CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mata Najwa Ungkap Pembakar Halte Sarinah, Warganet Sindir Telak Polisi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f9a4d5f7414f51b7b04c6b1/mata-najwa-ungkap-pembakar-halte-sarinah-warganet-sindir-telak-polisi

Mata Najwa Ungkap Pembakar Halte Sarinah, Warganet Sindir Telak Polisi




Fakta baru terkait peristiwa pembakaran Halte Transjakarta Sarinah di tengah terjadinya aksi demonstrasi menolak Undang-undang Cipta Kerja diungkap dalam acara Mata Najwa, pada Rabu (28/10) malam.

Dalam tayangan itu, terkuak bahwa pelaku pembakarnya bukanlah demonstran, melainkan sekelompok orang yang terorganisir yang diduga dengan sengaja ingin menciptakan kerusuhan.

Pergerakan secara detil para pelaku pembakar Halte Transjakarta Sarinah itu dikupas dalam video berjudul '62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah l Buka Mata'.

Video berdurasi 9 menit 58 detik yang diunggah di akun YouTube Narasi Newsroom itu merupakan hasil penulusuran rekaman CCTV di sekitar Halte Transjakarta Sarinah dan data digital yang beredar di media sosial saat peristiwa pembakaran tersebut terjadi pada 8 Oktober 2020.

Penelusuran dilakukan dalam rangka mengungkap siapa pelaku sebenarnya pembakar Halte Transjakarta Sarinah.

Dalam video tersebut, kelompok pelaku pembakar Halte Transjakarta Sarinah itu awalnya terlihat datang dari arah Jalan Sunda.

Kemudian sebelum melancarkan aksinya, mereka terlebih dahulu terlihat melakukan observasi di sekitar lokasi. Setelah itu, lalu mengetik di ponsel seakan berkomunikasi dengan pihak lain.

Selain itu, ada satu orang dari kelompok tersebut yang terlihat bolak-balik mencari api untuk membakar Halte Transjakarta Sarinah. Mulai dengan menggunakan plastik cone, spanduk, hingga kardus.

Singkat cerita, akhirnya Halte Transjakarta Sarinah itu pun terbakar. Titik api muncul pertama kali di sisi selatan halte.

Dari rekaman CCTV tersebut dapat terindentifikasi bahwa kelompok perusak dan pembakar Halte Transjakarta Sarinah itu berjumlah tujuh orang.

Setelah melihat tayangan video tersebut, sejumlah warganet pun menyampaikan pendapat dan komentarnya. Beberapa dari mereka meyakini bahwa perusak dan pembakar Halte Transjakarta Sarinah bukanlah mahasiswa dan buruh.

Di sisi lain mereka juga menduga adanya oknum tertentu yang dengan sengaja menciptakan kerusuhan sehingga menimbulkan kesan negatif terhadap gerakan mahasiswa dan buruh.

"Dari sini gue percaya yang bakar bukan buruh maupun mahasiswa," kicau akun Twitter @rebahanenaktauu.

"Sampai sekarang pelaku ini belum ditangkap. Kemampuan penyelidikan polisi yang kalah sama jurnalis, ataukah memang ternyata pelaku adalah......titik titik." kicau @katanyaabon.

"Awas ada kang bakso," timpal @tetehayyy.

"Awas diciduk," balas @Yulianiarianii. 


Sumber





Mantab betul Mata Najwa emoticon-Shakehand2 emoticon-Salaman emoticon-2 Jempol emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
dah gitu doang kg ada identitasnya? cuman segini doang jurnalis? kalah sama heker 4chan noh doxing blm & antifa wkwkwkwk

ane kg nyalahin mahasiswa tapi buat apa demo? kuliah di ruangan AC dah sok mikir rakyat? kalo sekelas pengamen, anak punk, gelandangan demo baru dah dipersilahkan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EvraeLeonheart dan 53 lainnya memberi reputasi
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
"kalo sekelas pengamen, anak punk, gelandangan demo baru dah dipersilahkan"

