Wkwkwk
profile picture
algojo.cinta
kaskus addict
Halahhhh pake ukuran desibel2 segala... Emang nggak ngerti mana yg knalpot ribut mana yg enggak? Apa budeg?
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 18 dari 18 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di