Statement paling anj**g gobloknya
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

otak goblog, kalo orang gak berpendidikan demo apa yg mau didemo goblogemoticon-Bingung

bikin emosi aja otak elo tong


emoticon-Leh Uga
profile picture
amispelem
kaskus addict
@eltosicu3 hidup mereka susah ya demo minta kesejahteraan. goblok dimananya? meminta social reform kok malah di halangi revolusioner

ya mahasiswa juga demo apa? gaya hidup hedonist mereka??? kalo masalah buruh bukan ranah mereka. apa mereka kuliah dibayar institusi mereka?

gelar dan ijasah bukan tolok ukur jenius dan pemikir. gak usah merendahkan orang lain karena mereka kagak sekolah terus ente anggep mereka kg bisa mikir.
lucu orang revolusioner pemikiran kek sampah.
profile picture
Ni orang komuknye kgk gimana ya.. Bisa kepikiran ngomong gini dungu..
profile picture
amispelem
kaskus addict
@jendralcobis ane ulang deh

hidup mereka susah ya demo minta kesejahteraan. goblok dimananya? meminta social reform kok malah di halangi revolusioner

ya mahasiswa juga demo apa? gaya hidup hedonist mereka??? kalo masalah buruh bukan ranah mereka. apa mereka kuliah dibayar institusi mereka?

gelar dan ijasah bukan tolok ukur jenius dan pemikir. gak usah merendahkan orang lain karena mereka kagak sekolah terus ente anggep mereka kg bisa mikir.
profile picture
skull18
kaskus maniac
Jawaban paling govlok nih buzzer. Justru karena mereka tau, makanya mereka menyuarakan. Govlok emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile picture
westciss
kaskus addict
Lah keliatan gobloknya...


Ya mahasiswa juga punya hak buat pertahanin gaya hidup hedonnya.. gak ada urusan mau dibayar sapa mau kaya mau miskin.. mereka juga punya hak kok buat ngelawan apa yg dianggepnya ngancam eksistensi sama zona nyaman mereka selama gak ngelanggar hukum.. emoticon-Leh Uga
profile picture
soflamz
kaskuser
@skull18 alah kebnyakan mahasiswa juga gak tau isinya
Malah kebanyakn pansos
Jdi risih anenya
profile picture
eltosicu3
kaskus addict
@jendralcobis sumpah ini bujer paling goblok di kaskus bre.
Entah dulu rekrutmen ada IQ tes apa kagak?

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
profile picture
Santri.Santuy
kaskus holic
Kalo 98 nggak ada mahasiswa yg demo..

maka sampai saat ini lu bakalan hidup di bawah cengkraman Tommy CS n brother..

Mau ?

Atau maybe saat 98 lu masih bochil Paud yaaaa ?

Yiiihaaa
emoticon-Ngacir
profile picture
amispelem
kaskus addict
@skull18 tau apa? mereka aja mayoritas belum pernah kerja. bagaimana bisa tau? omongan orang?

mereka yg demo orang kaya liat aja kampus mana aja yg demo. merasakan idup aja susah belum pernah. dikata tes masuk univ tes idup atau mati.

lucu ente punya perbedaan pandangan langsung di cap buzzer. ngaca oy pemikiran ente kek NPC
profile picture
amispelem
kaskus addict
@Santri.Santuy wkwkwkwk ada ada aja ente. tuntutannya aja beda om kalo turunkan jokowi boleh lah semua lapisan masyarakat. kan ini tuntutan tentang buruh mereka aja bukan buruh om.

lagian liat aja mahasiswa 98 jadi apa cukong pemerintah juga kan.
profile picture
ebong encukk
profile picture
amispelem
kaskus addict
@westciss kalo mau menyuarakan pendapat kg usah bawa bawa atas mahasiswa gan. cukup atas nama rakyat indonesia

tapi mahasiswa diem aja saat biaya kuliah tiap tahun meningkat bukannya hipokrit kek begitu?

tapi emang bener gan selama kg melangar hukum fine fine aja
profile picture
Santri.Santuy
kaskus holic
@amispelem

Om..sudah lazimnya jiwa pemuda/mahasiswa itu mengarah ke idealisme

Idealisme versi mereka tentu berbeda dengan idealisme kaum konservatif

Sah sah saja untuk demo dan menyampaikan pendapatnya selama tidak melakukan pelanggaran hukum dalam berdemo.

Mahasiswa/aktivis 98 saat ini memang banyak yg berubah, sudah lazimnya jiwa manusia yg beranjak tua akan menjadi oportunis seperti Budiman S, Pius L, Desmond J, Adian N, Fadli Z, dsbnya

Tetapi, mereka hanya sebagian kecil dari gerbong 98 yg menumbangkan rezim orba, walau dengan bantuan "ijo ijo"

Yiiihaaa
emoticon-Ngacir
profile picture
amispelem
kaskus addict
@Santri.Santuy iye sih tapi idealisme juga tidak membuat perubahan stay di zona nyaman aja terus kapan maju ni negara?

betul selama tidak melakukan pelanggaran tidak masalah. tapi penyusup selalu ada entah pemerintah atau oposisi. dan apakah kalo ada pelangaran hukum si ketua bem mau tanggung jawab? walaupun bukan dari pihak dia tapi tetep dia penyelengara acara

ibaratnya Dhewan yg tertunda lah mereka wkwkwkwk
profile picture
Voor
kaskuser
Komen tergoblok, mahasiswa itu bapak emaknya juga buruh. Buruh itu pekerja, bukan cuma buruh kasar aja.
profile picture
Santri.Santuy
kaskus holic
@amispelem

Demo itu wajib dikawal dan diamankan oleh kepolisian,

Jika sampai terjadi kerusuhan karena adanya penyusup maka seharusnya menjadi tanggung jawab kepolisian,

Seperti kutipan dari web Hukum Online berikut :

Memang, dalam pelaksanaannya, penyampaian pendapat di muka umum (demonstrasi) dapat menimbulkan kericuhan dan diperlukan adanya pengamanan. Untuk itu, pemerintah memberikan amanat kepada Polri dalam Pasal 13 ayat (3) UU 9/1998 yakni dalam pelaksanaan penyampaian pendapat di muka umum, Polri bertanggung jawab menyelenggarakan pengamanan untuk menjamin keamanan dan ketertiban umum sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Terkait pelaksanaan demonstrasi sebagai perwujudan penyampaian pendapat di muka umum kemudian ditetapkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 9 Tahun 2008 tentang Tata Cara Penyelenggaraan, Pelayanan, Pengamanan dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum (“Perkapolri 9/2008”) sebagai pedoman dalam rangka pelaksanaan penyampaian pendapat di muka umum dan pedoman dalam rangka pemberian standar pelayanan, pengamanan kegiatan dan penanganan perkara (dalam penyampaian pendapat di muka umum, agar proses kemerdekaan penyampaian pendapat dapat berjalan dengan baik dan tertib (lihat Pasal 2 Perkapolri 9/2008).

https://m.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/cl4972/polisi-yang-memukul-demonstran/
profile picture
amispelem
kaskus addict
@Voor wkwkwkwkw buruh kasar??? biaya kuliah aja 10 jt keatas ortu buruh umr. lucu dah ente

dah liat belum univ mana aja yg demo kemaren. cek biar kg ngaco.
profile picture
Voor
kaskuser
@amispelem heleh heleh gobloknya..
buruh itu bukan cuma buruh kasar, buruh = pekerja..
Definisi buruh itu
setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.
profile picture
memang lebih baik itu di jaman sekarang klo emang mahasiswa mau bantu itu adalah dgn bekerja menggerakan perekonomian ketimbang hanya demo saja emoticon-Traveller ...
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 20 dari 79 balasan
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di